Loading...

Pengertian, Jenis Karya Seni Rupa Terapan Nusantara Lengkap

Loading...
Pengertian, jenis karya seni rupa terapan nusantara adalah pembahasan utama materi pelajaran seni budaya yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Karya Seni Rupa Terapan didalam belajar seni, budaya dan keterampilan yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian seni rupa nusantara.
2. Pengertian seni rupa terapan.
3. Pengertian seni rupa aplikatif.
4. Contoh wujud seni rupa aplikatif.
5. Jenis/bentuk karya seni rupa terapan.

Pengertian seni rupa nusantara

Apa yang dimaksud dengan seni rupa nusantara ?
Seni rupa nusantara adalah bentuk kesenian yang tumbuh dan berkembang di daerah masing-masing diseluruh wilayah yang mencakup Indonesia. Beragam bentuk kesenian nusantara tumbuh berdasarkan hasil dari budaya masyarakat di wilayah yang sesuai dengan adat istiadat serta kondisi lingkungan yang ditempatinya. Dari kesekian banyak bentuk kesenian yang berkembang, salah satunya adalah bentuk seni rupa terapan.
#Pengertian, Jenis Karya Seni Rupa Terapan Nusantara Lengkap
Baca juga : Bentuk Dan #7 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

Pengertian seni rupa terapan

Apa yang dimaksud dengan seni rupa terapan ?
Seni rupa terapan adalah karya seni yang dirancang untuk tujuan fungsional, yaitu untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis (kejiwaan) manusia yang tidak hanya bisa dipandang keindahannya, namun juga dapat dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Karya seni rupa terapan disebut juga dengan seni rupa aplikatif.

Pengertian seni rupa aplikatif

Apa yang dimaksud dengan seni rupa aplikatif ?
Seni rupa aplikatif adalah karya seni rupa yang telah diaplikasikan (terapkan) pada bentuk-bentuk fungsional (bentuk apa saja yang dibuat dengan tujuan untuk memenuhi hidup manusia).

Contoh wujud seni rupa aplikatif
#5 contoh wujud seni rupa aplikatif adalah dapat berupa :
1. Perlengkapan makan.
2. Perhiasan.
3. Perabot rumah tangga.
4. Perlengkapan pertunjukan.
5. Pakaian.
Pengertian, jenis karya seni rupa terapan nusantara

Jenis karya seni rupa terapan

Bentuk karya seni rupa terapan dikategorikan menjadi 3 jenis yaitu berdasarkan fungsinya, wujudnya dan bentuknya. Adapun #3 bentuk karya seni rupa terapan tersebut dapat dijelaskan antara lain sebagai berikut :

1. Seni rupa terapan berdasarkan fungsinya
a. Pemenuhan kebutuhan yang bersifat praktis (kegunaan)
Pemenuhan kebutuhan yang bersifat praktis atau disebut juga dengan sifat kegunaan adalah suatu karya yang berfungsi sebagai benda pakai dan mengandung nilai hias. Contohnya adalah seperti perabotan rumah tangga, lemari, meja, kursi dan tekstil.

b. Pemenuhan kebutuhan yang bersifat estetis (keindahan)
Pemenuhan kebutuhan yang bersifat estetis atau disebut juga dengan sifat keindahan adalah suatu karya yang berfungsi yang semata-mata hanya sebagai benda hias, benda hiasan dan penghias ruangan. Contohnya adalah seperti karya batik atau tenun yang dibuat khusus untuk hiasan dinding dan benda-benda kerajinan untuk penghias ruangan, misalnya seperti topeng, vas bunga dan patung.

2. Seni rupa terapan berdasarkan wujudnya
a. Karya seni rupa terapan dua dimensi (dwimatra)
Karya seni rupa terapan dua dimensi (dwimatra) adalah suatu karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar serta dapat dilihat dari satu arah. Contoh karya seni rupa terapan dua dimensi adalah batik, tenun dan wayang kulit.

b. Karya seni rupa terapan tiga dimensi (trimatra)
Karya seni rupa terapan tiga dimensi (trimatra) adalah suatu karya seni rupa yang dilihat dari segala arah dan memiliki ruang atau volume. Contoh karya seni rupa tiga dimensi adalah patung, rumah adat, senjata tradisional misalnya seperti rencong dan pedang.

3. Seni rupa terapan berdasarkan bentuknya
Dalam karya seni rupa terapan berdasarkan bentuknya dibagi dalam empat kategori yaitu antara lain sebagai berikut :
a. Transportasi tradisional.
b. Seni kriya.
c. Rumah adat.
d. Senjata tradisional.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, jenis karya seni rupa terapan nusantara.
Loading...
Loading...