Loading...

#2 Faktor Yang Mempengaruhi Proses Belajar Dan Hasil Belajar Menurut Ahli

Loading...
#2 faktor yang mempengaruhi proses belajar dan hasil belajar adalah pembahasan yang akan dijelaskan secara lengkap pada artikel dibawah ini. Adapun #2 faktor yang dimaksud yang mempunyai peranan penting yang dapat mempengaruhi proses belajar dan hasil dari belajar adalah sebagai berikut :

1. Faktor Individual.
2. Faktor Sosial.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui #2 faktor yang dapat mempengaruhi proses belajar dan hasil belajar, serta menjadi portal referensi tugas maupun makalah bagi para pelajar di seluruh Indonesia.

Belajar dapat dikatakan sebagai suatu proses. Artinya adalah sebagai suatu proses, maka sudah tentu pasti harus ada yang akan diproses (disebut dengan masukan / input) dan kemudian juga ada hasil dari pemrosesan tersebut (disebut dengan keluaran atau output).

Proses kegiatan belajar dapat dianalisis dengan sebuah pendekatan analisis sistem. Sehingga dengan adanya analisis pendekatan sistem ini kemudian, sekaligus dapat melihat adanya berbagai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses belajar dan hasil belajar. Dengan analisis pendekatan sistem seperti yang dimaksud diatas, maka proses kegiatan belajar dapat digambarkan sebagai berikut dibawah ini:
Gambaran kegiatan belajar dengan metode pendekatan analisis sistem
Berdasarkan dari gambar yang tertera diatas, maka dapat di lihat bahwa masukan mentah (raw input) adalah bahan baku yang perlu untuk diolah (yang dimaksud yakni siswa dengan karakteristik tertentu, baik secara fisiologi maupun secara psikologis) yang kemudian diberi pengalaman belajar tertentu dalam proses kegiatan belajar mengajar (teaching-learning process).

Didalam proses kegiatan belajar mengajar tersebut turut berpengaruh juga sejumlah faktor lingkungan yang merupakan masukkan lingkungan (environmental input), dan kemudian berfungsi pula sejumlah faktor yang memang sengaja dibuat / dirancang dan di manipulasikan (instrumental input) untuk menunjang terwujudnya keluaran (output) yang di inginkan/kehendaki. Sehingga dari berbagai faktor itu kemudian terjadinya interaksi antara satu dengan yang lain dalam menghasilkan keluaran yang telah tertentu.

Sudah di artikan bahwa kegiatan belajar adalah suatu proses kegiatan yang dapat menimbulkan perubahan dan atau pembaharuan didalam tingkah laku serta kecakapan.
Baca ini Pengertian Belajar menurut Para Ahli / Pakar
Yang menjadi pertanyaan adalah sampai di manakah perubahan tersebut dapat terjadi ? dan apakah berhasil baik atau tidaknya dari proses kegiatan belajar tersebut kemudian tergantung kepada berbagai macam faktor. Faktor tersebut yang dimaksud kemudian dibedakan menjadi dua yakni faktor individual dan faktor sosial.

Untuk mengetahui nya maka, dibawah ini akan dijelaskan tentang #2 faktor yang dapat mempengaruhi proses belajar dan hasil belajar menurut Ngalim Purwanto yakni sebagai berikut :



1. Faktor yang ada pada diri organisme atau disebut dengan faktor individual
Yang termasuk kedalam faktor individual antara lain yakni sebagai berikut:
a. Kematangan / pertumbuhan
Untuk mengajarkan sesuatu yang baru dapat berhasil jika taraf pertumbuhan pribadi telah memungkinkan serta potensi-potensi jasmani dan rohani telah matang untuk hal tersebut.

b. Kecerdasan / intelejensi
Disamping kematangan, dapat atau tidaknya seseorang mem-pelajari sesuatu dengan berhasil baik ditentukan atau dipengaruhi pula oleh taraf kecerdasannya.

c. Latihan dan ulangan
Karena terlatih dan sering kali mengulangi sesuatu, maka kecakapan dan pengetahuan yang dimiliki seseorang dapat menjadi makin dikuasai dan makin mendalam. Dan karena hal tersebut, maka dapat menimbulkan minat seseorang. Makin besar minat makin besar pula perhatiannya sehingga memperbesar hasrat untuk belajar.

d. Motivasi
Motif merupakan pendorong bagi seseorang untuk melakukan sesuatu. Motif intrinsik dapat mendorong sesorang untuk mem-pelajari sesuatu dengan sebaik-baiknya karena mengetahui betapa penting dan manfaat hasil yang akan dicapai.

e. Sifat-sifat pribadi seseorang
Faktor pribadi seseorang turut pula memegang peranan dalam belajar. Sifat-sifat kepribadian yang ada pada seseorang, sedikit banyak turut pula mempengaruhi sampai dimanakah hasil belajarnya dapat dicapai. Termasuk kedalam sifat-sifat kepribadian ini ialah faktor fisik kesehatan dan kondisi badan.
2. Faktor yang ada di luar individu atau disebut dengan faktor sosial
Yang termasuk kedalam faktor sosial antara lain yakni sebagai berikut :
a. Keadaan keluarga
Suasana dan keadaan keluarga yang bermacam-macam mau tidak mau turut menentukan bagaimana dan sampai dimana belajar dialami dan dicapai oleh seseorang. Yang termasuk dalam keadaan keluarga seperti ada tidaknya atau tersedia tidaknya fasilitas-fasilitas yang diperlukan dalam belajar turut memegang peranan penting.

b. Guru dan cara mengajarnya
Dalam pembelajaran di sekolah, faktor guru dan cara mengajarnya merupakan faktor yang penting. Bagaimana sikap dan kepribadian guru, tinggi rendahnya pengetahuan yang dimiliki guru, dan bagaimana cara guru mengajarkan pengetahuan kepada siswanya, turut menentukan bagaimana hasil belajar yang dapat dicapai siswa.

c. Alat-alat yang dipergunakan dalam belajar-mengajar
Faktor guru dan cara mengajarnya tidak dapat dilepaskan dari ada dan cukup tidaknya alat-alat pelajaran yang tersedia di sekolah. Sekolah yang cukup memiliki alat-alat dan perlengkapan yang diperlukan untuk belajar ditambah dengan cara mengajar yang baik serta kecakapan dari guru dalam menggunakan alat-alat itu akan mempermudah dan mempercepat belajar siswa.

d. Lingkungan dan kesempatan yang tersedia
Seseorang yang berasal dari keluarga yang baik, memiliki intelijensi yang baik, bersekolah di suatu sekolah yang keadaan guru-guru dan alat-alat yang baik, belum tentu dapat belajar dengan baik. Masih ada faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Misalnya jarak antara rumah dan sekolah yang terlampau jauh.

Sehingga ketika mencapai sekolah, ia telah lelah karena jauhnya jarak yang ditempuh. Selain itu, akibat tidak adanya kesempatan yang disebabkan oleh kesibukan pekerjaan setiap hari, pengaruh lingkungan yang buruk dan negatif serta faktor-faktor lain dapat mempengaruhi belajar seseorang.

e. Motivasi sosial
Karena belajar adalah suatu proses yang timbul dari dalam, maka faktor motivasi memegang peranan pula. Motivasi sosial dapat timbul pada diri seseorang yang berasal dari orang-orang lain di sekitarnya. Pada umumnya motivasi semacam ini diterima seseorang dengan tidak sengaja dan mungkin pula tidak dengan sadar. (Ngalim Purwanto, 2010:102-106).

Demikian pembahasan mengenai #2 faktor yang mempengaruhi proses belajar dan hasil belajar.

Daftar Pustaka

Ngalim, Purwanto. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Loading...
Loading...