Pengertian, Pembelajaran Matematika Menurut Ahli/Pakar

Pengertian matematika dan pembelajaran matematika menurut ahli/pakar adalah pokok pembahasan materi pelajaran matematika yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Matematika dan Pembelajarannya menurut ahli didalam belajar pendidikan matematika yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Definisi / pengertian matematika.
2. Definisi / pengertian pembelajaran matematika.

Definisi matematika

Berikut ini adalah arti matematika yang dikemukakan oleh para ahli, yang dapat dijelaskan sebagai berikut :
Pengertian, Pembelajaran Matematika Menurut Ahli/Pakar
Definisi matematika menurut Abdurahman (2003: 252) adalah bahasa simbolis yang fungsi praktisnya untuk mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif dan keruangan sehingga fungsi teoritisnya adalah untuk memudahkan berfikir.

Kemudian arti matematika menurut Ruseffendi (1980: 148) yang menyatakan bahwa matematika adalah ilmu keteraturan, ilmu tentang struktur yang terorganisasikan mulai dari unsur yang tidak didefinisikan, ke unsur yang didefinisikan ke aksioma atau postulat dan akhirnya ke dalil.

Atas dasar-dasar teori konsep matematika menurut para ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian matematika adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang susunan atau struktur yang terorganisasikan yang dimulai dengan unsur yang tidak di definisikan/ diartikan, ke dalam unsur yang didefinisikan ke aksioma atau postulat dan yang pada akhirnya ke dalil yang mana fungsi praktisnya berguna mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif serta keruangan sehingga fungsi teoritisnya ialah guna memudahkan berfikir.

Definisi pembelajaran matematika

Dibawah ini adalah arti pembelajaran matematika berdasarkan pengertian matematika oleh para ahli diatas, yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

Atas dasar-dasar teori konsep belajar dan pembelajaran yang pernah dibahas sebelumnya yakni
Baca ini : Pengertian Belajar dan Pembelajaran
Dan juga pengertian atau definisi, teori maupun konsep matematika menurut para ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pembelajaran matematika adalah suatu proses interaksi belajar mengajar pelajaran matematika yang dilakukan antara siswa dan guru yang mana, proses tersebut merupakan sebagai suatu sarana atau wadah yang berfungsi untuk mempermudah berfikir didalam ilmu atau konsep-konsep abstrak.

Demikian pembahasan mengenai pengertian matematika dan pembelajaran matematika menurut ahli/pakar.

Daftar pustaka

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ruseffendi, ET. 1980. Pengajaran Matematika Modern. Bandung: Tarsito.