Loading...

Pengertian, Contoh Kata Umum Dan Khusus

Loading...
Pengertian, contoh kata umum dan kata khusus adalah pembahasan utama materi pelajaran bahasa indonesia yang akan dijelaskan secara lengkap pada materi berikut ini. Adapun penjelasan yang akan diuraikan didalam kata umum dan kata khusus yakni sebagai berikut :

1. Pengertian kata umum.
2. Pengertian kata khusus.
3. Contoh kata umum.
4. Contoh kata khusus.
5. Tabel contoh perbedaan kata umum dan kata khusus.

Pengertian kata umum

Kata umum adalah sebuah kata yang mempunyai ruang lingkup yang luas (makna kata umum sifatnya luas) yang mana, kata-kata tersebut masih dapat diperincikan atau dijabarkan menjadi lebih khusus (lebih lanjut) dan menjadi lebih sederhana. Sehingga dapat disimpulkan bahwa definisi kata umum adalah kata kata yang didalamnya mengandung makna yang masih bisa untuk dijabarkan.
Pengertian, definisi. arti dan conoth kata umum dan kata khusus

Pengertian kata khusus

Kata khusus adalah sebuah kata yang mempunyai ruang lingkup yang terbatas (makna kata khusus sifatnya sempit) yang mana, kata-kata tersebut sudah tidak dapat diperincikan atau dijabarkan lagi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa definisi kata khusus adalah kata kata yang didalamnya mengandung makna yang tidak bisa untuk dijabarkan lagi.
Baca juga Kalimat Fakta Dan Kalimat Opini

Contoh kata umum dan kata khusus

Perhatikan dan amati contoh kata umum dan kata khusus pada kalimat berikut ini :
1. Aisyah membawa barang-barang kesayangannya saat camping. (mengandung kata umum)
2. Dona menjinjing pakaian yang telah ia beli dari mall. (mengandung kata khusus)

Berdasarkan dua contoh kalimat seperti yang tertera diatas, maka diketahui bahwa pada kata membawa mengandung kata umum, dan kemudian pada kata menjinjing mengandung kata khusus. Kedua kata tersebut yakni membawa dan menjinjing mempunyai arti dan kegiatan yang sama, perbedaannya hanya terletak pada sifat dari kedua kata tersebut.

Jika diperincikan dan dijabarkan secara lebih mendalam, kata membawa belum bisa memberikan dan menjelaskan gambaran yang jelas dan tepat. Kata membawa dapat diartikan menjadi banyak makna seperti membawa menggunakan mobil, menggunakan motor, menggunakan sepeda dan lain sebagainya.
Akan tetapi pada kata menjinjing sudah dapat memberikan dan menjelaskan gambaran yang jelas dan tepat mengenai apa yang dilakukan. Kata menjinjing diartikan menjadi membawa sesuatu yang ada didalam sebuah tempat dengan menggunakan satu tangan serta letaknya disamping sebelah kiri atau sebelah kanan. Perhatikan tabel contoh kata umum dan kata khusus sebagai berikut :

Tabel contoh perbedaan kata umum dan kata khusus

Contoh kata umum Contoh kata khusus
Buah-buahan Mangga
Apel
Jeruk
Nanas
Anggur
Dan lain sebagainya.
Hewan ternak Ayam
Sapi
Kambing
Domba
Itik
Dan lain sebagainya.
Binatang Monyet
Kelinci
Gajah
Harimau
Rusa
Dan lain sebagainya.
Melihat Menatap
Memandang
Menyaksikan
Menonton
Mengintip
Dan lain sebagainya.
Membawa Memikul
Menenteng
Menjinjing
Dan lain sebagainya.
Berdasarkan contoh perbedaan kata umum dan kata khusus pada tabel diatas, maka nampak jelas bahwa pada kata khusus lebih dapat menjelaskan kata yang lebih rinci dan kata khusus juga berasal dari penjabaran dari kata umum.

Dengan demikian kata umum dan kata khusus memiliki makna yang sama akan tetapi sifat keduanya yang bebeda, dimana kata umum sifatnya luas sedangkan kata khusus sifatnya lebih rinci. Demikian pembahasan mengenai pengertian, contoh kata umum dan kata khusus.
Loading...
Loading...