Loading...

Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

Loading...
Teknik dasar permainan bulu tangkis adalah pembahasan utama materi pelajaran PJOK yang akan di uraikan dengan lengkap pada materi belajar berikut dibawah ini. Adapun materi belajar tentang latihan teknik dasar permainan bulu tangkis ini adalah termasuk kedalam kategori pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). Sehingga fokus pembahasan yang akan di jelaskan yakni :

1. Definisi bulu tangkis.
2. Teknik dasar memegang raket.
3. Teknik memukul dalam permainan bulu tangkis.

Pengertian bulu tangkis

Bulu tangkis adalah sebuah permainan yang menggunakan raket sebagai alat pemukulnya dan dimainkan dua orang pemain untuk jenis permainan satu lawan satu (single) atau empat orang pemain untuk permainan ganda atau dua lawan dua (double).
Teknik dasar permainan bulu tangkis
Baca juga : Teknik Dasar Permainan Bola Voli
Permainan bulu tangkis dimainkan diatas lapangan yang berbentuk segi empat, yang mana diantara para pemain yang satu dengan pemain yang lain (lawan) dipisahkan oleh jaring (net). Jaring atau yang disebut juga dengan net bulu tangkis memiliki tinggi 152,5 cm dan permainan bulu tangkis ini memakai type bola bulu (shuttlecock).

Teknik dasar memegang raket

Teknik dasar dalam memegang raket pada permainan bulu tangkis dapat diikuti dengan empat cara, yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Memegang raket cara Inggris (English grip)
Memegang raket cara Inggris (English grip) adalah raket dipegang pada tangkainya, bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan tangkai yang sempit.
2. Memegang raket campuran
Memegang raket campuran adalah cara memegang raket seperti cara Inggris, tetapi setelah raket dimiringkan tangkai dipegang seperti berjabat tangan.
3. Memegang raket cara Amerika (America grip)
Memegang raket cara Amerika (America grip) adalah raket dipegang pada ujung tangkai, antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan tangan yang gepeng (pipih).
4. Memegang raket cara pegangan (Backhand grip)
Memegang raket cara pegangan (backhand grip) adalah raket dipegang pada tangkainya seperti cara Inggris, tetapi raket diputar-putarkan ke kiri sehingga ibu jari lebih aktif menekan pegangan raket.

Teknik memukul dalam permainan bulu tangkis

Adapun teknik memukul dalam permainan bulu tangkis terdiri dari pukulan service, pukulan lob, pukulan dropshot, pukulan smash dan juga pukulan drive. Adapun penjelasan lebih lengkapnya sebagai berikut :

1. Latihan teknik servis
Servis adalah pukulan pertama kali yang diberikan pada permainan bulu tangkis guna memperoleh angka. Adapun servis pada permainan bulu tangkis terdiri dari 4 macam, yaitu antara lain seperti servis panjang, servis pendek, servis kecil dan juga servis mendatar. Adapun dalam menjalankan servis dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu antara lain sebagai berikut :

a. Latihan servis tinggi
Servis tinggi amat penting dalam permainan tunggal (single) yang berguna memaksakan lawan mengembalikan bola. Adapun cara melakukan latihan servis tinggi adalah antara lain sebagai berikut :

→ Berdiri pada satu sisi lapangan sambil menghadap ke arah sasaran. Kaki kiri di depan kaki kanan, berat badan berada pada kaki belakang. Tangan kiri memegang bola, dengan lengan bengkok di atas kepala. Tangan kanan memegang raket dengan lengan lurus dan ditempelkan di belakang badan.
→ Jatuhkan bola di depan muka dan segera disambut dengan mengayun raket ke depan atas. Putar pinggul pada waktu berat badan berpindah dari kaki belakang ke depan.
→ Pergelaran tangan dan lengan bawah berputar saat bola dipukul raket. Arah bola harus melambung tinggi ke daerah belakang lawan.
→ Gerakan akhir servis terangkatnya raket setinggi mungkin tanpa mengangkat kedua kaki pada saat bola dipukul.

b. Latihan servis pendek
Servis pendek pada umumnya dimainkan pada permainan ganda (double). Adapun cara melakukan servis pendek adalah antara lain sebagai berikut :

→ Berdiri di salah satu sisi lapangan sebelah depan, salah satu kaki di depan dan kaki yang satunya di belakang menghadap sasaran. Berat badan berada di kaki depan. Tangan kiri memegang bola di depan raket yang dipegang di depan badan di bawah pusar menyilang.
→ Dengan atau tanpa dilepas bola sentuh dengan ayunan tangan yang dibuat pergelangan tangan, sehingga bola melayang rendah dan menggulir sedikit di atas net. Arah bola harus segera menukik agar tidak diserang atau di-smash oleh lawan.
→ Gerakan akhir badan dengan memindahkan berat badan ke kaki depan dan segera bersiap untuk menyambut bola balasan datang.

2. Latihan teknik pukulan drive
Pukulan drive adalah jenis pukulan yang menyamping dengan arah bola yang mendatar. Pukulan jenis drive ini adalah sebuah pukulan serangan yang bisa dilakukan dari sisi forehand maupun backhand. Biasanya di ketinggian antara bahu dengan pinggang merupakan titik sentuhan raket dengan bola.

Adapun macam-macam teknik pukulan drive adalah antara lain sebagai berikut :
1. Pukulan forehand drive.
2. Pukulan backhand drive.
3. Latihan teknik pukulan forehand clear.

Adapun cara melakukan teknik pukulan forehand clear adalah antara lain sebagai berikut :
a. Pemain berdiri ditengah-tengah lapangan antara garis depan dan belakang. Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk, pandangan ke depan. Tangan kanan memegang raket didepan badan dengan posisi siap.
b. Melangkah ke belakang dengan irama kaki yang nyaman untuk menempatkan diri di bawah bola sedikit dibelakangnya.
c. Angkat raket sampai pergelangan tangan teracung, posisi raket berada di belakang kepala, kepala raket mengarah ke bawah, tangan kanan dekat dengan telinga kanan, pukulan bola dengan arah pukulan ke atas kemudian sentuh bola sewaktu berada di depan tubuh.
Baca juga : Teknik Dasar Permainan Bola Basket
4. Latihan teknik pukulan forehand drop
Adapun cara melakukan teknik pukulan forehand drop adalah antara lain sebagai berikut :
a. Pemain berdiri dalam posisi siap ditengah lapangan antara garis servis dan belakang. Kedua kaki dibuka selebar bahu, lutut ditekuk, badan sedikit membungkuk ke depan, pandangan ke arah sasaran dan tangan kanan memegang raket didepan.
b. Melangkah ke belakang dengan irama kaki yang nyaman untuk menempatkan diri di bawah bola sedikit dibelakangnya.
c. Angkat raket sampai pergelangan tangan teracung. Posisi raket berada dibelakang kepala dan kepala raket mengarah ke bawah, tangan kanan dekat dengan telinga kanan.
d. Sentuh bola dengan bidang raket mendatar, mengarah kedepan sedikit ke bawah.
e. Lakukan dropshot tanpa menimbulkan bunyi, kontak raket dengan bola pelan saja, sehingga bola turun dengan cepat didekat raket.

Demikian pembahasan mengenai teknik dasar permainan bulu tangkis.
Loading...
Loading...