Loading...

Pembangunan Ekonomi (Pengertian, Tujuan Dan Faktor Yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi Di Indonesia)

Pengertian pembangunan ekonomi, tujuan dan faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi di Indonesia adalah pokok pembahasan materi pelajaran Ekonomi pembangunan yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dengan pendapatan perkapita yang tinggi serta memperhitungkan adanya suatu penambahan penduduk yang disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk di suatu negara.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijabarkan seputar materi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia yakni pengertian pembangunan ekonomi, apa itu pembangunan ekonomi, makna pembangunan ekonomi, arti pembangunan ekonomi, teori pembangunan ekonomi dan konsep pembangunan ekonomi serta tujuan pembangunan ekonomi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi.

Definisi pembangunan ekonomi

Pembangunan ekonomi adalah suatu proses meningkatkan PNB (Produk Nasional Bruto) sekaligus juga menambah pendapatan perkapita penduduk disuatu negara melalui pertumbuhan ekonomi.

Baca juga : Teori Pembangunan Menurut Para Ahli

Pengertian pembangunan ekonomi, tujuan dan faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi di Indonesia

Tujuan pembangunan ekonomi

Adapun tujuan pembangunan ekonomi yang diantaranya adalah seperti berikut :

1. Meningkatkan ketersediaan dan perluasan distribusi berbagai macam barang kebutuhan hidup yang pokok.
2. Meningkatkan standarnya suatu kehidupan dengan ekonomi yang ada
Pada tahun 1990, perkembangan industri terjadi perubahan dengan lebih menekankan pada industri yang berteknologi tinggi. Dampaknya adalah terjadi tekanan yang sangat melewati batas pada pembiayaan yang harus ditanggung oleh pihak pemerintah.
3. Mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan merata material dan spiritual berdasarkan dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah NKRI.

Selain itu, adapula tahapan ekonomi yang sangat wajib untuk dilakukan oleh setiap negara, yakni diantaranya sebagai berikut :

1. Tahap pertanian (agraris)
Tahap pertanian adalah sebagian besar penduduk memiliki suatu pekerjaan khusus yakni dalam bidang pertanian.
2. Tahap manufaktur (industri)
Tahap manufaktur adalah sebagian besar penduduk memiliki pekerjaan dibidang industri.
3. Tahap bidang jasa
Tahap bidang jasa adalah terjadinya perpindahan tenaga kerja di sektor jasa disebabkan karena adanya pertumbuhan yang cepat dalam sektor tersebut.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi

Terdapat lima faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi yakni diantaranya sebagai berikut :

1. Sumber Daya Alam (SDA)
Yang termasuk dengan sumber daya alam adalah tanah, iklim, cuaca, hasil hutan, hasil tambang, tumbuhan, hewan dan lain-lain.

2. Sumber Daya Modal dan Teknologi (SDMT)
Dalam hal pembangunan ekonomi, modal dan teknologi terbilang sangatlah penting guna memperlancar dan meningkatkan hasil produksi.

3. Sumber Daya Manusia (SDM)
Jumlah penduduk dan kualitas sumber daya manusia sangatlah menentukan pembangunan ekonomi, karena manusia merupakan pelaksana pembangunan ekonomi.

4. Sistem sosial dan sikap masyarakat
Masyarakat modern akan lebih terbuka dan tentunya bersikap positif terhadap perubahan yang secara otomatis ditimbulkan oleh pembangunan ekonomi, tetapi masyarakat tradisional tidak senang dengan adanya perubahan-perubahan serta bersikap masa bodoh sehingga akan menghambat kelancaran pembangunan ekonomi.

5. Luas pasar dan pangsa pasar
Semakin luas daerah pemasaran dan pangsa pasar yang dimiliki, maka semakin besar pula peluang untuk mencapai pembangunan ekonomi.

Baca juga : Masalah-Masalah Pembangunan Ekonomi Di Negara Berkembang

Demikian pembahasan mengenai pengertian pembangunan ekonomi, tujuan dan faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi di Indonesia, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu yang dimaksud dengan pembangunan ekonomi, pengertian pembangunan ekonomi, definisi pembangunan ekonomi, makna pembangunan ekonomi, arti pembangunan ekonomi, teori pembangunan ekonomi dan konsep pembangunan ekonomi serta tujuan pembangunan ekonomi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi.