Loading...

5 Soal Dan Jawaban Tentang Peninggalan Manusia Purba Dan Kebudayaannya

5 Soal dan jawaban tentang peninggalan manusia purba dan kebudayaannya akan dibahas dengan lengkap pada contoh soal pelajaran sejarah sebagai berikut dibawah ini. Pada contoh soal-soal sejarah dibawah ini, akan diuraikan dan dibahas lengkap beserta dengan jawabannya masing-masing yang meliputi hasil-hasil budaya pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, corak kehidupan sosial-ekonomi manusia purba pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut, 2 jalur migrasi bangsa melayu Austronesia, bentuk kepercayaan manusia purba pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut dan jenis-jenis kubur batu pada masa bercocok tanam tingkat lanjut.

Sehingga dengan demikian, berbagai contoh soal yang sudah dilengkapi dengan jawabannya ini dapat membantu bagi kalian yang kesulitan didalam mencari kunci jawaban soal materi pelajaran sejarah tentang peninggalan manusia purba dan kebudayaannya seperti yang telah disebutkan diatas. Semoga uraian dibawah ini bermanfaat untuk kita semua dalam meraih kesuksesan dalam belajar.

#5 Soal dan jawaban materi pelajaran sejarah mengenai peninggalan manusia purba dan kebudayaannya

Dibawah ini akan disebutkan beberapa soal materi sejarah tentang hasil-hasil budaya pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, corak kehidupan sosial-ekonomi manusia purba, 2 jalur migrasi bangsa melayu Austronesia, bentuk kepercayaan manusia purba dan jenis-jenis kubur batu pada masa bercocok tanam tingkat lanjut lengkap dengan kunci jawabannya yang diantaranya adalah seperti berikut ini.

5 Soal Dan Jawaban Tentang Peninggalan Manusia Purba Dan Kebudayaannya
Soal Dan Jawaban Tentang Peninggalan Manusia Purba Dan Kebudayaannya

1. Sebutkan dan jelaskan hasil-hasil budaya pada masa berburu dan mengumpulkan makanan !
Jawabannya adalah hasil-hasil budaya pada masa berburu dan mengumpulkan makanan diantarannya adalah seperti berikut ini :

a. Kapak perimbas
Kapak perimbas ditemukan di wilayah Pakistan, China, Thailand, Myanmar, Malaysia, Filipina dan Vietnam yang diduga merupakan hasil kebudayaan dari pithecanthropus erectus dengan ciri-ciri tidak memiliki tangkai dan digunakan dengan cara digenggam.

b. Kapak penetak
Kapak penetak ditemukan hampir diseluruh wilayah Indonesia, fungsinya adalah untuk membelah kayu, pohon, jambu dan lainnya yang mana ciri bentuknya hampir sama dengan jenis kapak perimbas, akan tetapi lebih kecil dan juga masih kasar.

c. Kapak genggam
Kapak genggam ditemukan hampir diseluruh wilayah Indonesia, kapak ini berbentuk hampir sama dengan jenis kapak perimbas dan penetak, akan tetapi ukurannya lebih kecil, belum diasah dan juga masih sederhana, digenggam dan pada ujungnya lebih ramping.

d. Pahat genggam
Pahat genggam ukuran bentuknya lebih kecil dari pada jenis kapak genggam, pahat ini berfungsi untuk menggembuskan tanah dan juga mencari ubi-ubian untuk dikonsumsi.

e. Alat serpih (flake)
Alat serpih atau flake banyak ditemukan di goa-goa yang sudah pernah ditempati oleh manusia purba, jenis alat ini berbentuk sangat sederhana yang memiliki ukuran antara 10 hingga 20 cm. Alat serpih atau flake ini diduga digunakan sebagai pisau, gurdi serta untuk mengupas, memotong dan menggali tanah.

f. Alat-alat dari tulang
Alat-alat dari tulang ini banyak ditemukan di Ngandong yang merupakan tulang-belulang dari binatang buruan manusia purba yang dapat berfungsi sebagai pisau, belati dan lainnya.

2. Bagaimana corak kehidupan sosial-ekonomi manusia purba pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut ?
Jawabannya adalah bagaimana corak kehidupan sosial-ekonomi manusia purba pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut diantarannya adalah seperti berikut ini :

Masa ini disebut dengan masa perundagian, kata perundagian berasal dari kata undagi yang berarti adalah terampil. Mengapa dikatakan terampil, hal tersebut dikarenakan pada masa ini awal munculnya golongan undagi (golongan yang terampil) dalam melakukan suatu jenis usaha tertentu yang diantaranya adalah seperti :

a. Membuat alat-alat dari logam.
b. Membuat rumah kayu.
c. Membuat gerabah.
d. Membuat perhiasan.

Dalam artian secara khusus, golongan undagi atau golongan terampil ini mengacu kepada orang-orang yang sudah tergolong ahli didalam membuat alat-alat yang berasal dari logam.

Ciri kehidupan ekonomi
Ciri-ciri kehidupan ekonomi pada masa ini adalah antara lain sebagai berikut :
a. Cara memperoleh makanan masih bersifat food gathering (mengumpulkan makanan).
b. Kehidupan berburu dan juga meramu seiring dengan kemajuan dalam pembuatan alat berburu.

Ciri kehidupan sosial
Adapun ciri kehidupan sosial pada masa ini adalah antara lain manusia pada masa ini sudah mulai hidup secara semi sedentar dengan tinggal (menetap) digua-gua alam.

3. Pada masa bercocok tanam, datang bangsa melayu Austronesia ke Nusantara melalui 2 jalur. Jelaskan 2 jalur migrasi bangsa melayu Austronesia tersebut !
Jawabannya adalah dua jalur migrasi bangsa melayu Austronesia saat datang menuju Nusantara adalah diantaranya sebagai berikut :

a. Jalur utara dan timur
- Jalur ini melalui teluk tonkin menuju kearah Taiwan (formusa), Filipina, Sulawesi dan juga Maluku serta membawa kebudayaan kapak lonjong.
- Penyebaran periode Proto Melayu ini juga membawa kebudayaan batu baru atau neolithikum.

b. Jalur barat dan selatan
- Jalur ini melalui semenanjung Malaka, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara serta membawa kebudayaan kapak persegi.
- Penyebaran periode Deutro Melayu ini juga membawa kebudayaan logam.

4. Jelaskan bentuk kepercayaan manusia purba pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut !
Jawabannya adalah bentuk kepercayaan manusia purba pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut adalah diantaranya sebagai berikut :

a. Roh nenek moyang
Kepercayaan terhadap roh nenek moyang awalnya di perkirakan ada pada saat dimana masyarakat zaman Pra-aksara masih mengandalkan dan mengutamakan kehidupan berburu, mengumpulkan serta meramu makanan.

b. Animisme
Animisme adalah suatu tahap kelanjutan dari kepercayaan pada roh nenek moyang.
c. Dinamisme
Dinamisme adalah suatu kepercayaan bahwa segala sesuatunya memiliki kekuatan (tenaga) yang bisa mempengaruhi keberhasilan maupun kegagalan usaha manusia didalam mempertahankan dan menjalani kehidupan.

d. Totemisme
Totemisme adalah suatu kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci.
e. Monomisme
Monomisme adalah suatu kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa dan menjadi tingkat akhir didalam evolusi dari kepercayaan manusia.

5. Jelaskan jenis-jenis kubur batu pada masa bercocok tanam tingkat lanjut !
Jawabannya adalah jenis-jenis kubur batu pada masa bercocok tanam tingkat lanjut adalah diantaranya sebagai berikut :

a. Menhir
Menhir adalah sebuah tugu atau batu yang tegak yang memang secara sengaja ditempatkan pada suatu tempat guna memperingati orang yang sudah tidak ada di dunia.

b. Punden berundak
Punden berundak adalah sebuah bangunan yang tersusun secara bertingkat-tingkat, hal tersebut dimaksudkan guna melakukan pemujaan pada roh nenek moyang.

c. Kubur batu
Kubur batu adalah sebuah kubur atau makam yang bentuknya mirip dengan bangunan kuburan seperti yang sering dilihat saat ini, yang pada umumnya tersusun oleh batu yang terdiri dari dua sisi panjang dan dua sisi lebar.

d. Sarkofagus
Sarkofagus adalah sebuah kubur atau makam yang sejenis dengan kubur batu, namun mempunyai penutup diatasnya, adapun ukuran besar antar tempat dan penutup yakni sama.

e. Dolmen
Dolmen adalah sebuah bangunan megalitsik yang mempunyai berbagai bentuk dan fungsi, salah satunya adalah sebagai pelinggih roh atau tempat sesaji pada saat upacara berlangsung.

f. Area batu
Area batu banyak ditemukan diberbagai wilayah dan tempat di Indonesia yang diantaranya adalah seperti pasemah, Sumatera Selatan dan Sulawesi Tengah.

g. Waruga
Waruga adalah sebuah kubur batu yang tidak mempunyai penutup dan banyak ditemukan pada situs Gilimanuk, Bali.


Demikian contoh soal dan jawaban tentang hasil-hasil budaya pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, corak kehidupan sosial-ekonomi manusia purba, 2 jalur migrasi bangsa melayu Austronesia, bentuk kepercayaan manusia purba dan jenis-jenis kubur batu pada masa bercocok tanam tingkat lanjut. Semoga bisa menjadi solusi bagi kalian yang sulit didalam mencari kunci jawaban soal materi pelajaran sejarah tentang peninggalan manusia purba dan kebudayaannya.