Loading...

Pengertian Reaksi Redoks, Ciri-Ciri Dan Fungsinya

Loading...
Pengertian reaksi redoks, ciri-ciri dan fungsinya adalah pokok pembahasan materi pelajaran kimia yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Reaksi redoks adalah reaksi reduksi dan oksidasi. Redoks adalah suatu hal yang menjelaskan berubahnya suatu bilangan oksidasi dalam sebuah rekasi kimia.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijelaskan tentang reaksi redoks dalam kehidupan sehari hari yakni apa yang dimaksud dengan redoks, pengertian, arti dan makna reaksi redoks , ciri-ciri reaksi redoks dan fungsi reaksi redoks yang akan di bahas tuntas dan lengkap di dalam materi kimia berikut ini.

Pengertian Reaksi Redoks, Ciri-Ciri Dan Fungsinya


Definisi reaksi redoks

Redoks adalah sebuah istilah yang menjelaskan adanya suatu perubahan bilangan oksidasi (keadaan oksidasi) atom-atom dalam sebuah reaksi kimia. Redoks merupakan singkatan dari reduksi dan oksidasi.

Adapun arti dari oksidasi adalah pelepasan elektron oleh sebuah molekul, atom dan ion, reaksi kenaikan bilangan oksidasi (biloks) dan reaksi pengikatan oksigen. Sedangkan reaksi reduksi adalah reaksi penangkapan elektron, reaksi penurunan bilangan oksidasi (biloks) serta reaksi pelepasan oksigen.

Ciri-ciri reaksi redoks

Dibawah ini terdapat beberapa ciri-ciri reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Ada unsur bebas misalnya CI2 (klorin), Cu (Cuprum), O2 (oksigen).
2. Terjadi perubahan biloks (bilangan oksidasi).
3. Ada reduktor (pereduksi) adalah suatu zat yang mengalami oksidasi.
4. Ada oksidator (pengoksidasi) adalah suatu zat yang mengalami reduksi.

Fungsi redoks

Fungsi reaksi redoks didalam kehidupan sehari-hari akan dijelaskan secara rinci yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Penggunaan lumpur aktif untuk mengolah limbah.
2. Reaksi fotosintetis.
3. Oksidasi makanan dalam sel.
4. Mur dan baut diberi lapisan zinc yang mana di dalam lapisan itu terdapat proses oksidasi logam zinc dan reduksi pada bagian kation.
5. Alat-alat dapur yang terbuat dari stainless steel tidak berkarat karena permukaannya selalu dilapisi oksida akibat proses oksidasi yang continue.
6. Memahami fenomena korosi logam dan cara pencegahannya.
7. Pembuatan asam sulfat untuk keperluan industri.
8. Pengolahan bijih-bijih logam di industri pertambangan.
9. Metabolisme semua organ-organ tubuh menggunakan reaksi redoks.

Demikian pembahasan mengenai pengertian reaksi redoks, ciri-ciri dan fungsinya Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu reaksi redoks, pengertian reaksi redoks, makna reaksi redoks, definisi reaksi redoks, arti reaksi redoks, ciri-ciri dan fungsi reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari.
Loading...
Loading...