Loading...

Pengertian, Jenis, Syarat Dan Contoh Iklan

Loading...
Pengertian iklan, jenis-jenis iklan, syarat iklan dan contoh iklan adalah pokok pembahasan materi pelajaran bahasa indonesia yang akan dijelaskan secara lengkap dan detail pada artikel berikut ini. Adapun didalam jenis iklan kemudian dibedakan lagi menjadi dua macam. #2 macam jenis-jenis iklan yang dimaksud adalah seperti berikut :
1. Jenis iklan berdasarkan isi.
2. Jenis iklan berdasarkan media yang digunakan.

Pengertian iklan

Iklan adalah salah satu cara komunikasi oleh seseorang (perorangan), perusahaan maupun instansi atau lembaga yang biasanya digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dengan bentuk yang sangat menarik guna menarik khalayak umum untuk menggunakan apa yang dimuat didalam iklan tersebut.

Jenis iklan

Didalam iklan terdapat dua jenis iklan yang dibedakan berdasarkan isi dan berdasarkan media yang digunakan. Simak dan fahami penjelasannya sebagai berikut :

1. Jenis iklan berdasarkan isi
Berdasarkan isi dari iklan, jenis iklan ini kemudian dikelompokkan menjadi tiga jenis. #3 jenis iklan berdasarkan isi yang dimaksud yaitu sebagai berikut :

#1. Iklan pengumuman (pemberitahuan)
Iklan pengumuman (pemberitahuan) adalah jenis iklan yang mempunyai tujuan untuk menarik perhatian masyarakat umum mengenai suatu hal-hal yang sifatnya pemberitahuan atau pengumuman. Contoh iklan pengumuman (pemberitahuan) adalah seperti iklan reuni alumni sekolah.

#2. Iklan penawaran (niaga)
Iklan penawaran (niaga) adalah jenis iklan yang mempunyai tujuan untuk menawarkan suatu barang atau jasa. Contoh iklan penawaran (niaga) adalah seperti iklan penawaran barang (produk jam, makanan, lemari, sepatu, rumah dan lain sebagainya) dan iklan penawaran jasa (jasa ojek online atau gojek, jasa perbaikan rumah, jasa pijat dan lain sebagainya).

#3. Iklan layanan masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah jenis iklan yang mempunyai tujuan untuk memberikan penerangan dan pencerahan mengenai sesuatu hal, biasanya iklan jenis ini diterbitkan oleh instansi maupun lembaga pemerintah. Contoh Iklan layanan masyarakat adalah seperti iklan larangan s*ks bebas, 0b*t terlarang dan lain sebagainya.
Baca ini Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Iklan
2. Jenis iklan berdasarkan media yang digunakan
Berdasarkan media yang digunakan dari iklan, jenis iklan ini kemudian dikelompokkan menjadi empat jenis. #4 jenis iklan berdasarkan media yang digunakan yang dimaksud yaitu sebagai berikut :

#1. Iklan radio
Iklan radio adalah jenis iklan yang cara penyampaiannya hanya dengan menggunakan efek suara.
#2. Iklan media cetak
Iklan media cetak adalah jenis iklan yang cara penyampaiannya menggunakan efek gambar dan dicetak. Biasanya jenis iklan ini terdapat di koran, majalah dan lain sebagainya.
#3. Iklan televisi (TV)
Iklan televisi (TV) adalah jenis iklan yang cara penyampaiannya menggunakan efek gambar, suara dan teks. Jenis iklan ini paling banyak ditemukan dan dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
#4. Iklan baris
Iklan baris adalah jenis iklan yang cara penyampaiannya menggunakan sebuah kolom yang terdapat pada media massa cetak dan hanya terdiri dari beberapa baris. Adapun biaya yang dibebankan kepada pemasang iklan berdasarkan perhitungan jumlah baris yang telah disepakati.

Syarat iklan

Adapun syarat dari suatu iklan adalah sebuah hal yang wajib untuk dipenuhi dan menjadi acuan guna bisa dikatakan sebagai sebuah iklan. Berikut ini adalah #2 syarat iklan yang harus dipenuhi yakni :

1. Isi iklan sifatnya jelas, singkat, objektif, jujur, menarik perhatian dan juga yang terpenting adalah tidak menyinggung perasaan orang lain.
2. Bahasa yang dimuat dalam iklan harus mudah dipahami, di ingat, berkonotasi yang positif dan dapat menimbulkan rasa penasaran untuk khalayak secara luas dan menyeluruh.

Contoh iklan

Dibawah ini adalah contoh-contoh iklan berdasarkan isinya yang mudah untuk dipahami. Dikehidupan sehari-hari memang iklan sering kita jumpai baik itu dibrosur, buletin maupun televisi (TV). Yang paling banyak sering kita jumpai pastinya di tv, karena tv sudah menjadi media nomor 1 yang banyak diminati dan banyak digunakan masyarakat umum. Berikut contoh iklan berdasarkan isinya.
Iklan pengumuman, penawaran dan layanan masyarakat.
Seperti gambar contoh iklan diatas, gambar pertama adalah contoh iklan pengumuman (pemberitahuan), gambar kedua adalah contoh iklan penawaran (niaga) dan gambar ketiga adalah contoh gambar layanan masyarakat. Demikian pembahasan mengenai pengertian iklan, jenis-jenis iklan, syarat iklan dan contoh iklan.
Loading...
Loading...