Definisi, Ciri, Manfaat Model Pembelajaran Kooperatif

Definisi model pembelajaran kooperatif, ciri-ciri model pembelajaran kooperatif dan manfaat model pembelajaran kooperatif adalah tiga pokok pembahasan materi pelajaran psikologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Model Pembelajaran Kooperatif menurut para ahli didalam belajar pendidikan psikologi yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian model pembelajaran kooperatif.
2. Teori konsep model pembelajaran kooperatif.
3. Pengertian tujuan belajar.
4. Ciri-ciri model pembelajaran kooperatif.
5. Manfaat model pembelajaran kooperatif.

Pengertian model pembelajaran kooperatif

Pembelajaran kooperatif adalah salah satu metode atau model pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru. Dengan kata lain bahwa pembelajaran kooperatif yaitu suatu proses pengajaran yang mana para siswa diajarkan (kondisikan) untuk dapat bekerja kedalam kelompok-kelompok yang kecil dan kelompok tersebut bersifat heterogen serta dengan saling bantu-membantu antara siswa yang satu dengan siswa yang lain dalam mempelajari materi-materi pelajaran yang diberikan.
Definisi, Ciri, Manfaat Model Pembelajaran Kooperatif
Baca juga : Pengertian Belajar Dan Pembelajaran Menurut Ahli/Pakar
Adapun struktur kelompok yang terdapat pada metode pembelajaran kooperatif adalah heterogen. Kemudian pada kelompok heterogen tersebut bisa terdiri berdasarkan dari :

1. Campuran latar belakang kemampuan akademik.
2. Jenis kelamin.
3. Suku.
4. Ras.

Hal tersebut berguna supaya siswa bisa menerima perbedaan dan juga bisa bekerja sama pada teman yang berbeda latar belakang. Oleh karena itu, metode atau model pembelajaran kooperatif mempunyai banyak sekali kegunaan, baik itu manfaat untuk guru maupun manfaat untuk siswa.

Teori konsep model pembelajaran kooperatif

Berikut ini adalah teori konsep model pembelajaran kooperatif menurut beberapa para ahli yang dapat diuraikan dan dijelaskan sebagai berikut :

Pengertian model pembelajaran kooperatif menurut Hamdani (2011:30) yang menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif adalah rangkaian kegiatan belajar siswa dalam kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dirumuskan.

Kemudian definisi model pembelajaran kooperatif menurut Nurhadi (2004:112) mengatakan bahwa pembelajaran kooperatif adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar guna mencapai tujuan belajar.
Baca juga : Definisi Model Dan Pendekatan Pembelajaran Menurut Para Ahli/Pakar

Pengertian tujuan belajar

Tujuan belajar adalah suatu keadaan dimana keadaan tersebut menjadi sesuatu yang ingin diraih atau dicapai oleh satuan pendidikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tujuan belajar merupakan arah yang dituju atau arah yang di inginkan oleh satuan pendidikan. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai tujuan dari belajar, dapat kalian baca di bawah ini
Baca ini : Pengertian Tujuan Belajar Menurut Para Ahli

Ciri-ciri model pembelajaran kooperatif

Berikut ini adalah #5 ciri-ciri pembelajaran kooperatif menurut Isjoni (2009:62) yang dapat dijelaskan dan diuraikan sebagai berikut :

1. Setiap anggota memiliki peran.
2. Terjadi hubungan interaksi langsung diantara siswa.
3. Setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas cara belajarnya dan juga teman-teman sekelompoknya.
4. Guru membantu mengembangkan keterampilan-keterampilan personal kelompok.
5. Guru hanya berinteraksi dengan kelompok saat diperlukan.

Manfaat model pembelajaran kooperatif

Dibawah ini adalah #4 manfaat dari penerapan pembelajaran kooperatif menurut hasil penelitian Morgan, dkk (2005) yang dapat dijelaskan dan diuraikan sebagai berikut:

1. Siswa menjadi ikut aktif dalam penyelesaian masalah matematika.
2. Siswa lebih termotivasi untuk bekerjasama dalam kelompok daripada bersaing secara individu.
3. Siswa lebih mengutamakan rasa ingin tahu proses mencari jawaban yang benar daripada sekedar langsung mendapat jawaban yang benar.
4. Guru lebih menghargai kemampuan setiap siswa dengan melibatkan setiap siswa ke dalam diskusi kelompok.

Berdasarkan pengertian, teori konsep, definisi, tujuan, ciri-ciri dan manfaat model pembelajaran kooperatif oleh para ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa arti model pembelajaran kooperatif adalah suatu metode, model atau bentuk pembelajaran yang memfokuskan kepada proses atau kegiatan saling bekerja sama dalam melakukan kegiatan belajar dengan kelompok-kelompok kecil yang sifatnya heterogen supaya bisa mendapatkan kondisi belajar yang maksimal guna meraih tujuan belajar tersebut.

Demikian pembahasan mengenai definisi model pembelajaran kooperatif, ciri-ciri model pembelajaran kooperatif dan manfaat model pembelajaran kooperatif.

Daftar pustaka

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.
Morgan, Dkk. 2005.