Loading...

Pengertian Input, Memory, Control, Aritmatic Dan Output

Loading...
Pengertian input, memory, control, aritmatic dan output adalah pokok pembahasan materi pelajaran teknologi informasi komunikasi (TIK) yang akan diuraikan pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai bagian-bagian komputer yang akan dijelaskan yakni antara lain sebagai berikut :

1. Definisi input.
2. Definisi memory.
3. Definisi control.
4. Definisi aritmatic.
5. Definisi output.

1. Pengertian input

Input adalah suatu media atau alat yang ada pada komputer yang digunakan sebagai alat pemasukan data yang berfungsi untuk memasukkan informasi atau data-data kedalam perangkat komputer untuk diolah atau disimpan.
Pengertian Input, Memory, Control, Aritmatic Dan Output
Bagian-bagian komputer

Contoh alat input pada komputer

Contoh media atau alat input pada komputer adalah seperti berikut :
a. Keyboard (papan ketik).
b. Card CD ROM (compac disk read only memory).
c. Tape drive.
d. Disk drive.
e. Magnetic tape unit.

2. Pengertian memory

Memory adalah suatu media atau alat yang ada pada komputer yang digunakan sebagai otak penyimpanan dari komputer yang berfungsi untuk menyimpan perintah, instruksi dan bahan keterangan yang harus dikerjakan oleh komputer.


3. Pengertian control (pengendali), aritmatic dan output

Pengendali atau disebut juga dengan control adalah media atau alat yang ada pada komputer yang berfungsi mengendalikan program-program yang sedang berjalan, apakah program tersebut dikerjakan sesuai instruksi yang diberikan atau tidak.

Apabila program tersebut tidak berjalan dengan semestinya maka, komputer akan memberitahu pada layar monitor dan memberikan pilihan guna melakukan perhitungan-perhitungan secara aritmatika.

Adapun output adalah suatu media atau alat yang digunakan sebagai pengeluaran data seperti data ketikan pada microsoft word, excel dan lain-lain. Contoh media atau alat output adalah printer.

Jenis-jenis printer

Dibawah ini terdapat berbagai macam jenis-jenis printer yang banyak digunakan saat ini adalah antara lain sebagai berikut :

1. Printer laser jet.
2. Printer inkjet.
3. Printer led atau lcd.
4. Printer dot matrix.
5. Plotter atau wide format printing.
6. Printer thermal (pos printer).
7. Buble jet.
8. Printer solid ink.
9. Printer DTG (direct to garment).
10. Printer label.

Merek-merek printer

Dibawah ini terdapat beberapa merek printer yang sering ditemui pada toko elektronik komputer yang diantaranya adalah seperti berikut :

1. Printer Canon.
2. Printer Epson.
3. Printer Brother business smart plus.
4. Printer Hp.
5. Printer Fuji xerox.
6. Printer Dell.
7. Printer Primera.

Demikian pembahasan mengenai pengertian input, memory, control, aritmatic dan output, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui bagian-bagian komputer, definisi input, definisi memory, definisi control, definisi aritmatic, definisi output, fungsi dan contoh input, memory, control, aritmatic dan output serta jenis-jenis printer dan beberapa macam merek printer.
Loading...
Loading...