Materi Belajar Permainan Bola Kasti Dan Metode Pembelajarannya

Permainan Bola Kasti Dan Metode Pembelajarannya - Halo sahabat MB dimanapun kalian berada, pembahasan kali ini akan saya angkat mengenai aktivitas permainan yang bersumber dari buku PJOK kelas IV terbitan Erlangga. Aktivitas permainan banyak sekali macamnya yang mana dapat menggunakan bola besar maupun bola kecil. Adapun permainan yang menggunakan bola adalah seperti kasti, tonis, bola basket, dan sepak bola. Selain itu aktivitas dari permainan juga dapat menggunakan cabang-cabang atletik. Lari santai dan lari sprint dapat dijadikan aktivitas permainan yang menarik dan menyenangkan.

Metode Pembelajaran Kasti

Permainan kasti merupakan salah satu permainan bola kecil. Permainan ini dimainkan oleh 2 regu, yakni regu pemukul dan regu penjaga. Regu pemukul berusaha mendapat nilai dengan memukul bola kemudian berlari mengeliingi lapangan. Sebaliknya, regu penjaga berusaha menangkap bola serta mematikan regu pemukul. Regu yang banyak mengumpulkan nilai akan menjadi pemenangnya. Permainan sederhana ini dapat dimainkan di lapangan yang tidak begitu luas.
Materi Belajar Permainan Bola Kasti Dan Metode Pembelajarannya

Alat dan lapangan permainan bola kasti

Alat yang dibutuhkan dalam permainan bola kasti adalah bola dan alat pemukul. Bola terbuat dari karet sedangkan Alat pemukul terbuat dari kayu.
Bentuk Lapangan kasti adalah persegi empat yang dilengkapi tiang pemberhentian. Ukuran lapangan disesuaikan dengan situasi keadaan setempat.
Peraturan Permainan

Jumlah pemain tiap regu dapat disesuaikan dengan keadaan di sekolah. Tunjuk salah seorang untuk menjadi kapten regu.
  a. Regu pemukul
1. Setiap pemain berhak memukul sebanyak 1 kali, kecuali pemain terakhir. Ia berhak memukul hingga 3 kali.
2. Sesudah memukul, pemain harus meletakkan alat pemukul di dalam ruang pemukul. Apabila alat itu berada diluar tempat yang telah di tentukan, pemain tersebut tidak dapat nilai, kecuali ia segera membetulkannya kembali.
  b. Regu penjaga 
Regu penjaga bertugas :
1. Mematikan lawan.
2. Menangkap langsung bola yang di pukul.
3. Membakar ruang bebas, jika ruang bebas kosong.
  c. Pelambung
Pelambung bertugas :
1. Melambungkan bola secara wajar sesuai dengan permintaan pemukul.
2. Jika bola yang di lambungkan tidak terpukul, maka pelambung harus melambung lagi.
3. Jika sampai 3 kali berturut turut bola tidak terpukul, maka pemukul dapat lari bebas ke tiang pemberhentian 1.
  d. Pukulan benar 
Pukulan dinyatakan benar apabila bola yang di pukul melampaui garis pukul. Selain itu, saat bola dipukul tidak boleh mengenai tangan dan tidak boleh jatuh di ruang bebas.
  e. Penghitungan nilai
Nilai permainan kasti dapat dihitung menurut aturan berikut :
1. Jika pemain memukul bola lalu berlari ke pemberhentian I, II dan III dan ruang bebas secara bertahap maka akan mendapat nilai 1.
2. Jika pukulan benar dan dapat kembali ke ruang bebas tanpa berhenti pada tiang tiang pemberhentian maka ia mendapat nilai 2.
3. Regu penjaga mendapat nilai 1 apabila berhasil menangkap langsung bola yang di pukul.
4. Pemenang adalah regu yang berhasil mengumpulkan nilai terbanyak.
  f. Waktu permainan
Permainan kasti ini berlangsung 2 babak. Setiap babak berlangsung selama 30 menit. Setiap babak di selingi waktu istirahat selama 10 menit. 
  g. Pergantian tempat 
Pergantian tempat antara regu pemukul dan regu penjaga terjadi jika :
1. Salah seorang regu pemukul terkena lemparan.
2. Bola di tangkap 3 kali berturut turut oleh penjaga.
3. Alat pemukul lepas saat memukul.
4. Salah seorang regu pemukul memasuki ruang bebas melalui garis belakang.
5. Salah seorang regu pemukul keluar dari ruang bebas atau keluar dari batas lapangan. 

Teknik dasar permainan kasti

Permainan kasti merupakan permainan yang menyenangkan. Kita perlu menguasai teknik teknik permainan agar dapat memainkan kasti dengan baik. Teknik teknik permainan kasti yang perlu di kuasai adalah melempar dan menangkap bola, memukul bola serta cara berlari. Latihan melempar dan menangkap bola dapat dilakukan secara berpasangan. Aturlah jarak lempar tangkap bola ketika berlatih. Pertama tama lakukan latihan lempar tangkap bola dalam jarak dekat. Setelah cukup menguasai, lakukan dalam jarak yang agak jauh. Latihan melempar dan memukul bola juga dapat dilakukan secara berpasangan. Aturlah jarak melempar dan memukul bola ketika berlatih.

Bermain kasti dengan peraturan sederhana

Sebelum bermain kasti dengan peraturan yang sesungguhnya, ada baiknya kita coba bermain dengan peraturan yang sederhana. Dalam permainan ini, bola tidak dipukul, melainkan dilempar dan hanya mempunyai 1 tiang bebas.
Itulah pembahasan yang bisa saya sampaikan mengenai Materi Belajar Permainan Bola Kasti Dan Metode Pembelajarannya semoga bermanfaat.