Loading...

#4 Macam-Macam Komputer Dan Penjelasannya

Loading...
#4 Macam-macam komputer dan penjelasannya adalah pokok pembahasan materi pelajaran teknologi informasi komunikasi (TIK) yang akan diuraikan pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai jenis-jenis atau macam-macam komputer seperti super komputer, mainframe komputer, mini komputer dan mikro komputer menurut kemampuannya lengkap dengan penjelasan dan fungsinya, yang akan dijelaskan yakni :

1. Definisi super komputer.
2. Definisi mainframe komputer.
3. Definisi mini komputer.
4. Definisi mikro komputer.

Pengertian super komputer

Super komputer adalah sebuah jenis komputer yang mempunyai ukuran sangat besar dan memiliki kemampuan yang jauh melebihi dari jenis komputer lainnya. Jenis komputer ini sanggup melakukan ratusan juta instruksi pada setiap detiknya.
#4 Macam-Macam Komputer Dan Penjelasannya
Macam-Macam Komputer Dan Penjelasannya

Karena kemampuannya yang sangat super membuat jenis komputer ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Sehingga model komputer ini hanya dimiliki oleh lembaga-lembaga pemerintah dan perusahaan-perusahaan besar.

Adapun jenis super komputer ini banyak digunakan oleh perusahaan pesawat terbang, diantaranya adalah seperti IPTN Bandung, dimana tugas dan fungsi super komputer adalah merancang pesawat, eksplorasi minyak, pertambangan serta penelitian cuaca.

Pengertian mainframe komputer

Mainframe komputer adalah sebuah jenis komputer yang mempunyai ukuran besar dan tingkat kemampuannya masih berada dibawah jenis super komputer. Jenis mainframe komputer ini membutuhkan tempat dan instalasi pengaturan yang tergolong khusus, oleh karena hal tersebutlah yang membuat komputer jenis mainframe ini dibanderol dengan harga yang mahal.

Pengertian mini komputer

Mini komputer adalah sebuah jenis komputer yang memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada jenis mainframe komputer. Dan pada jenis mini komputer inilah, para pakar komputer memulai merintis komputer dengan ukuran kecil atau disebut juga mini komputer (mini computer).

Mengenai harga yang dibanderol untuk jenis mini komputer ini tergolong lebih murah. Pada tahun 1957 seseorang yang bernama Kennet Olson bersama adiknya yakni San Olson dan rekan lainnya mendirikan sebuah perusahaan Digital Equipment Corporation (DEC), kemudian pada tahun 1960 perusahaan tersebut memperkenalkan mini komputer.


Pengertian mikro komputer

Mikro komputer adalah sebuah jenis komputer yang memiliki ukuran normal seperti yang banyak digunakan pada saat sekarang ini, biasanya jenis mikro komputer ini disebut dengan komputer pribadi atau personal computer dan lebih dikenal lagi dengan sebutan PC.

Pada jenis komputer inilah yang banyak digunakan pada kantor-kantor, lembaga-lembaga, perusahaan- perusahaan maupun rumah-rumah. Adapun kepanjangan dari singkatan IBM-PC adalah International Bussiness Machine, yang mana IBM-PC merupakan sebuah perusahaan yang menciptakan atau merakit komputer tersebut.

Demikian pembahasan mengenai #4 macam-macam komputer dan penjelasannya, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui jenis-jenis komputer lengkap dengan penjelasan dan fungsinya serta perbedaan super komputer, mainframe komputer, mini komputer dan mikro komputer.
Loading...
Loading...