Loading...

Pengertian, Contoh Surat Pernyataan Kehilangan

Loading...
Pengertian, manfaat, contoh surat pernyataan kehilangan adalah pokok pembahasan materi pelajaran bahasa indonesia yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Surat Pernyataan Kehilangan didalam belajar pendidikan bahasa indonesia dan contoh surat yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian surat pernyataan.
2. Manfaat surat pernyataan.
3. Contoh surat pernyataan.

Pengertian surat pernyataan

Surat pernyataan adalah suatu jenis surat yang isinya mengandung sebuah pernyataan / menyatakan, menerangkan maupun penjelasan mengenai dirinya sendiri maupun orang lain yang dibuat dalam bentuk tulisan bahwa dirinya atau orang yang di nyatakan didalam surat pernah ataupun tidak pernah melakukan sesuatu.
Pengertian, Contoh Surat Pernyataan Kehilangan
Baca juga : Contoh Format Surat Pernyataan Pemaharan
Sehingga dapat disimpulkan bahwa definisi surat pernyataan adalah suatu jenis surat yang berbentuk pernyataan tertulis yang menerangkan atau menyatakan kesanggupan maupun kesediaan seseorang / kelompok guna menanggung semua resiko yang terkait dengan dirinya atau kelompoknya.

Adapun surat pernyataan yang termasuk, tergolong ataupun terkait dengan aspek hukum, diwajibkan ditulis pada suatu kertas yang bersegel dan atau ditulis diatas kertas biasa yang didalamnya telah di bubuhi dengan materai.

Manfaat surat pernyataan

Adapun berikut ini adalah manfaat surat pernyataan yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Bagi si penerima
Bagi yang menerima surat pernyataan, maka surat tersebut dapat berfungsi sebagai suatu alat bukti untuk meminta pertanggung jawaban kepada pihak yang telah menulis surat tersebut apabila ia menempati atau pun apa yang telah di nyatakannya ternyata tidak benar.

2. Bagi si pembuat
Bagi yang membuat surat pernyataan, maka surat tersebut dapat berfungsi sebagai suatu alat bukti yang menjadi penguat atau pendukung guna diakui oleh pihak lain, bahwa ia benar seperti apa yang dinyatakan pada surat tersebut.

3. Bagi pihak yang dinyatakan
Bagi pihak yang dinyatakan pada surat pernyataan, maka surat tersebut dapat berfungsi sebagai suatu alat pengukuhan atau dengan kata lain yang dapat menguatkan keadaan dari pihak yang dinyatakan pada surat tersebut, baik itu dalam keadaan yang positif ataupun dalam keadaan negatif, jika surat pernyataan tersebut dibuat dari pihak lain.
Baca juga : Contoh Format Surat Kuasa

Contoh surat pernyataan

Berikut ini adalah contoh surat pernyataan yang berkaitan dengan kehilangan suatu benda atau barang berharga, yakni antara lain sebagai berikut :

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama                 : Devi Miranti
Tempat, tgl lahir  : Muara Ancalong,15 Juli 1995
Jenis kelamin      : Perempuan
NIP                     : 1985150719952016
Alamat                : Jl. Poros RT 06 Desa Suka Maju Kecamatan Pantang Mundur
No.Telphone        : 081234567891

Menerangkan bahwa telah kehilangan Kartu Peserta Askes sbb :
1. Devi Miranti

Kronologis kejadian:
Telah terjadi kehilangan di sekitar jalan perjuangan pada hari Rabu 20 juli 2016.

Demikian Surat Pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, apabila di kemudian hari terjadi kekeliruan dalam Surat Pernyataan ini, maka saya bersedia mempertanggung jawabkannya.

Pantang Mundur, 27 juli 2016


Devi Miranti
Demikian pembahasan mengenai pengertian, manfaat, contoh surat pernyataan kehilangan.
Loading...
Loading...