Loading...

#4 Sejarah Generasi Komputer Dari Tahun Ke Tahun

Loading...
#4 Sejarah generasi komputer dari tahun ke tahun adalah pokok pembahasan materi pelajaran teknologi informasi komunikasi (TIK) yang akan diuraikan pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai pengertian komputer moderen dan sejarah komputer dari generasi ke generasi yang akan dijelaskan yakni :

1. Definisi komputer moderen.
2. Generasi pertama (1950 - 1959).
3. Generasi kedua (1960 - 1965).
4. Generasi ketiga (1965 - 1975).
5. Generasi keempat (1975 - Sekarang).

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai generasi komputer dan ciri-cirinya serta perkembangannya dari masa ke masa, yang sering menjadi pertanyaan adalah mengenai apa yang membedakan antara komputer modern dengan mesin hitung model lama ?. Berikut dibawah ini akan dijelaskan secara lengkap dan detail mengenai hal tersebut dan bagaimana perkembangan komputer dari tahun ke tahun hingga saat ini sebagai berikut.
#4 Sejarah Generasi Komputer Dari Tahun Ke Tahun
Sejarah Perkembangan Komputer

Pengertian komputer modern

Komputer modern adalah suatu jenis komputer yang mana komponen-komponen didalamnya sudah memakai dan menggunakan bahan-bahan dari semi konduktor (era transistor). Untuk lebih jelasnya mengenai hal tersebut, dapat kalian ketahui pada penjelasaan seperti dibawah ini tentang batasan-batasan dari tahun ke tahun mengenai sejarah perkembangan komputer.

Baca juga : Pengertian Komputer

Generasi komputer dari masa ke-masa

Dibawah ini terdapat beberapa generasi komputer dari tahun ke tahun yang selalu mengalami perubahan dan peningkatan baik dari kinerja, bentuk dan model bahkan ukuran yang dapat dijelaskan dan diuraikan antara lain sebagai berikut.

1. Generasi pertama (1950 - 1959)
Komputer pada generasi ini masih memiliki ukuran yang tergolong cukup besar, hal tersebut karena masih banyak menggunakan dan memakai tabung-tabung elektron serta masih memerlukan ruangan-ruangan khusus dan memerlukan pendingin udara (AC), sehingga hal tersebut lah mengapa komputer pada generasi ini memerlukan energi listrik yang tergolong cukup besar.

2. Generasi kedua (1960 - 1965)
Komputer pada generasi kedua ini telah mengalami perkembangan, yang mana didalam jenis komputer generasi kedua ini sudah ditemukannya komponen transistor. Penemuan komponen transistor ini memungkinan untuk membuat ukuran sebuah komputer yang lebih kecil bisa ditingkatkan, peningkatan tersebut seperti kinerja lebih cepat dan kapasitas lebih besar.

Perlu diketahui bahwa komponen transistor ditemukan pada tahun 1948 oleh William Shokley, Jhon Bardeen dan Walter Brattain.

3. Generasi ketiga (1965 - 1975)
Komputer pada generasi ketiga ini memungkinkan pembuatan sebuah komputer dibuat dengan ukuran lebih kecil dengan pemakaian listrik yang tergolong lebih irit. Tahun 1961 Texas Instrument dan Fairchild telah memperkenalkan mengenai apa itu IC.

IC adalah suatu rangkaian terpadu yang didalamnya terdiri dari berbagai puluhan, ratusan bahkan ribuan komputer yang ukuran bentuknya berukuran sangat kecil yaitu dibawah ibu jari orang dewasa.

4. Generasi keempat (1975 - sekarang)
Komputer pada generasi keempat ini ditandai dengan perkembangan IC yang sudah semakin canggih dan moderen. Tahun 1970 telah berhasil dibuat sebuah IC pemroses yang disebut dengan mikroprosesor. Mikro artinya adalah kecil dan Prosesor artinya adalah pengolah atau pemproses.

Demikian pembahasan mengenai #4 sejarah generasi komputer dari tahun ke tahun, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui definisi komputer moderen, komputer generasi pertama (1950 - 1959), komputer generasi kedua (1960 - 1965), komputer generasi ketiga (1965 - 1975) dan komputer generasi keempat (1975 hingga sekarang) dengan kata lain sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang.
Loading...
Loading...