Loading...

Eksplorasi Teknik Olah Tubuh, Olah Pikir Dan Olah Suara

Loading...
Eksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir dan olah suara adalah pembahasan utama materi pelajaran seni budaya yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai olah tubuh, olah pikir dan olah suara dalam karya seni teater didalam belajar seni, budaya dan keterampilan yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Latihan teknik olah tubuh.
2. Latihan teknik vokal.
3. Latihan teknik pikir.
4. Latihan penguasaan perasaan dan laku.

Didalam sebuah pementasan drama atau teater, agar dapat mempunyai kualitas yang bisa diandalkan maka seluruh pemeran yang memerankan perannya masing-masing harus melaksanakan kegiatan guna mendapatkan pengalaman-pengalaman yang baru didalam mengolah tubuh, mengolah pikir dan juga mengolah suara.
Eksplorasi Teknik Olah Tubuh, Olah Pikir Dan Olah Suara
Dibawah ini terdapat beberapa teknik dalam mengeksplorasi olah tubuh, olah pikir dan olah suara agar dalam pertunjukan drama atau teater dapat menjadi yang terbaik dan sempurna. Ingin tahu apa saja jenis-jenis karya seni teater daerah ? dan berasal dari daerah mana saja drama teater tersebut ? maka silahkan baca pada halaman dibawah ini :
Baca juga : Jenis Karya Seni Teater Daerah Dan Contohnya

Mengenai eksplorasi olah tubuh, olah pikir dan olah suara dapat diuraikan sebagai berikut :
#1. Latihan teknik olah tubuh
Olah tubuh adalah suatu cara didalam menguasai bagian-bagian tubuh secara keseluruhan yang digunakan oleh seorang pemeran untuk menunjang dirinya dalam mem-perankan sebuah tokoh yang akan dimainkan olehnya agar terciptanya peran pemain yang maksimal.

Guna memperoleh pencapaian yang maksimal didalam mengolah dan mengeksplorasi tubuh pada pementasan drama atau teater, maka dapat melakukan beberapa latihan-latihan yang diantaranya sebagai berikut dibawah ini :

→ Pernapasan.
 Konsentrasi dengan gerak.
 Perasaan dengan gerak.
 Menggerakkan otot.
 Gerak yang tidak biasa.
 Menguasai suatu ruang.

#2. Latihan teknik vokal
Vokal adalah salah satu teknik dalam eksplorasi tubuh yang berkaitan dengan pengucapan atau suara, sehingga pada saat mengucapkan dialog didalam pentas teater atau drama akan terdengar sangat jelas. Oleh karena itu dengan penguasaan vokal tersebut maka pemeran dapat mampu secara maksimal dalam mengekspresikan watak yang diperankannya dalam pentas drama atau teater.

Adapun beberapa hal pokok yang dibutuhkan didalam mengolah vokal (pengucapan atau suara) adalah antara lain sebagai berikut :
 Latihan pernapasan.
 Irama.
 Imajinasi vokal.
 Membuka mulut.
 Menyampaikan ucapan.

#3. Latihan teknik olah pikir
Dibawah ini terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan didalam mengolah pikiran yakni antara lain sebagai berikut :
 Penciuman atau merasakan suatu aroma.
 Me-raba atau merasakan sesuatu.
 Mendengar atau merasakan lewat pendengaran.

#4. Pengguasaan perasaan dan laku
Dibawah ini terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan didalam penguasaan perasaan yakni antara lain sebagai berikut :
 Pemusatan pikiran dan memfokuskannya dengan cara konsentrasi.
 Pengenalan terhadap lapangan dan tempat atau observasi.
 Daya khayal atau imajinasi.
 Menguasai perasaan atau emosi dan perasaan.
 Menguasai daya pikir atau pikiran.

Demikian pembahasan mengenai eksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir dan olah suara.
Loading...
Loading...