Loading...

Pengertian Dan Proses Terjadinya Perkecambahan

Loading...
Pengertian dan proses terjadinya perkecambahan adalah pembahasan utama materi pelajaran biologi yang akan dijelaskan secara lengkap pada artikel dibawah ini. Adapun sub pembahasan mengenai perkecambahan dan fase terjadinya yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian perkecambahan.
2. Proses fisika terjadinya perkecambahan.
3. Proses kimia terjadinya perkecambahan.
4. #2 macam pertumbuhan.

Pengertian perkecambahan

Definisi perkecambahan adalah proses munculnya plantula atau tanaman kecil dari dalam biji. Adapun perkecambahan dibagi menjadi dua bagian yakni dapat dijelaskan sebagai berikut :
Pengertian Dan Proses Terjadinya Perkecambahan
1. Perkecambahan epigeal
Perkecambahan epigeal terjadi karena adanya hipokotil tumbuh memanjang. Sehingga kotiledon dan plumula terdorong ke permukaan tanah. Contoh perkecambahan epigeal adalah seperti kacang hijau (Phaseolus radiatus).

2. Perkecambahan hipogeal
Perkecambahan hipogeal terjadi karena epikotil tumbuh memanjang, sehingga plumula menembus kulit biji dan muncul ke permukaan tanah. Contoh perkecambahan hipogeal adalah seperti jagung, kacang hijau (Arachis hypogaea) dan lain sebagainya.

Fase atau proses terjadinya perkecambahan

Fase-fase atau proses terjadinya perkecambahan dibagi menjadi dua. Adapun #2 fase/proses terjadinya perkecambahan yang dimaksud dapat dijelaskan sebagai berikut : 

1. Proses fisika terjadinya perkecambahan
a. Terjadi ketika biji menyerap air (imbibisi) atas akibat dari potensial air rendah pada biji yang kering. Air berfungsi untuk mengaktifkan enzim dan hormon yang terdapat didalam biji, tanpa adanya air maka biji tidak akan pernah bisa tumbuh.
b. Terjadi karena adanya pertumbuhan radikula (calon akar) dan pertumbuhan plumula (calon batang).
c. Adanya ketersediaan bahan makanan cadangan di kotiledon dan energi yang menyebabkan biji berkecambah.

2. Proses kimia terjadinya perkecambahan
Terjadi apabila enzim-enzim dan hormon dalam biji mulai aktif memecah zat makanan untuk menghasilkan energi.

#2 macam / jenis pertumbuhan

Pertumbuhan dibagi menjadi dua bagian. Berikut ini adalah #2 macam pertumbuhan yang akan diuraikan secara lengkap sebagai berikut :

1. Pertumbuhan primer
Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi karena adanya pembelahan dari sel-sel meristem apikal yang menyebabkan ujung-ujungnya memanjang.
2. Pertumbuhan sekunder
Pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan yang terjadi karena adanya aktivitas pembelahan sel-sel kambium yang menyebabkan akar dan batang membesar.
Baca ini Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan
Dari kedua macam/jenis pertumbuhan yang telah dijelaskan diatas, maka dapat diketahui dimana letak perbedaannya. Letak perbedaannya terdapat pada akibat yang terjadi dari pembelahan masing-masing sel, yang diketahui seperti pada pertumbuhan primer terjadi pembelahan dari sel-sel meristem apikal sehingga menyebabkan ujung-ujungnya menjadi memanjang. Sedangkan pada pertumbuhan sekunder terjadi pembelahan dari sel-sel kambium yang menyebabkan akar dan batang menjadi membesar.

Demikian pembahasan mengenai pengertian dan proses terjadinya perkecambahan.
Loading...
Loading...