Loading...

Pengertian Komputer, Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak

Pengertian komputer, perangkat keras dan perangkat lunak adalah pokok pembahasan materi pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang akan diuraikan pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai arti komputer, perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang akan dijelaskan yakni :

1. Definisi komputer.
2. Definisi perangkat keras.
3. Bagian-bagian perangkat keras.
4. Contoh perangkat keras.
5. Definisi perangkat lunak.
6. Contoh-contoh perangkat lunak.

Pengertian komputer

Komputer berasal dari kata “to compute” yang artinya adalah berhitung. Pada sebuah komputer, seluruh informasi diolah kedalam bilangan biner (duan), atau yang disebut juga dengan bit-bit. Bit-bit tersebut terbentuk dalam sinyal-sinyal listrik yang dikirim, disimpan dan kemudian disusun yang secara logika kedalam sirkuit pengolah data.
Pengertian Komputer, Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak
Komputer, Perangkat Keras Dan Lunak
Adapun fungsi dari komputer berprinsip dan berdasarkan oleh sebuah teori yakni “prinsip-prinsip mesin van neuman”, dimana membangkitkan intruksi-intruksi yang tersimpan didalam memori (penyimpanan). Kemudian intruksi tersebut dianalisa yang selanjutnya dicari penyelesaiannya dan apabila terdapat suatu masalah maka akan muncul rangkaian pengontrolan dan kemudian komputer memberikan tanda kerusakan atau masalah pada layar monitor.

Pengertian perangkat keras

Perangkat keras atau hardware adalah sekumpulan sirkuit eletronik yang terpadu. Sirkuit eletronik tersebut memiliki suatu logika berdasarkan Aljabar Boolen dengan beberapa fungsi yang diciptakan adalah antara lain seperti berikut :

1. Fungsi AND (dan).
2. Fungsi OR (atau).
3. Fungsi NON (pembalik).

Bagian-bagian perangkat keras

Dibawah ini merupakan beberapa bagian perangkat keras yang ada pada komputer diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Processor.
2. Memory (unit penyimpanan).
3. Input (unit masukan).
4. Output (media pengeluaran).
5. Unit komunikasi data.

Contoh-contoh perangkat keras

Dibawah ini terdapat beberapa contoh perangkat keras (hardware) yang ada pada komputer adalah antara lain seperti berikut :
1. Layar monitor.
2. Modem.
3. Mouse.
4. Keyboard.
5. Hardisk.
6. RAM.
7. Speakers.

Pengertian perangkat lunak

Perangkat lunak atau software adalah sekumpulan program yang berfungsi untuk mengoperasikan suatu komputer, yang mana perangkat lunak bisa dilihat pada menu-menu yang ada didalam komputer dalam bentuk aplikasi. Perangkat lunak inilah yang selalu banyak digunakan seseorang untuk bisa mengoperasikan sebuah komputer.

Contoh-contoh perangkat lunak

Dibawah ini terdapat beberapa contoh perangkat lunak (software) yang ada pada komputer adalah antara lain seperti berikut :
1. Microsoft Office.
2. Notepad.
3. Bluetooth.
4. Calculator.
5. Adobe Photoshop.
6. Corel Draw.
7. Paint.

Baca juga : Macam-Macam Komputer

Demikian pembahasan mengenai pengertian komputer, perangkat keras dan perangkat lunak, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui definisi komputer, perangkat keras dan perangkat lunak serta perbedaan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).