Loading...

Pengertian Dan Contoh Iklan Baris

Pengertian dan contoh iklan baris adalah pembahasan utama materi pelajaran bahasa indonesia yang akan dijelaskan secara lengkap pada artikel berikut ini. Adapun sub pembahasan tentang teks IKLAN BARIS yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :
1. Pengertian iklan baris.
2. Biaya pemasangan iklan baris.
3. Contoh iklan baris.

Didalam pesan (isi) yang terdapat pada sebuah iklan, pastinya mengandung sebuah fakta dan diikuti dengan opini termasuk yang terdapat pada iklan baris. Iklan baris biasanya sering kita temui di media cetak misalnya seperti pada koran dan majalah. Akan tetapi yang banyak sekali memuat jenis iklan baris adalah koran.

Biasanya bahasa penulisan yang digunakan didalam iklan baris adalah menggunakan penulisan singkat (penulisan yang disingkat-singkat) guna memperpendek jumlah baris yang akan digunakan. Adapun iklan baris biasanya juga digunakan untuk menawarkan lowongan kerja, menawarkan jasa dan atau barang (niaga).

Pengertian iklan baris

Iklan baris adalah sebuah jenis iklan yang umumnya terdiri dari dua sampai empat baris, yang cara penyampaiannya berada terletak didalam sebuah kolom yang tersedia pada media cetak seperti koran ataupun majalah.
Pengertian iklan baris, biaya pemasangan iklan baris, contoh iklan baris.

Biaya pemasangan iklan baris

Adapun biaya pemasangan iklan jenis baris ini, tergantung dengan banyaknya baris yang digunakan. Semakin banyak menggunakan baris maka harga iklan yang dipatok pun akan semakin mahal dan sebaliknya, apabila baris yang digunakan sedikit maka harga pemasangan iklannya pun dipatok semakin murah.


Contoh iklan baris

Dibawah ini adalah contoh-contoh iklan baris yang sering kalian jumpai dan temukan dalam kehidupan sehari-hari. Simak dan perhatikan contoh iklan baris sebagai berikut :

1. Contoh iklan baris lowongan pekerjaan
Dcri ART pria/wanita, usia min 20th
max 35th, krj mdh, gaji mckupi, minat
hub: 081112211321

2. Contoh iklan baris penawaran
Mazda type CX5 wrna putih ‘16
full ors sgt trwt, jrg dpkai, msin mntp sprt bru.
Surat smua lgkp, minat hub: 05423334321

3. Contoh iklan baris rumah
Jl. BPP-HNDL 2, LT/LB 400/350
tmpt sngt strtgis, hrg murah,
minat hub: 0542123321
Baca juga Pengertian, Jenis, Syarat Dan Contoh Iklan

Pengertian fakta dan opini serta contohnya dalam iklan baris

Pengertian fakta adalah sesuatu yang ada (real) baik itu kondisi, keadaan dan atau peristiwa yang sebenarnya terjadi. Adapun pengertian opini adalah pernyataan atau pendapat dari suatu hasil pemikiran seseorang dan juga bisa mendapatkan pendapat-pendapat yang tidak sama (berbeda).

Coba perhatikan contoh iklan baris yang telah tertera diatas, yakni contoh iklan baris lowongan pekerjaan. Akan dibedakan antara opini dan fakta yang terdapat dalam contoh iklan tersebut.

Fakta iklan :
1. Dicari ART (Asisten Rumah Tangga).
2. Usia minimal 20 tahun dan maksimal 35 tahun.
3. Bagi yang berminat hubungi 081112211321.

Opini iklan :
1. Kerja mudah.
2. Gaji mencukupi.

Demikian pembahasan mengenai pengertian dan contoh iklan baris.