Loading...

5 Soal Dan Jawaban Tentang Hindu Budha Di Indonesia

Loading...
5 Soal dan jawaban tentang hindu budha di Indonesia akan dibahas dengan lengkap pada contoh soal pelajaran sejarah sebagai berikut dibawah ini. Pada contoh soal-soal sejarah dibawah ini, akan diuraikan dan dibahas lengkap beserta dengan jawabannya masing-masing yang meliputi apakah latar belakang masuknya agama hindu budha ke Indonesia, saluran penyebaran agama hindu budha di Indonesia, teori masuknya agama hindu dan budha di Indonesia, apa yang dimaksud dengan sinkretisme dan juga akan disebutkan 4 kitab suci umat hindu.

Sehingga dengan demikian, berbagai contoh soal yang sudah dilengkapi dengan jawabannya ini dapat membantu bagi kalian yang kesulitan didalam mencari kunci jawaban soal materi pelajaran sejarah tentang hindu budha seperti yang telah disebutkan diatas. Semoga uraian dibawah ini bermanfaat untuk kita semua dalam meraih kesuksesan dalam belajar.

#5 Soal dan jawaban materi pelajaran sejarah mengenai masuknya hindu budha di Indonesia

Dibawah ini akan disebutkan beberapa soal materi sejarah tentang apakah latar belakang masuknya agama hindu budha ke Indonesia, saluran penyebaran agama hindu budha, teori masuknya agama hindu dan budha, apa yang dimaksud dengan sinkretisme dan sebutkan empat kitab suci umat hindu lengkap dengan kunci jawabannya yang diantaranya adalah seperti berikut ini.

5 Soal Dan Jawaban Tentang Hindu Budha Di Indonesia
5 Soal Dan Jawaban Tentang Hindu Budha Di Indonesia

1. Apa latar belakang masuknya agama hindu budha ke Indonesia ?
Jawabannya adalah latar belakang masuknya agama hindu budha ke Indonesia yakni diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini :

a. Pendapat para pedagang
Para pedagang dari India tinggal dan menetap di Indonesia dengan kurun waktu selama enam bulan untuk menunggu angin muson dan pada saat menetap itulah mereka sambil menyebarkan agama sebelum mereka pulang kembali ke India.
b. Pendapat Dharmaduta
- Dharmaduta adalah orang-orang yang bertugas menyebarkan agama budha.
- Golongan ini mempunyai keahlian dan pengalaman khusus di dalam bidang keagamaan.

2. Sebutkan saluran penyebaran agama hindu budha di Indonesia !
Jawabannya adalah saluran penyebaran agama hindu budha di Indonesia yakni diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini :

a. Penyebaran melalui brahmana yang datang ke Indonesia.
b. Penyebaran melalui para raja yang berkunjung di Indonesia.
c. Penyebaran melalui pedagang yang singgah di Indonesia.
d. Penyebaran melalui masyarakat Indonesia yang berdagang dan belajar di India.

3. Sebutkan empat teori masuknya agama hindu dan budha di Indonesia !
Jawabannya adalah empat teori masuknya agama hindu dan budha ke Indonesia yakni diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini :

a. Teori ksatria
Teori ksatria adalah sebuah teori yang menyatakan bahwa agama hindu budha merupakan agama yang di bawa oleh kaum ksatria yang mana mereka melakukan ekspedisi militer ke Indonesia.

b. Teori waisya
Teori waisya adalah sebuah teori yang menyatakan bahwa agama hindu budha merupakan agama yang di bawa oleh pedagang dari India ke Indonesia.

c. Teori brahmana
Teori brahmana adalah sebuah teori yang menyatakan bahwa agama hindu budha merupakan agama yang di bawa oleh kaum brahmana.

d. Teori arus balik
Teori arus balik adalah sebuah teori yang menyatakan bahwa agama hindu budha merupakan agama yang di bawa oleh orang Indonesia yang balik dari India untuk menyebarkan agama hindu budha ke Indonesia.

4. Apa yang dimaksud dengan sinkretisme ?
Jawabannya yaitu sinkretisme adalah suatu proses perpaduan atau gabungan dari beberapa paham-paham atau berbagai aliran-aliran suatau agama, keyakinan atau kepercayaan.

5. Sebutkan 4 kitab suci umat hindu !
Jawabannya yaitu empat kitab suci umat hindu adalah diantaranya yakni sebagai berikut dibawah ini :

1. Rigweda.
2. Yajurweda.
3. Samaweda.
4. Atharwaweda.

Demikian contoh soal dan jawaban tentang apakah latar belakang masuknya agama hindu budha ke Indonesia, saluran penyebaran agama hindu budha di Indonesia, teori masuknya agama hindu dan budha di Indonesia, apa yang dimaksud dengan sinkretisme dan juga akan disebutkan 4 kitab suci umat hindu. Semoga bisa menjadi solusi bagi kalian yang sulit didalam mencari kunci jawaban soal materi pelajaran sejarah tentang hindu budha di Indonesia.
Loading...
Loading...