Loading...

Soal Dan Jawaban Gerakan Sosial Masa Kolonialisme Dan Imperialisme

Soal dan jawaban gerakan sosial masa kolonialisme dan imperialisme merupakan pembahasan yang akan dijelaskan dan dipaparkan pada materi pelajaran sejarah tentang pengaruh reaksi sosial pada masa kolonialisme dan imperialisme yang dapat anda pelajari dan dapat anda jadikan sebagai materi belajar dirumah maupun disekolah.

Adapun pembahasan pada artikel ini menjelaskan secara detail dan lengkap mengenai soal soal pelajaran sejarah yang dilengkapi dengan #kunci jawaban. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat dan berguna untuk anda semua dalam mengetahui jawaban essay soal materi sejarah.

Kumpulan Soal + Jawaban Mengenai Gerakan Sosial

Pada Masa Kolonialisme Dan Imperialisme
Soal Dan Jawaban Gerakan Sosial Masa Kolonialisme Dan Imperialisme
Gerakan Sosial Masa Kolonialisme Dan Imperialisme

1. Jelaskan tentang gerakan protes petani di Condet !
Jawaban : Tahun 1916 di Condet terjadi kerusuhan yang dipimpin oleh Entong Gendut. Dalam aksinya, mereka menyerang para tuan tanah yang sering melakukan tindakan kekerasan. Peristiwa ini dapat dipadamkan oleh pemerintah kolonial dan mengakibatkan Entong Gendut gugur.

2. Apakah yang memicu aksi gerakan petani di Ciampea, Purwakarta ?
Jawaban : Aksi mereka dipicu oleh tindakan pengukuran tanah miliki rakyat oleh pemerintah yang mereka angap tidak adil. Aksi tersebut berujung pada terjadinya kerusuhan, dan dengan cepat pemerintah kolonial dapat memadamkan aksi tersebut.

3. Di manakah Gerakan ratu Adil muncul ?
Jawaban : Gerakan sosial ini muncul berdasarkan kepercayaan bahwa seorang tokoh akan datang untuk membebaskan orang dari segala penderitaan dan kesengsaraan. Gerakan ini muncul sebagai protes terhadap berbagai tekanan dari pemerintah kolonial Belanda.

4. Siapakah pemimpin Gerakan Ratu adil di Kediri ?
Jawaban : Gerakan di Kediri pada tahun 1907 dipimpin oleh Kiai Dermodjoyo.

5. Sebutkan gerakan keagamaan sebagai akibat dari kolonialisme dan imperialisme !
Jawaban : Gerakan keagamaan sebagai akibat dari kolonialisme dan imperialisme adalah antara lain sebagai berikut :

- Gerakan Tarekat Naqtsabaniyah dan Qodirah, tahun 1880 di sebelah Utara Banten.
- Gerakan Budiah, terjadi pada tahun 1850 di desa Kali Salak, dipimpin oleh H. Muhammad.

Demikian pembahasan mengenai contoh essay soal dan jawaban gerakan sosial masa kolonialisme dan imperialisme, semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi kalian dalam mencari kunci jawaban materi pendidikan sejarah tentang gerakan sosial pada masa kolonialisme dan imperialisme di negara Republik Indonesia.