Loading...

#4 Bentuk Peninggalan Bercorak Buddha

Loading...
Bentuk peninggalan bercorak buddha adalah pokok pembahasan materi pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Bentuk-bentuk peninggalan yang bercorak buddha di Indonesia sangatlah beragam, misalnya adalah seperti candi, prasasti, patung, karya sastra dan tradisi.

Peninggalan-peninggalan bersejarah itulah yang kemudian akan memberikan pembelajaran dan berbagai bukti-bukti kepada manusia dimasa sekarang dan yang akan datang bahwa sejarah bentuk peninggalan kebudayaan yang bercorak buddha di Indonesia ada yang berbentuk candi, patung, ada juga yang berbentuk prasasti, karya sastra dan juga tradisi.

Bentuk peninggalan sejarah bercorak budha

Apa saja bentuk dan sejarah peninggalan bercorak buddha dapat kalian ketahui dan pelajari satu persatu seperti yang akan diuraikan dibawah ini lengkap dengan peninggalan kerajaan bercorak budha dan contohnya masing-masing yang diantaranya adalah sebagai berikut.

#4 Bentuk Peninggalan Bercorak Buddha
Bentuk Peninggalan Bercorak Buddha

Candi

Candi-candi peninggalan yang bercorak buddha umumnya hanya berfungsi sebagai tempat pemujaan bagi raja dan dalam candi-candi ini biasanya terdapat patung buddha. Adapun contoh candi-candi di Indonesia yang bercorak buddha adalah antara lain diantaranya sebagai berikut dibawah ini :

1. Candi Borobudur.
2. Candi Kalasan.
3. Candi Mendut.
4. Candi Pawon.
5. Candi Muara Takus.

Peninggalan candi-candi bercorak buddha tersebut umumnya terdiri atas tiga tingkatan yakni diantaranya adalah bagian dasar, tengah dan bawah. Bagian dasar disebut dengan Kamadatu, bagian tengah disebut dengan Rupadatu dan bagian bawah disebut dengan Arupadatu.

Adapun pada dinding-dinding candi bercorak buddha ini terdapat pula relief yang menggambarkan perbuatan manusia serta hukumannya, dengan kata lain riwayat Buddha Gautama sejak lahir hingga mencapai letak kesempurnaannya. Contohnya adalah relief pada Candi Borobudur yang disebut Lalitauistara (cerita dari relief ini adalah kisah tentang kehidupan Buddha hingga mencapai kesempurnaan).

Patung dan Karya Sastra

Pada umumnya patung peninggalan kerajaan bercorak buddha adalah lambang Buddha (Dhyani-Buddha Manusia-Buddha dan Dhyani-Bhodisatwa). Selain itu, adapula contoh lain dari patung yang bercorak buddha di Indonesia yakni diantaranya seperti Arca Buddha di daerah Jember dan Sulawesi, Arca Dhyani Buddha Warrocona, Amoghashidhi, Oksabaya dan Ratna Sambawa.

Sementara hasil peninggalan Buddha umumnya hanya membicarakan masalah tentang keagamaan (Sanga Hyang Kamahanikan). Itulah contoh-contoh karya sastra dan patung peninggalan kerajaan yang bercorak buddha di Indonesia.

Tradisi

Tradisi agama yang telah dipengaruhi oleh agama buddha tentu hampir sama dengan pengaruh agama Hindu, yakni ajaran agama Buddha. Perlu diketahui bahwa ajaran dari agama Buddha digambarkan pada sebuah bangunan candi yang terdiri dari tingkatan-tingkatan. Tingkatan itu masing masing melambangkan jenjang kehidupan yang harus dilalui oleh manusia untuk mencapai nirwana.

Kamadatu melambangkan kehidupan manusia didunia selain itu adapula sebutan arupadatu yang melambangkan manusia sudah mencapai nirwana atau melambangkan kehidupan yang selamat sentosa. Tingkatan arupadatu ini merupakan tingkatan bagi para dewa.

Baca juga :

Demikian pembahasan mengenai 4 bentuk peninggalan bercorak buddha. Semoga penjelasan diatas tentang peninggalan sejarah bercorak budha bermanfaat dan dapat menjadi referensi kalian dalam menghetahui berbagai macam bentuk-bentuk peninggalan yang bercorak buddha yang ada di Indonesia.
Loading...
Loading...