Loading...

Struktur Cara Membuat Proposal Bab II Skripsi Lengkap Dengan Contohnya

Loading...
Struktur cara membuat proposal bab II skripsi lengkap dengan contohnya adalah topik utama pembahasan yang akan di uraikan pada penjelasan artikel dibawah ini. Adapun fokus pembahasan yang akan dijelaskan adalah pengertian teori konsep pada bab II, contoh proposal skripsi bab II, struktur cara membuat proposal skripsi, sistematika penulisan proposal bab II skripsi dan bagaimana contoh teori dan konsep pada bab 2 skripsi.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan anda didalam mengetahui struktur cara membuat proposal bab II skripsi lengkap dengan contohnya serta menjadi portal referensi tugas ataupun makalah bagi para pelajar di seluruh Indonesia.
Struktur cara membuat proposal bab II skripsi lengkap dengan contohnya

Pengertian teori dan konsep pada bab 2 proposal skripsi

Teori dan konsep yang ada pada bab 2 proposal skripsi adalah menjelaskan tentang teori-teori dan konsep-konsep menurut para ahli yang mendukung suatu penelitian secara ilmiah yang berdasarkan dari teori tersebut yang relevan dengan judul skripsi.
Suatu penelitian ilmiah selalu berdasarkan pada teori dan konsep yang relevan dan berkaitan dengan masalah yang dianalisis, sehingga arah dan tujuan penelitian dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Teori merupakan pendapat yang dikemukakan oleh para ahli dibidang masing-masing mengenai suatu gejala. Contoh teori dan konsep pada bab 2 dapat anda perhatikan sebagai berikut :

"Teori menurut Snelbecker dalam buku  J. Moleong (2000:34) adalah seperangkat proposisi yang terintegrasi secara sintaksis yaitu yang mengikuti aturan tertentu yang dapat dihubungkan secara logis satu dengan yang lainnya dengan data dasar yang dapat diamati dan berfungsi sebagai wahana untuk meramalkan dan menjelaskan fenomena yang diamati.

Selanjutnya menurut Sugiyono (2003:55) bahwa teori adalah seperangkat konsep, asumsi dan generalisasi yang dapat digunakan untuk mengungkapkan, menjelaskan dan memprediksi perilaku yang memiliki keteraturan.

Sedangkan pengertian konsep menurut walizer (1990:31) adalah cara untuk memahami dan mengorganisir suatu lingkungan dalam pembentukan definisi konsep sangat berperan dalam hal mengorganisir permasalahan yang terjadi. Atas dasar pendapat-pendapat diatas maka berikut ini akan diuraikan teori dan konsep yang berkaitan dengan variabel yang akan diteliti."

Oleh karena itu, teori dan konsep ini sangat erat sekali hubungannya dengan judul skripsi yang telah anda pilih, yang mana didalam teori konsep ini banyak mengutip teori para pakar/ahli yang relevan dengan judul skripsi.

Contoh cara pembuatan judul skripsi dan bagaimana keterkaitannya dengan bab 2 pada proposal skripsi dapat di jelaskan seperti berikut ini :

PERAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPM)
DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN NON FISIK
DI KELURAHAN DAMAI KECAMATAN
SUKA MAJU

Dari bentuk struktur pembuatan judul skripsi diatas biasanya sering anda jumpai pada sampul skripsi yang ada pada perpustakaan. Dan dibawah ini adalah keterkaitan Judul diatas dengan bab 2 yakni bagaimana menentukan teori dan konsepnya.

1. Anda harus mencari referensi akan teori konsep para ahli dari kata PERAN, contoh :
"Menurut Adam (2000:935), peran adalah perilaku yang diharapkan dalam kerangka posisi sosial tertentu."

2. Setelah itu anda juga harus mencari referensi akan teori konsep para ahli ataupun buku petunjuk pelaksanaan (juklak) dan buku lain yang mendukung dan relevan dari kata LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, contoh :

"Menurut Permendagri No 5 Tahun 2007, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah Lembaga Kemasyarakatan atau yang disebut dengan nama lain adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan merupakan mitra Pemerintah Desa dan lurah dalam memberdayakan masyarakat."

Dan teori konsep tentang pembangunan, pembangunan non fisik dan seterusnya, jadi intinya adalah anda harus mengumpulkan dan mengutip teori dan konsep para pakar/ahli mengenai pengertian akan kata yang terkandung dalam judul yang relevan dengan konsep yang diutarakan oleh menurut para ahli.

Pada bab 2 ini, seorang mahasiswa diharuskan menggunakan teori konsep ilmiah dan relevan sehingga jalan pembuatan skripsi menjadi lancar dan sesuai dengan pedoman aturan yang telah ditetapkan.
3. Setelah anda melakukan hal diatas yakni membuat banyak referensi kutipan konsep para ahli seperti yang telah disebutkan pada kedua point diatas, maka terakhir pada bab 2 ini adalah pembuatan DEFINISI KONSEPSIONAL.

Apa itu definisi konsepsional ?

Definisi konsepsional adalah penjelasan pribadi seorang mahasiswa untuk memberikan batasan-batasan terhadap suatu masalah sehingga diperoleh gambaran yang jelas dan terperinci terhadap penelitian yang akan dilakukan. Berikut ini adalah contoh definisi konsepsional adalah sebagai berikut :


"Berdasarkan judul yang penulis angkat dalam penelitian skripsi ini maka definisi konsepsional dari skripsi ini yaitu peran lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan adalah segala bentuk kegiatan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat dengan tugas membantu lurah dalam pelaksanaan urusan pemerintahan, pembangunan, sosial kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat dengan melaksanakan fungsi melalui kegiatan peningkatan pelayanan masyarakat, peningkatan peran serta masyarakat dalam pembangunan, pengembangan kemitraan, pemberdayaan masyarakat, dan pengembangan kegiatan lain sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat setempat."

Demikian pembahasan mengenai struktur cara membuat proposal bab II skripsi lengkap dengan contohnya, semoga bermanfaat.
Loading...
Loading...