Loading...

5 Soal Dan Jawaban Tentang Kerajaan Di Indonesia

Loading...
5 Soal dan jawaban tentang kerajaan-kerajaan di Indonesia akan dibahas dengan lengkap pada contoh soal pelajaran sejarah sebagai berikut dibawah ini. Pada contoh soal-soal sejarah dibawah ini, akan diuraikan dan dibahas lengkap beserta dengan jawabannya masing-masing yang meliputi letak geografis kerajaan kutai, prasasti-prasasti yang menerangkan tentang kerajaan Tarumanegara, penyebab kerajaan majapahit runtuh, bagaimana kondisi sosial politik dan nama raja yang pernah memerintah kerajaan Padjajaran dan apa yang dimaksud dengan yupa.

Sehingga dengan demikian, berbagai contoh soal yang sudah dilengkapi dengan jawabannya ini dapat membantu bagi kalian yang kesulitan didalam mencari kunci jawaban soal materi pelajaran sejarah tentang kerajaan-kerajaan Nusantara seperti yang telah disebutkan diatas. Semoga uraian dibawah ini bermanfaat untuk kita semua dalam meraih kesuksesan dalam belajar.

#5 Soal dan jawaban materi pelajaran sejarah mengenai kerajaan-kerajaan di Indonesia

Dibawah ini akan disebutkan beberapa soal materi sejarah tentang letak geografis dari kerajaan kutai, apa saja prasasti yang menjelaskan tentang kerajaan Tarumanegara, apa yang menjadi faktor penyebab kerajaan majapahit runtuh, kondisi sosial politik kerajaan Padjajaran dan apa itu yupa lengkap dengan kunci jawabannya yang diantaranya adalah seperti berikut ini.

5 Soal Dan Jawaban Tentang Kerajaan Di Indonesia
5 Soal Dan Jawaban Tentang Kerajaan Di Indonesia

1. Jelaskan letak geografis kerajaan kutai !
Jawabannya adalah letak geografis kerajaan kutai adalah terletak di provinsi Kalimantan Timur tepatnya di kecamatan Muara Kaman, letaknya berada ditepi Sungai Mahakam dekat dengan kota/kabupaten Kutai Kartanegara (Tenggarong), dimana letak tersebut merupakan dijalur perdangan antara China dan India.

2. Sebutkan prasasti-prasasti yang menerangkan tentang kerajaan Tarumanegara !
Jawabannya adalah prasasti-prasasti yang menerangkan tentang kerajaan Tarumanegara yakni diantaranya adalah antara lain sebagai berikut.

a. Prasasti Ciarateun.
b. Prasasti Jambu.
c. Prasasti Kebon Kopi.
d. Prasasti Muara Cianten.
e. Prasasti Pasir Awi.
f. Prasasti Cidanghiyang.
g. Prasasti Tugu.

3. Jelaskan penyebab kerajaan majapahit runtuh !
Jawabannya adalah apakah penyebab kerajaan majapahit runtuh yakni diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini.

a. Tidak adanya regenerasi (penerus)
Pada saat gajah mada menjadi patih amangkubumi, beliau memegang kekuasaan atau jabatan yang penting, sehingga ketika gajah mada wafat maka tidak ada lagi penerus yang dapat menggantikan peran penting dari gajah mada.
b. Wafatnya hayam wuruk dan gajah mada.
c. Terjadinya konflik saudara (paregreg).
d. Kelemahan pemerintahan pusat.
e. Masuk dan berkembangnya Islam (agama islam).
f. Daerah-daerah kekuasaan majapahit mulai melepaskan diri.

4. Bagaimana kondisi sosial politik dan nama raja yang pernah memerintah kerajaan Padjajaran ?
Jawabannya adalah bagaimana kondisi sosial politik kerajaan pajajaran dan nama raja yang pernah memerintah kerajaan pajajaran yakni kerajaan Pajajaran terletak di provinsi Jawa Barat yang berkembang pada abad ke 8 hingga abad ke 16. Adapun raja yang pernah memerintah pada kerajaan Pajajaran yakni diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Sri Baduga Maharaja Sarawista.
b. Ratu Sakti.
c. Ratu Milakendra.
d. Raga Mulya.
e. Rahyang Riskata Wastu Kencana.
f. Rahyang Dewa Niskala.
g. Sri Baduga Maharaja.
h. Hyang Wuni Sora.
i. Ratu Santah.
j. Prabu.
k. Ratu Dewata.

5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan yupa !
Jawabannya adalah yupa merupakan sebuah tugu atau monumen dari batu yang dibuat oleh kaum brahmana guna mengenang kemuliaan Raja Mulawarman tentang persembahan sapi kepada brahmana.

Demikian contoh soal dan jawaban tentang letak geografis kerajaan kutai, prasasti yang menjelaskan tentang kerajaan Tarumanegara, faktor penyebab kerajaan majapahit runtuh, bagaimana kondisi sosial politik serta nama raja yang pernah memerintah kerajaan Padjajaran dan apa itu yang dimaksud dengan yupa. Semoga bisa menjadi solusi bagi kalian yang sulit didalam mencari kunci jawaban soal materi pelajaran sejarah tentang kerajaan-kerajaan di Indonesia.
Loading...
Loading...