Loading...

Pengertian Norma Sosial, Ciri-Ciri Dan Fungsinya

Pengertian norma sosial, ciri-ciri dan fungsinya adalah pembahasan utama materi pelajaran sosiologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Apabila berbicara mengenai norma, maka erat kaitannya dengan berbagai aturan atau ketentuan yang sifatnya terikat, sedangkan sosial pastinya berhubungan dengan masyarakat atau orang-orang yang saling berinteraksi dan saling membutuhkan.

Norma sosial merupakan aturan-aturan atau ketentuan yang ada pada suatu masyarakat yang menjadi tolak ukur untuk menilai sesuatu, sehingga masyarakat harus mentaati aturan itu. Pada pembahasan yang akan dijabarkan seputar norma sosial berikut ini, akan dijelaskan beberapa point penting yang diantaranya adalah apa yang dimaksud dengan norma sosial, pengertian norma sosial, definisi norma sosial, arti norma sosial, makna norma sosial dan konsep norma sosial serta ciri-ciri norma sosial, fungsi dan tujuan norma sosial dalam masyarakat.

Pengertian norma sosial

Norma sosial adalah berbagai aturan-aturan atau ketentuan-ketentuan yang berlaku didalam suatu masyarakat yang bersifat mengikat, dijadikan sebagai panduan, tatanan dan juga menjadi sebagai dasar tolak ukur untuk menilai sesuatu dan setiap warga masyarakat harus mentaati aturan-aturan dan ketentuan tersebut.

Pengertian Norma Sosial, Ciri-Ciri Dan Fungsinya
Norma Sosial

Sehingga dengan adanya norma sosial, maka hal tersebut sifatnya memaksa individu supaya bertindak yang sesuai dengan aturan masyarakat.

Didalam norma sosial, norma tidak boleh dilanggar oleh siapa pun dan bagi siapapun yang telah melanggar norma tersebut, maka akan diberikan hukuman bagi mereka yang melanggarnya. Oleh karena itu norma benar-benar harus ditaati dan sifatnya wajib tanpa mengenal siapapun dan pastinya sudah ada konsekuensinya jika melanggar.

Norma dalam sosiologi adalah kaidah dan aturan yang sifatnya menyeluruh yang penerapannya melalui lingkungan sosial. Adapun sanksi dari norma berbeda dari budaya maupun adat, sehingga ada ataupun tidaknya norma diperkirakan memiliki efek serta pengaruh oleh bagaimana seorang atau individu berperilaku. Norma pastinya akan terus berkembang seiring berjalannya waktu dengan kesepakatan-kesepakatan sosial pada suatu masyarakat.

Ciri-ciri norma sosial

Dibawah ini merupakan berbagai ciri-ciri norma sosial yakni diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Umumnya tidak tertulis
Biasanya norma sosial hanya dapat diingat dan diserap melalui hubungan antara anggota kelompok masyarakat yang terkait.
2. Hasil kesepakatan masyarakat
Hal ini berarti bahwa seluruh komponen masyarakat telah setuju atas peraturan yang telah dibuat secara bersama-sama untuk mengarahkan perbuatan setiap anggota kelompok.
3. Warga masyarakat sebagai pendukung saat menaatinya.
4. Apabila norma dilanggar, maka yang melanggar harus mnghadapi sanksinya. Sanksi akan diberikan kepada siapa saja yang melanggar norma serta tidak memandang tingkatan apapun.
5. Norma sosial terkadang bisa menyesuaikan perubahan sosial sehingga norma sosial dapat mengalami perubahan, biasanya perubahan tersebut terjadi seiring dengan perubahan kebutuhan serta kemauan masyarakat yang bersangkutan.

Fungsi norma sosial

Norma sosial termasuk sangatlah penting bagi roda kehidupan manusia, hal tersebut dikarenakan dapat dijadikan sebagai pedoman bagi masyarakat yang luas. Tujuan norma sosial memiliki berbagai fungsi yang diantaranya yakni :

1. Sebagai pedoman dalam masyarakat.
2. Sebagai alat untuk menstabilkan kehidupan sosial dan juga sebagai kontrol sosial dalam masyarakat.

Sehingga dengan adanya norma sosial yang telah diterapkan, maka kita akan menjadi lebih berhati-hati lagi didalam bertindak dalam hal apapun dan dimanapun. Hal itu dikarenakan agar tidak ada lagi penyimpangan-penyimpangan sosial yang terjadi dalam suatu kehidupan bermasyarakat dan mengatur pola tingkah laku kita supaya tidak menyimpang kearah yang tidak baik, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Demikian pembahasan mengenai pengertian norma sosial, ciri-ciri dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi informasi didalam mengetahui apa itu norma sosial, pengertian norma sosial, ciri-ciri norma sosial beserta fungsi norma sosial.