Loading...

5 Soal Dan Jawaban Tentang Peran Wali Songo Dalam Penyebaran Agama Islam Di Nusantara

Loading...
5 Soal dan jawaban tentang peran Wali Songo dalam penyebaran agama Islam di Nusantara akan dibahas dengan lengkap pada contoh soal pelajaran sejarah sebagai berikut dibawah ini. Pada contoh soal-soal sejarah dibawah ini, akan diuraikan dan dibahas lengkap beserta dengan jawabannya masing-masing yang meliputi sebutkan nama-nama Wali Songo, jelaskan peran Wali Songo dalam proses Islamisasi, sebutkan pesantren-pesantren yang diartikan para Wali Songo, sebutkan dan jelaskan pengaruh Islam ke Indonesia serta jelaskan secara ringkas bagaimana perkembangan islam di Maluku.

Sehingga dengan demikian, berbagai contoh soal yang sudah dilengkapi dengan jawabannya ini dapat membantu bagi kalian yang kesulitan didalam mencari kunci jawaban soal materi pelajaran sejarah tentang peran Wali Songo dalam penyebaran agama Islam di Indonesia seperti yang telah disebutkan diatas. Semoga uraian dibawah ini bermanfaat untuk kita semua dalam meraih kesuksesan dalam belajar.

#5 Soal dan jawaban materi pelajaran sejarah mengenai peran Wali Songo dalam penyebaran agama Islam di Indonesia

Dibawah ini akan disebutkan beberapa soal materi sejarah tentang nama-nama Wali Songo, peran Wali Songo dalam proses Islamisasi, pesantren-pesantren yang diartikan para Wali Songo, pengaruh Islam ke Indonesia serta perkembangan agama islam di Maluku lengkap dengan kunci jawabannya yang diantaranya adalah seperti berikut ini.

5 Soal Dan Jawaban Tentang Peran Wali Songo Dalam Penyebaran Agama Islam Di Nusantara
5 Soal Dan Jawaban Tentang Peran Wali Songo Dalam Penyebaran Agama Islam Di Nusantara

1. Sebutkan nama-nama Wali Songo !
Jawabannya adalah nama-nama Wali Songo atau wali sembilan yakni diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini.

a. Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik).
b. Raden Saleh (Sunan Ampel).
c. Raden Paku (Sunan Giri).
d. Raden Said (Sunan Kalijaga).
e. Raden Ja’far Shadiq (Sunan Kudus).
f. Raden Umar Said (Sunan Muria).
g. Raden Maulana Makdum Ibrahim (Sunan Bonang).
h. Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati).
i. Maunat Syarifuddin (Sunan Drajat).

2. Jelaskan peran Wali Songo dalam proses Islamisasi !
Jawabannya adalah peran Wali Songo dalam proses Islamisasi yakni masing-masing diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini.

a. Sunan Gresik
Maulana Malik Ibrahim adalah seorang tokoh yang berasal dari Arab, beliau datang ke pulau Jawa pada tahun 1404 M dan dengan kurun waktu selama kurang lebih sekitar 20 tahun, beliau berhasil mencetak kader dakwah di wilayah Gresik.

b. Sunan Ampel
Sunan Ampel adalah seorang tokoh yang membangun dan mendirikan sebuah pondok pesantren ampel yang letaknya dekat dengan Surabaya dan beliau dianggap sebagai seorang penerus dari Sunan Gresik.

c. Sunan Giri
Raden Paku adalah seorang tokoh yang kegiatan dakwah Islamnya menitik beratkan dan fokus pada bidang pendidikan.

d. Sunan Kali jaga
Raden Said adalah seorang tokoh yang kegiatan dakwah Islamnya berfokus pada penggabungan penyebaran Islam dengan model kebudayaan yang mampu untuk bisa beradaptasi dengan nilai-nilai lokal setempat. Dengan demikian berdasarkan kearifan lokal tersebutlah terjadinya pembuatan bangunan Masjid Agung Demak, kesenian wayang yang bernuansa Islami dan juga lagu atau tembang ilir-ilir.

e. Sunan Kudus
Raden Ja’far Shadiq adalah seorang tokoh yang menguasai dan ahli dalam berbagai ilmu Tauhid, ilmu Fiqih dan ilmu agama Islam yang lainnya. Beliau mendapat kepercayaan oleh kesultanan Demak dan ditunjuk untuk menjabat sebagai hakim tinggi serta sebagai panglima militer.

f. Sunan Muria
Raden Umar Said adalah seorang tokoh yang juga guru tasawuf, beliau dikenal pendiam namun fatwanya sangat tajam dan beliau tinggal ditempat yang jauh dari keramaian, terpencil dan juga sunyi.

g. Sunan Bonang
Raden Maulana Makdum Ibrahim adalah seorang tokoh seniman yang menciptakan geneling Jawa, Bonang dan juga Durma. Beliau lahir pada tahun 1465 M dan wafat pada tahun 1525 M.

h. Sunan Gunung Jati
Syarif Hidayatullah adalah seorang tokoh yang kegiatan dakwah Islamnya mengutamakan pengembangan agama Islam dengan cara mendirikan masjid-masjid yang ada di seluruh wilayah Cirebon dan juga menggunakan metode pendekatan sosial budaya daerah setempat sehingga sangat mudah diterima oleh masyarakat.

i. Sunan Drajat
Maunat Syarifuddin adalah seorang tokoh yang menyebar luaskan agama Islam di daerah wilayah Jawa Timur, beliau dikenal sangat bejiwa sosial. Hal tersebut karena beliau sangat peduli terhadap kaum miskin dan duafa, adapun karyanya beliau menciptakan gending Jawa dan pangkur.

3. Sebutkan pesantren-pesantren yang diartikan para Wali Songo !
Jawabannya adalah pesantren-pesantren yang diartikan para Wali Songo yakni diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini.
a. Pesantren Ampel Dima (Surabaya).
b. Pesantren Sunan Giri (Surabaya).

4. Sebutkan dan jelaskan pengaruh Islam ke Indonesia !
Jawabannya adalah pengaruh agama Islam ke Indonesia yakni dikelompokkan menjadi beberapa bagian yang diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini.

a. Seni budaya
Pengaruh agama Islam masuk ke Indonesia dilihat dari segi seni budaya yang diantaranya adalah seperti bangunan-bangunan masjid, seni-seni ukir dan juga seni-seni lukis tradisional yang dilihat pada bangunan masjid kuno dan keraton.

b. Filsafat dan ajaran agama Islam
Pengaruh agama Islam masuk ke Indonesia dilihat dari segi filsafat dan ajaran agama Islam yang diantaranya adalah seperti terususun ilmu yang menguraikan dan menjelaskan tentang macam-macam peraturan dan hukum untuk menetapkan kewajiban-kewajiban masyarakat beragama Islam kepada Tuhan, Ilmu Tasawuf dan juga ajaran agama Islam yang lainnya.

c. Sistem pemerintahan
Pengaruh agama Islam masuk ke Indonesia dilihat dari segi sistem pemerintahan yang diantaranya adalah seperti Raja yang digantikan dengan Sultan dan juga sistem kedudukan Raja yang tidak lagi bersifat turun temurun, namun lebih kearah bersikap demokratis.

d. Sistem kalender
Pengaruh agama Islam masuk ke Indonesia dilihat dari segi sistem kalender yang diantaranya adalah seperti lebih mengenal dan sebagian menggunakan sistem kalender hijrah (Hijriyah).

5. Jelaskan secara ringkas bagaimana perkembangan islam di Maluku !
Jawabannya adalah bagaimana perkembangan islam di Maluku yakni diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini.

Perkembangan dan persebaran agama Islam di Maluku awal mula terjadi pada abad ke-14 M dimana terjadinya kegiatan perdagangan di jalur Malaka-Maluku. Adapun raja ternate yang ke-12 yang bernama Malomatliya (1.350 M, 1.357 M) dikenal bersahabat sangat baik dengan para pedagang dari Arab dan sultan ternate yang pertama kali dianggap memeluk agama Islam adalah Zainal Abidin (1455 M - 1468 M). Sultan Zainal Abidin banyak memperoleh dan mendapatkan ajaran ilmu agama Islam dari madrasah Giri yang ada di Jawa.

Demikian contoh soal dan jawaban tentang siapa saja nama-nama Wali Songo, bagaimana peran Wali Songo dalam proses penyebaran agama Islam, apa saja pesantren-pesantren yang diartikan oleh para Wali Songo, bagaimana pengaruh Islam ke Indonesia dan bagaimana perkembangan agama Islam di wilayah Maluku. Semoga bisa menjadi solusi bagi kalian yang sulit didalam mencari kunci jawaban soal materi pelajaran sejarah tentang peran Wali Songo dalam penyebaran agama Islam di Indonesia.
Loading...
Loading...