Loading...

Bentuk, #7 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

Bentuk, #7 contoh karya seni rupa terapan nusantara adalah pembahasan utama materi pelajaran seni budaya yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Karya Seni Rupa Terapan didalam belajar seni, budaya dan keterampilan yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. #4 Bentuk karya seni rupa terapan.
2. #7 Contoh karya seni rupa terapan.

#4 bentuk karya seni rupa terapan

Karya seni rupa terapan yang terdapat di Indonesia sangat beragam dengan beraneka aneka jenis, bentuk, fungsi dan teknik pembuatannya. Bentuk karya seni rupa terapan tersebut diantaranya terdapat pada bentuk antara lain seperti :

1. Bentuk rumah adat.
2. Bentuk senjata tradisional.
3. Bentuk transportasi tradisional.
4. Bentuk seni kriya.
#Bentuk, #7 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara
Baca juga : Pengertian, Jenis Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

#7 Contoh karya seni rupa terapan

#1. Rumah adat
Rumah adat di Indonesia mempunyai bentuk yang sangat beragam. Jika melihat bangunan rumah adat di Indonesia secara keseluruhan, maka kita akan dapat membedakan bangunan rumah adat tersebut yang berdasarkan atas :
1. Atapnya.
2. Ragam hiasnya.
3. Bentuk dan bahan bakunya.

Contoh rumah adat
1. Rumah Gadang di Padang bentuknya memanjang ke samping.
2. Rumah adat Minahasa bentuknya memanjang ke belakang.
3. Rumah beratap joglo di Jawa.
4. Rumah beratap bubungan tinggi di jambi.
5. Rumah beratap gonjong di Minangkabau.
6. Rumah beratap limas terpenggal di Papua.
7. Sedangkan rumah dengan ciri khas bertiang dan berkolong (dibawahnya terdapat kolong) atau yang biasa disebut dengan rumah panggung terdapat di Sulawesi, Kalimantan dan Sumatra.

#2. Senjata tradisional
Pada jaman dahulu, senjata tradisional digunakan untuk berburu, berperang melawan musuh, bekerja dan dijadikan benda pusaka. Namun, saat ini hanya digunakan sebagai benda pusaka dan alat untuk membantu melakukan pekerjaan. Senjata tradisional seringkali memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

Contoh senjata tradisional
Contoh senjata tradisional Nusantara adalah antara lain sebagai berikut :
1. Kawali (Badik) dari Sulawesi.
2. Keris dari Jawa.
3. Mandau dari Kalimantan.
4. Celurit dari Madura.

#3. Transportasi tradisional
Alat transportasi tradisional masih eksis ditengah perkembangan transportasi modern yang kian pesat seperti sekarang. Setiap daerah pasti memiliki alat transportasi tradisional yang khas. Alat transportasi tradisional seringkali diberi sentuhan seni agar terlihat menarik.

Contoh alat transportasi tradisional
Dibawah ini adalah contoh alat transportasi tradisional antara lain yakni sebagai berikut :
1. Becak.
2. Delman.
3. Perahu tradisional.
Terdapat juga alat transportasi modern yang menjadi ciri khas di salah satu daerah di Indonesia yakni seperti bajaj di Jakarta. Bentuk, #7 contoh karya seni rupa terapan nusantara.

#4. Batik
Batik adalah kain yang mengalami proses canting atau printing. Batik adalah ciri khas pakaian asli Indonesia yang telah diakui dunia. Teknik membatik sudah dikenal sejak lama. Banyak sekali terdapat sentra pengrajin batik di Nusantara. Salah satunya yang populer adalah Solo dan Pekalongan. Kain batik dijadikan pakaian untuk kegiatan formal dan bahkan kegiatan internasional. Selain itu, banyak sekolah yang menggunakan seragam batik di hari-hari tertentu.

#5. Anyaman
Kerajinan anyaman masih sering digunakan hingga kini, terutama bagi ibu-ibu yang sedang kepasar. Anyaman juga dapat digunakan untuk membuat piring, mebel, tempat membawa ayam, furniture, dan lain sebagainya. Kerajinan anyaman hampir dapat ditemukan di seluruh wilayah Nusantara.
Baca juga : Produk Kerajinan Dari Bahan Keras
#6. Tenun
Tenun adalah kain yang dibuat secara tradisional dengan cara menenun. Kain tenun adalah salah satu ciri khas Nusantara selain batik. Menenun biasanya membutuhkan waktu yang lama karena kerumitannya. Maka dari itu kain tenun memiliki harga yang mahal karena kerumitannya dan nilai seninya.

#7. Gerabah
Gerabah adalah suatu kerajinan tangan yang berasal dari tanah liat yang juga bagian dari keramik. Namun banyak masyarakat beranggapan bahwa gerabah bukanlah bagian dari keramik karena tekstur permukaannya yang tidak mengkilap seperti halnya vas bunga dan guci. Akan tetapi keduanya memiliki bahan dasar yang sama yaitu tanah liat dan sama-sama merupakan bahan pecah belah, hanya yang membedakan permukaan halus dan mengkilap saja.

Akan tetapi dalam esensinya benda-benda ini sama. Salah satu kota di Indonesia yaitu Kasongan, Yogyakarta dan Cirebon memiliki kerajinan tangan berupa gerabah yang memiliki nilai estetika tinggi yang sudah diakui nusantara dan dunia.

Demikian pembahasan mengenai bentuk, #7 contoh karya seni rupa terapan nusantara.