Loading...

Jenis Dan Contoh Usaha Perekonomian Di Indonesia

Loading...
Jenis-jenis dan contoh usaha perekonomian di indonesia adalah pokok pembahasan materi pelajaran Ekonomi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Manusia hidup di dunia ini memiliki banyak sekali kebutuhan, dengan adanya alam yang menjadi sumber pemenuhan kebutuhan manusia sangat terbatas kemampuannya. Dengan begitu, tentu manusia berusaha keras untuk memenuhi kebutuhannya sehingga itulah yang menjadi timbulnya kegiatan ekonomi.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijelaskan yakni seputar jenis-jenis usaha perekonomian di Indonesia yakni apa saja jenis-jenis atau macam-macam usaha dan contoh kegiatan usaha perekonomian di indonesia yang tentu saja akan dibahas dalam materi pelajaran ilmu ekonomi sebagai berikut.

Jenis-jenis usaha perekonomian

Di indonesia terdapat berbagai macam usaha-usaha perekonomian yang tentunya dapat mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Adapun berbagai macam usaha-usaha perekonomian di Indonesia yakni diantaranya :

Jenis Dan Contoh Usaha Perekonomian Di Indonesia

Pertanian
Pertanian adalah suatu usaha yang kegiatannya mengupayakan hasil pertanian dengan cara mengolah tanah serta menanaminya dengan tanaman yang berguna. Adapun tanaman yang ditanam seperti padi, jagung, ketela, kelapa sawit, cengkeh, pala, kopi dan teh. Hasil dari bumi tersebut tentunya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia di masyarakat Indonesia.

Upaya untuk meningkatkan hasil pertanian dapat dilakukan dengan empat cara yakni diantaranya adalah :
- Intensifikasi
- Eksentifikasi
- Diversifikasi
- Rehabilitasi

Perkebunan
Perkebunan adalah suatu usaha penanaman lahan yang terdiri atas dua macam yakni perkebunan rakyat dan perkebunan besar. Perkebunan besar biasanya dikelola oleh pihak pemerintah seperti perkebunan karet, kelapa sawit dan tebu yang lebih ditujukan untuk di ekspor sehingga dengan pengeksporan itulah indonesia dapat menghasilkan devisa bagi negara.

Peternakan
Peternakan adalah suatu usaha yang kerjanya hanya memelihara binatang peliharaan yang dapat diambil hasilnya. Peternakan dapat dibedakan menjadi tiga macam yakni diantaranya adalah sebagai berikut.

- Peternakan hewan besar (sapi, kerbau, kuda)
- Peternakan hewan kecil (kambing, domba, kelinci)
- Peternakan hewan unggas (ayam, itik)

Perikanan
Perikanan indonesia dibedakan menjadi dua jenis, yakni perikanan darat dan perikanan laut. Perikanan darat meliputi perikanan air tawar serta perikanan air payau. Perikanan air payau dapat dilakukan di tambak-tambak yang terletak ditepi pantai. Adapun perikanan air laut yang merupakan usaha menangkap ikan di laut atau dipantai. Selain ikan, perikanan laut juga menghasilkan mutiara, udang, rumput laut dan juga garam.

Pertambangan
Pertambangan adalah suatu usaha dengan memanfaatkan mineral demi kesejahteraan hidup manusia. Bahan tambang dapat kita bedakan menjadi dua macam yakni bahan tambang mineral logam dan non logam. Contoh dari bahan tambang mineral logam yakni bauksit, emas, timah, tembaga, besi serta nikel. Adapun bahan tambang non logam misalnya seperti keramik, gips, marmer.

Perindustrian
Industri adalah usaha yang mengolah bahan baku setengah jadi menjadi bahan jadi. Misalnya perusahaan tekstil dan perusahaan sepatu. Sebagai contoh perusahaan industri penyamakan kulit yang terdapat di daerah Yogyakarta, dengan cara mengolah kulit sapi yang masih mentah menjadi kulit yang kering sehingga menghasilkan berbagai produk seperti ikat pinggang, jaket, sepatu dan tas kulit.

Perdagangan
Perdagangan adalah kegiatan jual beli yang dapat menguntungkan kedua belah pihak dengan tujuan menyampaikan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Seperti yang kita ketahui bahwa usaha perdagangan dapat dibedakan berdasarkan jumlah atau kualitas barang yang diperjual belikan (golongan kecil, sedang, besar) dan luas wilayah dalam perdagangan misalnya perdagangan ekspor dan impor.

Pariwisata
Pariwisata adalah suatu kegiatan seseorang yang bepergian dari tempat ia tinggal ke obyek wisata. Bila ditinjau dari segi asalnya wisatawan dapat dibedakan menjadi wisatawan nusantara dan mancanegara. Objek wisata terdiri dari dua macam yakni objek wisata alam serta budaya daerah. Dengan adanya pariwisata tentu sangatlah mempengaruhi kegiatan perekonomian negara, dikarenakan sebagai penghasil devisa, memperluas wawasan masyarakat dan membangun kesadaran nilai-nilai budaya bangsa.

Contoh kegiatan usaha perekonoman di Indonesia

Didalam perekonomian indonesia terdapat dua macam berdasarkan pengelolaannya yakni usaha perseorangan dan usaha kelompok. Usaha kelompok adalah suatu usaha yang dikelola oleh suatu kelompok khusus dengan ilmu ekonomi yang sangat luas yang meliputi pertanian, perkebunan, perindustrian, jasa dan perdagangan.

Berikut ini merupakan beberapa kelompok usaha perekonomian di Indonesia, kelompok inilah yang mengikut diri kedalam satu bentuk usaha yakni diantaranya :

Firma (Fa)
Firma adalah suatu perusahan yang didirikan oleh dua orang atau lebih. Dalam tahap pengenalan umumnya sudah saling mengenal, susah payah yang dipikul bersama-sama serta tangung jawab yang penuh dari setiap anggotanya.

Persekutuan komanditer (CV)
Comanditaire vennatschoop (CV) adalah suatu bentuk asosiasi yang dapat didirikan oleh perseorangan atau bisa juga dari Firma.

Perseroan terbatas (PT)
PT mempunyai bentuk perusahan yang ikatannya terdiri antara dua orang atau lebih dengan pendapatan modal dari penjualan saham.

Koperasi
Koperasi adalah bentuk usaha bersama yang bersifat kekeluargaan. Adapun contoh dari koperasi yakni koperasi sekolah, Koperasi Unit Desa (KUD) dan lain-lain.


Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
BUMN adalah suatu perusahaan yang dikelola secara bersama-sama dengan modal seluruhnya yang dimiliki oleh negara, seperti PLN, Telekomunikasi, PT. Pertamina serta PT. Pos Giro.


Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis dan contoh usaha perekonomian di indonesia, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa saja jenis-jenis usaha dan contoh kegiatan usaha perekonomian di indonesia.
Loading...
Loading...