Sintesis Protein (Pengertian, Proses, Tahapan-Tahapan Dan Tujuan Sintesis Protein)

Sintesis protein - Pengertian, proses dan tahapan-tahapan serta tujuan sintesis protein akan dijelaskan dibawah ini secara detail pada materi belajar biologi. Sintesis protein adalah proses pembentukan partikel protein dalam bahasan biologi molekuler yang di dalamnya melibatkan sistesis RNA yang dipengaruhi oleh DNA. Dengan kata lain asam amino secara linear diatur menjadi protein melalui keterlibatan RNA ribosom, RNA transfer, RNA dan berbagai enzim.

Adapun point pokok penjelasan yang akan dibahas seputar sintesis protein yakni apa saja arti, proses dan tahapan-tahapan serta tujuan sintesis protein yang akan dijelaskan didalam materi biologi berikut ini adalah antara lain.

1. Pengertian sintesis protein.
2. Proses sintesis protein.
3. Tujuan sintesis protein.

Sintesis Protein (Pengertian, Proses, Tahapan-Tahapan Dan Tujuan Sintesis Protein)

Definisi sintesis protein

Makna sintesis protein adalah proses dimana sel-sel individual disusun membentuk protein. Istilah ini dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari kita saat menjalankan kelangsungan hidup yakni pada saat makan. Makanan yang telah dimakan tentunya akan dicerna oleh sistem pencernaan yang akan diolah menjadi energi didalam tubuh manusia. Pada saat proses pencernaan itulah terdapat istilah sintesis protein.

Proses dan tahapan-tahapan sintesis protein

Dibawah ini merupakan beberapa proses dan tahapan-tahapan dalam mensintesa protein didalam tubuh makhluk hidup yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Replikasi DNA
Setiap sel tentu saja akan mengalami pembelahan didalam tubuh makhluk hidup. Pada saat terjadi pembelahan sel ini mampu terpecah berdasarkan kelipatannya. Akan tetapi, sebelum sel itu membelah terdapat proses penggandaan partikel dalam sel, yakni salah satunya adalah DNA.

Dengan adanya penggandaan DNA inilah disebut dengan replikasi. Jadi replikasi adalah proses sintesis DNA baru yang terjadi di dalam nukleus dengan bantuan enzim helikase yang berfungsi melepaskan basa dan ikatan hidrogen yang terdapat pada rangkaian DNA.

2. Transkripsi
Transkripsi adalah tahap dimana DNA akan membentuk RNA dengan melepaskan kode genetik yang asalnya dari DNA itu sendiri. Pada tahap ini akan dihasilkan 3 jenis RNA yakni mRNA, tRNA serta rRNA. Tahap ini terjadi didalam sitoplasma dengan proses awalnya dengan pembukaan rantai ganda yang telah dimiliki oleh DNA dengan bantuan enzim RNSA polimerase.

Pada tahap ini juga diperoleh rantai tunggal yang tugasnya sebagai rantai sense, sedangkan rantai lainnya yang berasal dari pasangan DNA dinamakan rantai anti sense. Proses transkripsi ini sendiri terbagi menjadi 3 tahap yakni tahap inisiasi, elongasi serta teriminasi.

3. Translasi
Translasi adalah suatu tahap dimana proses menerjemahkan kode kodon yang berasal dari RNAm (mRNA) untuk dijadikan asam amino yang akan membentuk protein. Tiap-tiap urutan dari basa nitrogen yang berbeda akan diterjemahkan menjadi asam amino yang tentunya berbeda. Contohnya adalah asam amino fenilalanin yang merupakan terjemahan glisin (CGC), asam amino serin (UCA) serta asam aminot triptofan (UGG).

Dengan demikian terdapat 20 macam jenis asam amino yang dibutuhkan untuk membentuk sebuah protein yang berasal dari terjemahan kodon mRNA (RNAm). Beberapa dari asam amino tersebut akan diperoleh rantai polipeptida yang spesifik dan tentunya akan membentuk protein yang spesifik pula. Proses translasi terbagi menjadi 3 jenis yakni tahap awal, pemanjangan serta tahap teriminasi.

Tujuan sintesis protein

Adapun tujuan dari sintesis protein adalah untuk membentuk protein yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh dan protein merupakan komponen penting yang menyusun tubuh makhluk hidup. Misalnya enzim penyusun utamanya adalah protein, hormon juga tersusun dari protein, eritrosit juga memiliki protein yang membantu pengikatan oksigen serta membran sel yang tersusun dari protein. Dengan adanya 22 asam amino pada proses translasi, yang diantaranya dapat disintesis didalam tubuh, dan beberapa yang lain juga harus diperoleh dari makanan.

Demikian penjelasan secara detail tentang sintesis protein - pengertian, proses dan tahapan-tahapan serta tujuan sintesis protein. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu sintesis protein, pengertian sintesis protein, makna sintesis protein, definisi sintesis protein, arti sintesis protein, proses dan tahapan-tahapan sintesis protein serta tujuan sintesis protein.