Loading...

5 Soal Dan Jawaban Tentang Masuknya Agama Islam Di Indonesia

Loading...
5 Soal dan jawaban tentang masuknya agama Islam di Indonesia akan dibahas dengan lengkap pada contoh soal pelajaran sejarah sebagai berikut dibawah ini. Pada contoh soal-soal sejarah dibawah ini, akan diuraikan dan dibahas lengkap beserta dengan jawabannya masing-masing yang meliputi jelaskan secara ringkas tiga teori mengenal proses masuknya agama Islam ke Indonesia, sebutkan dan jelaskan 2 bukti yang mendukung teori Gujarat, jelaskan latar belakang masuknya Islam (Agama Islam) ke Indonesia, apa yang dimaksud dengan tasawuf dan sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan Islam dapat diterima di Indonesia.

Sehingga dengan demikian, berbagai contoh soal yang sudah dilengkapi dengan jawabannya ini dapat membantu bagi kalian yang kesulitan didalam mencari kunci jawaban soal materi pelajaran sejarah tentang proses masuknya agama Islam di Indonesia seperti yang telah disebutkan diatas. Semoga uraian dibawah ini bermanfaat untuk kita semua dalam meraih kesuksesan dalam belajar.

#5 Soal dan jawaban materi pelajaran sejarah mengenai proses masuknya agama Islam di Indonesia

Dibawah ini akan disebutkan beberapa soal materi sejarah tentang tiga teori mengenal proses masuknya agama Islam ke Indonesia, dua bukti yang mendukung teori Gujarat, latar belakang masuknya Islam (Agama Islam) ke Indonesia, apa itu tasawuf dan faktor-faktor yang menyebabkan Islam dapat diterima di Indonesia lengkap dengan kunci jawabannya yang diantaranya adalah seperti berikut ini.

5 Soal Dan Jawaban Tentang Masuknya Agama Islam Di Indonesia
5 Soal Dan Jawaban Tentang Masuknya Agama Islam Di Indonesia

1. Jelaskan secara ringkas tiga teori mengenal proses masuknya agama Islam ke Indonesia !
Jawabannya adalah tiga teori mengenal proses masuknya agama Islam ke Indonesia yakni diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini.

a. Teori Gujarat
Menurut teori ini, agama Islam masuk ke Indonesia pada abad yang ke-13 yang didukung oleh Sriouck Hurgronje, W.F Suttherhum dan B.H.M Viekke.
b. Teori Mekkah
Menurut teori ini, agama Islam dibawa langsung oleh pedagang Arab yang didukung oleh Buya Hamka dan J.C Van Leur.
c. Teori Persia
Menurut teori ini, agama Islam dibawa masuk oleh orang-orang Persia pada sekitar abad yang ke-13 yang didukung oleh Hoeseln Djajaningrat.

2. Sebutkan dan jelaskan 2 bukti yang mendukung teori Gujarat !
Jawabannya adalah dua (2) bukti yang mendukung teori Gujarat yakni diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini.

a. Batu nisan Sultan Malik Al-Saleh dan Sultan Samudra Pasai (wafat tahun 1297) yang bercorak Gujarat.
b. Tulisan dari Marco Polo yang merupakan seorang pedagang yang berasal dari Venesia yang pernah singgah di Periak pada tahun 1292 M, beliau bertemu dengan orang-orang yang telah menganut agama Islam di wilayah tersebut.

3. Jelaskan latar belakang masuknya Islam (Agama Islam) ke Indonesia !
Jawabannya adalah latar belakang masuknya agama Islam ke Indonesia yakni diantaranya adalah terbagi menjadi dua sebab sebagai berikut dibawah ini.

a. Sebab umum
- Para kaum pedagang memegang peranan yang penting didalam persebaran agama dan kebudayaan Islam.
- Letak posisi Indonesia yang sangat strategis menyebabkan timbulnya pangkalan perdagangan yang turut serta membantu didalam mempercepat persebaran agama.

b. Sebab khusus
- Terjadinya pembauran (pencampuran) antara para pedagang dari berbagai bangsa dan juga pembauran antara para pedagang dengan para penduduk setempat.
- Dengan adanya pembauran tersebut, kemudian terjadilah aktifitas saling memperkenalkan dan memberitahu tentang adat istiadatnya, budaya bahkan agama yang di anut.
- Tidak hanya kegiatan perdagangan, akan tetapi juga terjadinya asimilasi (pembauran dan kebudayaan) melalui pernikahan.

4. Apa yang dimaksud dengan tasawuf ?
Jawabannya adalah apa yang dimaksud dengan tasawuf yakni tasawuf merupakan suatu ajaran mengenai ketuhanan yang sudah bercampur dengan hal-hal yang mistik atau dengan kata lain berkaitan dengan hal-hal yang sifatnya magis.

5. Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan Islam dapat diterima di Indonesia !
Jawabannya adalah yang menjadi faktor utama penyebab agama Islam bisa diterima di Indonesia yakni diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini.

a. Penyebaran agama Islam disebarkan dengan cara jalan damai.
b. Didalam agama Islam, tidak ada sistem kasta.
c. Didalam agama Islam, upacara ritual cukup sederhana.
d. Syarat seseorang jika ingin masuk agama Islam amat mudah, cukup dengan mengucapkan kalimat syahadat yang dibantu oleh tokoh agama.
e. Penyebaran agama Islam menyesuaikan berdasarkan kondisi sosial budaya yang sudah ada di masyarakat.
f. Mundurnya kerajaan besar yakni seperti Sriwijaya dan Majapahit.

Demikian contoh soal dan jawaban tentang tiga teori proses masuknya agama Islam ke Indonesia, dua bukti yang mendukung teori Gujarat, latar belakang masuknya agama Islam ke Indonesia, apa itu yang dimaksud dengan tasawuf dan faktor penyebab agama Islam dapat diterima di Indonesia. Semoga bisa menjadi solusi bagi kalian yang sulit didalam mencari kunci jawaban soal materi pelajaran sejarah tentang masuknya agama Islam di Indonesia.
Loading...
Loading...