Loading...

Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan

Loading...
Pengertian pertumbuhan dan perkembangan adalah materi pelajaran biologi yang akan dibahas dengan lengkap pada artikel dibawah ini. Adapun sub pembahasan mengenai pertumbuhan dan perkembangan yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian pertumbuhan.
2. #3 tujuan pembelahan mitosis.
3. #4 fase pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.4. #2 penyebab tumbuhan menjadi tinggi.
5. Pengertian perkembangan.
6. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Pengertian pertumbuhan

Definisi pertumbuhan adalah proses pertambahan volume, jumlah dan ukuran sel yang bersifat irreversibel (irreversibel adalah tidak dapat kembali). Proses ini terjadi karena adanya pembelahan mitosis pada jaringan meristematis.

Arti meristematis adalah selnya selalu membelah, jaringan meristematis berada di ujung akar dan ujung daun. Dan pertumbuhan juga dapat diukur atau dengan istilah lainnya adalah kuantitatif.
Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan

#3 tujuan pembelahan mitosis

Berikut ini terdapat #3 tujuan pembelahan mitosis yakni sebagai berikut :
1. Untuk memperbanyak jumlah sel dalam tubuh.
2. Untuk menambah ukuran.
3. Untuk menambah volume sel.

#4 fase pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

Didalam proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, dibagi menjadi 4 fase yakni sebagai berikut :
1. Fase awal (pertumbuhan lambat).
2. Fase eksponen (pertumbuhan mencapai maksimal).
3. Fase stasioner.
4. Fase menurun (pertumbuhan menurun).

#2 penyebab tumbuhan menjadi tinggi

Berikut ini adalah hal yang menyebabkan tumbuhan menjadi tinggi yakni tumbuhan menjadi tinggi karena adanya aktivitas pembelahan sel secara mitosis yang terjadi pada sel-sel tubuh (meristem ujung/apikal) seperti ujung akar, ujung batang dan daun --> adanya deferensiasi sel. Adapun dibawah ini adalah #2 penyebab tumbuhan menjadi tinggi yang dapat diuraikan sebagai berikut :

1. Pertambahan jumlah sel
Penyebab pertama adalah pertambahan jumlah sel sebagai hasil pembelahan mitosis pada meristem (titik tumbuh) di titik tumbuh primer dan sekunder.
2. Pertambahan komponen dan deferensiasi sel
Penyebab kedua adalah pertambahan komponen-komponen seluler dan adanya deferensiasi sel.

Pengertian perkembangan

Definisi perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan dan pematangan sel yang diikuti adanya deferensiasi sel. Perkembangan bersifat kualitatif sehingga tidak dapat diukur. Contoh perkembangan adalah seperti munculnya bunga sebagai alat perkembang-biakan, dengan adanya bunga tersebut memberikan pertanda bahwa tumbuhan itu telah dewasa. Adapun deferensiasi sel adalah perubahan yang terjadi pada sel, jaringan dan organ untuk membentuk struktur dan fungsi tertentu.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

Berikut ini adalah #2 faktor yang sangat mempengaruhi proses terjadinya pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yakni sebagai berikut :

1. Faktor internal (dalam)
a. Intraseluler : gen.
b. Interseluler : hormon dan enzim.

2. Faktor eksternal (luar)
a. Cahaya
Cahaya diperlukan oleh tumbuhan saat fotosintesis. Adapun kebutuhan untuk intensitas cahaya di setiap tumbuhan berbeda-beda. Sehingga cahaya mutlak dibutuhkan oleh tumbuhan, tapi juga bisa menghambat pertumbuhan, hormon auksin bisa rusak. Berdasarkan cahaya yang dibutuhkan untuk fotosintesis tumbuhan (lama penyinaran matahari/fotoperiodisme) tumbuhan dibagi #3 menjadi :

#1. Tumbuhan berhari panjang
Tumbuhan berhari panjang memerlukan cahaya matahari lebih dari 12 jam. Contoh tumbuhan berhari panjang adalah seperti gandum, kentang, bayam dan buah naga.
#2. Tumbuhan berhari pendek
Tumbuhan berhari pendek memerlukan cahaya kurang dari 12 jam. Contoh tumbuhan berhari pendek adalah seperti stroberi, kedelai, aster, dahlia dan krisan atau seruni.
#3. Tumbuhan netral
Ada atau tidaknya cahaya maka tetap menghasilkan bunga. Contoh tumbuhan netral adalah seperti mentimun, bunga matahari, tomat dan wortel.

b. Suhu
Suhu yang diperlukan tumbuhan antara 10-38 derajat celcius.
c. Oksigen.
d. pH.

Demikian pembahasan mengenai pengertian pertumbuhan dan perkembangan.
Loading...
Loading...