Lirik Dan Makna Lagu Gundul Pacul

Lirik dan makna lagu gundul pacul adalah pembahasan utama materi pelajaran Seni Budaya yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun point pokok pembahasan mengenai lagu daerah gundhul pacul seputar makna lagu gundul gundul pacul dan penciptanya, menceritakan makna isi lagu gundul pacul dan arti lagu gundul gundul pacul didalam belajar pendidikan Seni dan Budaya yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Lirik lagu daerah gundul pacul dalam bahasa Jawa.
2. Lirik lagu gundul pacul dalam terjemahan bahasa Indonesia.
3. Makna dan arti lagu gundul pacul yang mengandung nilai filosofis.
4. Makna lagu gundul pacul dalam bahasa Jawa.
5. Pencipta lagu gundul gundul pacul.

Lagu gundul-gundul pacul merupakan salah satu lagu daerah dari sekian banyaknya warisan budaya di Indonesia dalam bentuk karya lagu. Gundhul pacul adalah sebuah lagu daerah yang berasal dari provinsi Jawa Tengah yang mana pencipta lagu gundul pacul adalah R.C. Hardjosubroto. Bagaimana sejarah lagu gundul gundul pacul dapat tercipta, berikut penjelasan makna dan artinya.
Lirik Dan Makna Lagu Gundul Pacul
Lirik Dan Makna Lagu Gundul Pacul

1. Judul : Gundul-Gundul Pacul
2. Pencipta lagu gundul pacul : R.C. Hardjosubroto.
3. Bahasa : Jawa
4. Asal Etnik : Jawa Tengah

Lirik lagu gundul pacul dalam bahasa jawa

Gundhul-gundhul pacul-cul gembelengan.
Nyunggi-nyunggi wakul-kul kelelengan.
Wakul ngglimpang segane dadi sak latar.
Wakul ngglimpang segane dadi sak latar.

Lirik lagu gundul pacul dalam terjemahan bahasa indonesia

Gundul gundul cangkul, tidak hati hati.
Membawa bakul (di atas kepala) dengan tidak hati hati.
Bakul terguling, nasinya tumpah sehalaman.
Bakul terguling, nasinya tumpah sehalaman.

Makna dan arti lagu gundul pacul yang mengandung nilai filosofis

a. Gundul

Gundul adalah kepala tanpa rambut, dimana kepala merupakan lambang kehormatan serta kemuliaan seseorang. Sedangkan rambut adalah mahkota, lambang keindahan kepala. Sehingga gundul berarti kehormatan tanpa mahkota.

b. Pacul

Pacul dalam bahasa indonesia adalah cangkul yaitu sebuah alat pertanian yang terbuat dari lempeng besi segi empat. Orang jawa menyebut pacul yakni “papat kang ucul” dalam bahasa indonesia yakni empat yang lepas, maksudnya adalah kemuliaan seorang manusia sangat tergantung pada empat hal yakni antara lain mata, hidung, telinga dan mulut.

Apabila keempat hal tersebut lepas, maka kehormatannya juga akan lepas. Untuk penjelasan lebih detailnya sebagai berikut :
→ Mata
Cara orang tersebut menggunakan matanya untuk melihat kesulitan rakyat.
→ Hidung
Cara orang tersebut menggunakan hidungnya untuk mencium wewangian kebaikan.
→ Telinga
Cara orang tersebut menggunakan telinganya untuk mendengar nasihat.
→ Mulut
Cara orang tersebut menggunakan mulutnya untuk berkata-kata yang adil.

c. Gembelengan

Gembelengan berarti besar kepala, sombong dan bermain-main didalam menggunakan kehormatannya.

d. Nyunggi wakul

Nyunggi wakul berarti membawa bakul diatas kepala yang dilambangkan sebagai menjunjung amanah rakyat.

e. Wakul ngglimpang segane dadi sak latar

Wakul ngglimpang berarti bakul terguling yang melambangkan amanah dari rakyat yang terjatuh yang diakibatkan oleh sikap sombong disaat membawa amanah. Sedangkan segane dadi sak latar berarti nasinya jadi sehalaman yang melambangkan hasil yang didapatkan menjadi sia-sia dan berantakan serta tidak bisa untuk dimakan lagi dalam artian tidak bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat.

Kesimpulan arti dan makna lagu gundul pacul secara singkat

Orang yang dikepalanya sudah kehilangan empat indera dan mengakibatkan sikapnya berubah menjadi congkak. Menjunjung amanah rakyat selalu sambil dengan sombong hati dan pada akhirnya amanah tersebut jatuh dan tidak bisa dipertahankan lagi serta berantakan sia-sia dan tidak dapat bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat.


Demikian pembahasan mengenai lirik dan makna lagu gundul pacul. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi dalam mengetahui makna lagu gundul gundul pacul dan penciptanya, ceritakan makna isi lagu gundul pacul, makna lagu gundul pacul dalam bahasa jawa, pencipta lagu gundul gundul pacul, sejarah lagu gundul gundul pacul dan makna lagu gundul pacul secara singkat.