Loading...

#4 Jenis Penyakit Ginjal Pada Manusia Dan Ciri-Cirinya

Loading...
#4 Jenis penyakit ginjal pada manusia dan ciri-cirinya adalah pokok pembahasan materi biologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail dibawah ini. Ginjal adalah salah satu alat ekskresi yang berfungsi untuk mengeluarkan urine. Gangguan pada ginjal seringkali terjadi dikalangan masyarakat di usia enam puluh tahun ke atas dan perlu diketahui bahwa penyakit ginjal yang telah berlangsung lama akan menyebabkan gagal ginjal.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijabarkan seputar peyakit ginjal yakni apa saja penyakit yang ada pada ginjal manusia, berbagai penyakit ginjal yang dapat terjadi pada manusia, apa saja penyebab penyakit pada ginjal, ciri-ciri penyakit pada ginjal serta cara mengatasi penyakit ginjal yang tentu saja akan mudah kalian pahami.

Penyakit pada ginjal

Dibawah ini terdapat beberapa penyakit yang sering terjadi pada ginjal manusia, adapun penyakit-penyakit tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

#4 Jenis Penyakit Ginjal Pada Manusia Dan Ciri-Cirinya
Jenis-jenis penyakit ginjal

1. Batu ginjal

Batu ginjal dapat terjadi karena adanya pengendapan garam kalsium didalam rongga ginjal, saluran ginjal ataupun kandung kemih. Batu ginjal dapat berupa kristal yang tidak bisa larut dan mengundang kalsium oksalat, asam urat dan kristal kalsium fosfat. Adapun ciri-ciri penyakit batu ginjal adalah sebagai berikut :

- Sakit perut dan punggung
- Gejala flu
- Sering sakit ketika buang air kecil
- Penda arahan saat buang air kecil

Perlu diketahui bahwa penyakit batu ginjal ini tentu dapat diatasi dengan cara pembedahan dan sinar laser.

2. Nefritis

Nefritis adalah suatu kerusakan yang terjadi didalam glomerulus yang telah disebabkan karena adanya bakteris streptococcus sp. Dengan rusaknya nefron tentu mengakibatkan urine masuk kembali ke dalam darah dan penyerapan air akan terganggu sehingga timbul pembengkakan didaerah kaki. Adapun ciri-ciri penyakit nefritis adalah sebagai berikut :

- Lemahnya fisik dan demam
- Mual dan muntah
- Gatal-gatal
- Pembengkakan diujung atas dan bawah wajah serta kaki
- Rasa logam dimulut

Penyakit nefritis dapat diatasi dengan mencangkok ginjal atau cuci darah secara rutin, perbanyak minum air putih, rutin dalam berolahraga serta memperbanyak dalam mengkonsumsi buah dan juga sayur-sayuran.

3. Albuminaria

Albuminaria dapat ditandai dengan adanya molekul albumin dan protein dalam urine dikarenakan glomerulus rusak, sedangkan glomerulus sendiri berfungsi sebagai alat filtrasi (penyaringan) pada ginjal. Adapun ciri-ciri albuminaria adalah sebagai berikut :

- Pembengkakan pada wajah dan pergelangan tangan
- Nyeri pinggang
- Tubuh mudah lelah

Dengan ciri-ciri albuminaria diatas, maka penyakit albuminaria dapat diatasi dengan melakukan terapi steroid untuk mengurangi kadar protein serta memblokir protein didalam urine relatif lebih cepat.

4. Gagal ginjal

Gagal ginjal dapat terjadi jika salah satu ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, kegagalan salah satu ginjal ini akan diambil alih perannya oleh ginjal lain. Namun, apabila dibiarkan terus menerus keadaan ini akan menimbulkan resiko yang sangat tinggi karena menyebabkan penimbunan urea dalam tubuh serta kematian. Adapun ciri-ciri gagal ginjal adalah sebagai berikut :

- Warna urine berubah
- Badan jadi gampang capek
- Gatal-gatal
- Selalu mual dan ingin muntah
- Sakit pinggang, kurang konsentrasi dan pusing.

Adapun beberapa cara untuk mengatasi penyakit gagal ginjal ini yakni menjaga tekanan darah agar selalu berada dalam kisaran normal, olahraga secara teratur, hindari konsumsi makanan yang mengandung purin yang tinggi seperti jeroan dan juga selalu berhati-hati bila mengkonsumsi sesuatu yang mengandung asam amino yang tinggi sehingga dapat mengganggu kerja ginjal.

Demikian pembahasan mengenai #4 jenis penyakit ginjal pada manusia dan ciri-cirinya. Semoga bermanfaat bagi pembaca serta dapat dijadikan sebuah referensi informasi yang dapat membantu pembaca dalam mengetahui apa saja penyakit yang ada pada ginjal manusia, berbagai penyakit ginjal yang dapat terjadi pada manusia, apa saja penyebab penyakit pada ginjal, ciri-ciri penyakit pada ginjal serta cara mengatasi penyakit ginjal.
Loading...
Loading...