Loading...

#5 Teknik Melangkah Dalam Pencak Silat

Loading...
#5 Teknik melangkah dalam pencak silat adalah pembahasan utama materi pelajaran PJOK yang akan diuraikan dengan lengkap pada materi belajar berikut dibawah ini. Adapun fokus pembahasan mengenai teknik melangkah yang akan diuraikan didalam materi pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) yakni sebagai berikut :

1. Teknik angkatan.
2. Teknik geseran.
3. Teknik putaran.
4. Teknik lompatan / loncatan.
5. Teknik ingsutan.

Pengertian teknik melangkah

Teknik melangkah adalah sebuah teknik yang ada didalam seni bela diri pencak silat yang melakukan gerakan dengan memindahkan injakan kaki dari satu tempat ketempat yang lainnya dengan beberapa cara yakni antara lain sebagai berikut.
#5 Teknik Melangkah Dalam Pencak Silat
Baca juga : Pengertian, Unsur Dan Teknik Seni Bela Diri Pencak Silat

5+ Teknik melangkah pencak silat

Dibawah ini akan dijelaskan satu persatu teknik cara melangkah dalam seni bela diri pencak silat yakni sebagai berikut :

1. Angkatan
Didalam teknik ini terdapat dua macam bentuk yakni antara lain sebagai berikut :

a. Angkatan tinggi
Cara melakukan angkatan tinggi adalah salah satu kaki diangkat pada tempat tertentu yang sesuai dengan tujuan dan arah.
b. Angkatan rendah
Cara melakukan angkatan rendah adalah salah satu kaki diangkat biasa dengan paha bersudut +- 30 derajat, kemudian kaki yang diangkat tersebut diletakkan pada tempat tertentu yang sesuai dengan tujuan dan arah.

2. Geseran
Cara melakukan langkah geseran adalah salah satu kaki digeser namun ujung kaki (tumit) menyentuh lantai, kemudian kaki yang digeser tersebut diletakkan pada tempat tertentu yang sesuai dengan tujuan dan arah.

3. Putaran
Cara melakukan langkah putaran adalah salah satu kaki (kanan) diangkat kemudian memutar keluar dan kaki pada sebelah kiri yang berada dibelakang men-jinjit.

4. Lompatan (loncatan)
Cara melakukan langkah lompatan (loncatan) adalah salah satu kaki bertolak, kemudian diikuti oleh kaki yang lainnya. Pada saat melakukan lompatan dan ingin melakukan pendaratan, terdapat dua cara yaitu antara lain sebagai berikut :

a. Pada salah satu kaki yang mendarat, diletakkan ditempat tertentu yang sesuai dengan tujuan dan arah, kemudian diikuti oleh kaki yang lainnya.
b. Kedua kaki melakukan pendaratan (mendarat) secara bersama-sama.

5. Ingsutan
Cara melakukan langkah ingsutan adalah dapat dijelaskan antara lain yakni sebagai berikut :

1. Menggeser telapak tangan dari lantai menggunakan tumit (tidak diangkat).
2. Telapak kaki ke-luar dan dalam.
3. Bisa juga dilakukan dengan gerakan tumit (telapak kaki sejajar/searah).
4. Kedua lutut di bengkok-kan.

Demikian pembahasan mengenai #5 teknik melangkah dalam pencak silat, semoga bermanfaat serta bisa menjadi referensi tugas sekolah, menambah wawasan dan pengetahuan didalam mempelajari seni bela diri serta teknik-teknik yang ada didalam pencak silat.
Loading...
Loading...