Loading...

Pengertian Sumber Daya Manusia Pada Organisasi / Perusahaan

Loading...
Pengertian sumber daya manusia atau disingkat dengan SDM pada organisasi ataupun perusahaan adalah topik pembahasan yang akan dijelaskan pada materi pelajaran kali ini. Materi ini tergolong kedalam mata kuliah manajemen sumber daya manusia (MSDM), materi ekonomi manajemen dan yang berhubungan dengan materi pengelolaan maupun administrasi.

Adapun fokus pembahasan pada artikel ini yakni tertuju pada pengertian / konsep sumber daya manusia dan bagaimana paradigma sound governance itu.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan anda didalam mengetahui pengertian / konsep sumber daya manusia pada organisasi maupun perusahaan, serta menjadi portal referensi tugas maupun makalah bagi para pelajar di seluruh Indonesia.
Pengertian Sumber Daya Manusia Pada Organisasi / Perusahaan
Pengertian Sumber Daya Manusia Pada Organisasi / Perusahaan

Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM)

Arti sumber daya manusia atau yang dikenal dan disingkat dengan SDM adalah potensi yang merupakan asset dan berfungsi sebagai modal (non material / non finansial) di dalam organisasi bisnis yang dapat di wujudkan menjadi potensi nyata (real) secara fisik maupun non fisik dalam mewujudkan eksistensi organisasi.

Adapun pengertian sumber daya manusia yang dikutip berdasarkan sumber wikipedia yang mengartikan bahwa sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. Sumber daya manusia juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan.

Organisasi ataupun perusahaan pastinya memerlukan manajer yang mampu bekerja dalam menghadapi kompetisi secara fleksibel. Masih banyak top manajer dan para manajer pembantunya yang belum memahami akan fungsi, tujuan dan kontribusi manajemen sumber daya manusia (MSDM) dalam mengembangkan organisasi ataupun perusahaan agar menjadi kompetitif dalam mewujudkan eksistensinya.
Baca ini Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia
Masih banyak dari top manajer dan para manajer bawahannya yang tidak menyadari serta kurang memahami bahkan tidak melaksanakan tanggungjawabnya dalam mengelola sumber daya manusia (SDM) di lingkungannya masing-masing. Dari manajemen sumber daya manusia (SDM) ternyata masih sangat langka akan tenaga kerja yang profesional untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara efektif dan efisien.

Keberhasilan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) akan nampak pada keberhasilan mendapatkan komitmen karyawan. Dengan memberi perhatian yang penuh dan membuat karyawan percaya terhadap organisasi, akan diperoleh komitmen dari karyawan. Jika komitmen karyawan telah diperoleh, maka yang akan didapatkan yakni karyawan yang setia, bekerja sebaik mungkin untuk kepentingan organisasi.

Keadaan ini sangatlah baik bagi pencapaian tujuan yang telah ditetapkan organisasi ataupun perusahaan, karena organisasi dan perusahaan mendapat dukungan yang penuh dari para anggotanya, sehingga dapat berkonsentrasi secara penuh pada tujuan yang diprioritaskan.
Baca juga Tujuan dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia
Paradigma sound governance menghendaki adanya inovasi dalam birokrasi untuk mengembangan berbagai kebijakan dan mendukung fungsi-fungsi administratif. Hal ini diperlukan karena di era globalisasi, setiap negara menghadapi persaingan dengan negara-negara lainnya dalam upaya untuk memperoleh beragam sumber daya untuk meningkatkan kesejahteraan warganya.

Birokrasi harus didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang dikelola dengan sistem yang efektif berdasarkan model manajemen sumber daya manusia (MSDM) sektor publik yang terpadu. Demikian pembahasan mengenai pengertian sumber daya manusia (SDM) pada organisasi ataupun perusahaan. Semoga bermanfaat.
Loading...
Loading...