Loading...

Pengertian Hati, Fungsi, Letak Serta Penyakit Hati Pada Tubuh Manusia

Loading...
Pengertian hati, fungsi, letak serta penyakit hati pada tubuh manusia adalah pokok pembahasan materi pelajaran biologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini yang masuk kedalam pelajaran biologi. Hati adalah salah satu alat ekskresi yang ada pada tubuh manusia.


Adapun point pokok pembahasan yang akan dijabarkan seputar penyakit hati pada manusia yakni apa yang dimaksud dengan hati, pengertian hati, arti dan makna hati, fungsi hati, letak hati serta berbagai macam dan jenis-jenis penyakit hati yang tentu saja mudah untuk difahami.

Pengertian hati

Hati adalah salah satu organ tubuh manusia yang merupakan alat ekskresi (pengeluaran). Hati dikatakan sebagai alat ekskresi karena mengeluarkan empedu. Empedu yang dikeluarkan mengandung zat sisa yang berasal dari sel darah merah yang sudah usang dan dihancurkan didalam limpa.

Pengertian Hati, Fungsi, Letak Serta Penyakit Hati Pada Tubuh Manusia
Penyakit Hati

Fungsi hati didalam tubuh manusia

Selain berfungsi sebagai alat ekskresi, hati juga memiliki fungsi lain yang sangat berguna bagi tubuh yakni akan diuraikan diantaranya sebagai berikut dibawah ini :

a. Menyimpan gula dalam bentuk glikogen.
b. Menawarkan atau menjadikan suatu racun didalam tubuh menjadi tawar.
c. Membuat vitamin A yang berasal dari provitamin A.
d. Mengatur kadar gula dalam darah.
e. Membuat fibrinogen serta prothrombin.
f. Menghasilkan zat warna empedu.
g. Tempat pembentukan urea.

Letak hati pada tubuh manusia

Perlu diketahui bahwa hati merupakan kelenjar terbesar yang ada didalam tubuh manusia. Hati terletak didalam rongga perut sebelah kanan tepatnya dibawah diafragma.

Penyakit hati yang sering menyerang tubuh manusia

Apa saja penyakit hati yang sering terjadi pada tubuh manusia, akan dijelaskan secara lengkap sebagai berikut dibawah ini.

1. Hepatitis
Hepatitis adalah radang hati yang disebabkan oleh virus. Adapun virus hepatitis terdapat beberapa macam, misalnya hepatitis A dan hepatitis B. Perlu diketahui bahwa virus hepatitis B lebih berbahaya dibandingkan hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis A.

2. Penyakit kuning
Penyakit kuning adalah penyakit yang disebabkan oleh tersumbatnya saluran empedu yang akan mengakibatkan cairan empedu tidak dapat dialirkan ke usus 12 jari hingga masuk ke dalam darah.

Dengan adanya hal itu tentu mengakibatkan warna darah menjadi kuning. Adapun kulit penderita penyakit kuning ini tampak lebih pucat serta kekuning-kuningan, bagian putih pada bola mata berwarna kekuningan dan kuku jaripun juga berwarna kekuningan.

3. Kanker hati
Kanker hati akan terjadi apabila sel kanker berkembang dengan luas pada jaringan hati. Penyakit hati yang banyak terjadi adalah Hepatocellular carcinoma (HCC). HCC adalah komplikasi akhir yang sangat serius dari hepatitis kroni.

Demikian pembahasan ringkas mengenai pengertian hati, fungsi, letak serta penyakit hati pada tubuh manusia. Semoga bermanfaat bagi pembaca serta dapat dijadikan sebuah referensi informasi yang dapat membantu pembaca dalam mengetahui apa yang dimaksud dengan hati, pengertian hati, arti dan makna hati, fungsi hati, letak hati serta berbagai macam dan jenis-jenis penyakit hati didalam tubuh manusia.
Loading...
Loading...