Loading...

Pengertian Tujuan Belajar Menurut Pakar / Ahli

Loading...
Pengertian tujuan belajar menurut ahli / pakar adalah pembahasan yang akan dijelaskan secara lengkap pada artikel dibawah ini. Adapun fokus pembahasan yang akan di jelaskan didalam materi tentang tujuan belajar yakni sebagai berikut :

1. Pengertian tujuan belajar.
2. #3 komponen tujuan belajar.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui Pengertian Tujuan Belajar Menurut Para Ahli / pakar, serta menjadi portal referensi tugas maupun makalah bagi para pelajar di seluruh Indonesia.
Pengertian tujuan belajar

Konsep Tujuan Belajar

Definisi tujuan belajar adalah sejumlah hasil belajar yang telah menunjukkan bahwa siswa atau siswi telah melakukan dan melaksanakan kegiatan belajar yang pada umumnya meliputi seperti :

a. Pengetahuan
b. Keterampilan dan
c. Sikap-sikap yang baru yang diharapkan dicapai oleh siswa.

Arti tujuan belajar adalah suatu deskripsi dari berlangsungnya suatu proses kegiatan belajar sedangkan tujuan pembelajaran adalah suatu cara yang dinilai lebih akurat untuk menentukan hasil dari proses pembelajaran.
Baca ini Pengertian Belajar Menurut Para Ahli / Pakar
Adapun tujuan pembelajaran dan tujuan belajar adalah dua hal kata yang memiliki makna yang berbeda, akan tetapi keduanya memiliki hubungan yang erat antara satu dengan lainnya. Komponen-komponen dari tujuan belajar adalah terdiri dari tiga komponen, adapun #3 komponen tujuan belajar dapat di jelaskan secara rinci sebagai berikut :

#3 komponen-komponen tujuan belajar

1. Tingkah laku terminal
Komponen tujuan belajar yang menentukan tingkah laku siswa setelah belajar. Tingkah laku ini adalah bagian dari tujuan yang menunjukkan bagian dari tujuan yang menunjukkan pada hasil yang diharapkan dalam belajar, apa yang dapat dikerjakan / dilakukan oleh siswa atau siswi untuk menunjukkan bahwa dia telah mencapai tujuan.

2. Kondisi tes
Komponen kondisi tes tujuan belajar menentukan situasi dimana siswa ditunutut untuk mempertunjukkan tingkah laku terminal. Kondisi-kondisi tersebut perlu disiapkan oleh guru, karena sering terjadi ulangan/ujian yang diberikan oleh guru tidak sesuai dengan materi pelajaran yang telah disampaikan sebelumnya. Peristiwa ini terjadi karena kelalaian guru yang tidak memiliki konsep yang jelas tentang cara menilai hasil belajar siswa sebelum melaksanakan pembelajaran.


3. Standar (ukuran) perilaku
Komponen standar ukuran perilaku ini merupakan suatu pernyataan tentang ukuran yang digunakan untuk membuat pertimbangan mengenai perilaku siswa. Suatu ukuran menentukan tingkat minimal perilaku yang dapat diterima sebagai bukti, bahwa siswa telah mencapai tujuan. Ukuran perilaku merupakan kriteria untuk mempertimbangkan keberhasilan pada tingkah laku terminal. (Oemar Hamalik, 2007:73-75)

Demikian pembahasan mengenai pengertian tujuan belajar menurut pakar / ahli serta #3 komponen tujuan belajar.

Daftar Pustaka

Oemar, Hamalik. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Loading...
Loading...