Loading...

#6 Langkah Pembelajaran Dengan Inkuiri Menurut Ahli / Pakar

Loading...
Pada artikel berikut ini akan di jelaskan secara lengkap dan rinci yakni langkah-langkah pembelajaran dengan metode pendekatan inkuiri. Adapun pokok-pokok yang akan dibahas didalam materi psikologi tentang langkah-langkah pembelajaran dengan berdasarkan metode pendekatan inkuiri yakni sebagai berikut :

1. Apa itu orientasi.
2. Apa itu merumuskan masalah.
3. Apa itu merumuskan hipotesis.
4. Apa itu mengumpulkan data.
5. Apa itu menguji hipotesis.
6. Apa itu merumuskan kesimpulan.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui langkah-langkah pembelajaran dengan berdasarkan metode pendekatan inkuiri menurut ahli / pakar, serta menjadi portal referensi tugas, skripsi maupun makalah bagi para pelajar di seluruh wilayah tanah air Indonesia maupun mancanegara.

#6 Langkah Pembelajaran Dengan Inkuiri Menurut Ahli / Pakar

Langkah-Langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Inkuiri

Dibawah ini adalah urutan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri menurut Sanjaya (dalam Sitiatava Rizema Putra, 2013: Hal 101-104) adalah sebagai berikut :

1. Orientasi
Pada tahap pertama ini yakni langkah orientasi yang berarti, guru melakukan langkah untuk membina suasana atau iklim pembelajaran yang bersifat kondusif. Adapun beberapa hal yang akan dilakukan dalam tahap orientasi ini adalah yakni sebagai berikut :

a. Menjelaskan topik, tujuan, dan hasil belajar yang diharapkan bisa dicapai oleh siswa.
b. Menerapkan pokok-pokok kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa guna meraih tujuan. Dalam tahap ini pula dijelaskan bagaimana langkah-langkah inkuiri tersebut serta tujuan setiap langkah tersebut, yang dimulai dari urutan langkah merumuskan masalah hingga merumuskan kesimpulan.
c. Menjelaskan bagaimana pentingnya akan topik dan kegiatan belajar. Hal ini dilakukan dan dilaksanakan dalam rangka agar untuk memberikan motivasi belajar siswa.

2. Merumuskan masalah
Merumuskan masalah adalah langkah membawa siswa kepada suatu persoalan yang mengandung teka-teki. Persoalan yang disajikan adalah persoalan yang menantang siswa untuk memecahkan teka-teki itu. Teka-teki dalam rumusan masalah tentu ada jawabannya, dan siswa didorong untuk mencari jawaban yang tepat.
Baca juga Pengertian Pendekatan Inkuiri Menurut Para Ahli / Pakar
Proses mencari jawaban itulah yang sangat penting dalam pembelajaran ikuiri. Oleh karena itu, melalui proses tersebut siswa akan memperoleh pengalaman yang sangat berharga sebagai upaya mengembangkan mental melalui proses berpikir.

3. Merumuskan Hipotesis
Hipotesis adalah jawaban sementara dari suatu permasalahan yang dikaji. Sebagai jawaban sementara, hipotesis perlu diuji kebenarannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengembangkan kemampuan menebak (berhipotesis) pada setiap siswa ialah mengajukan berbagai pertanyaan yang mendorong siswa agar dapat merumuskan jawaban sementara atau perkiraan kemungkinan jawaban dari suatu permasalahan yang dikaji.

4. Mengumpulkan Data
Mengumpulkan data adalah aktivitas menjaring informasi yang dibutuhkan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dalam pembelajaran inkuiri, mengumpulkan data merupakan proses mental yang sangat penting dalam pengembangan intelektual. Proses pengumpulan data bukan hanya memerlukan motivasi yang kuat dalam belajar, tetapi juga ketekunan dan kemampuan menggunakan potensi berpikir.

5. Menguji Hipotesis
Menguji hipotesis adalah menentukan jawaban yang dianggap diterima sesuai dengan data atau informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data. Menguji hipotesis juga berarti mengembangkan kemampuan berpikir rasional. Artinya, kebenaran jawaban yang diberikan bukan hanya berdasarkan argumentasi, namun juga mesti didukung oleh data yang ditemukan dan dapat dipertanggung-jawabkan.

6. Merumuskan Kesimpulan
Merumuskan kesimpulan adalah proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis. Guna meraih kesimpulan yang tepat dan akurat, sebaiknya guru mampu untuk menunjukkan kepada siswa mengenai data-data yang relevan.
Baca juga Jenis Pembelajaran Pendekatan Inkuiri Menurut Ahli / Pakar
Alasan rasional penggunaan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri bahwa siswa akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai materi yang diajarkan, dan lebih tertarik terhadap materi tersebut jika dilibatkan secara aktif dalam penyelidikan. (Sitiatava Rizema Putra, 2013:101-104). Demikian pembahasan mengenai langkah-langkah pembelajaran dengan berdasarkan metode pendekatan inkuiri.

Daftar Pustaka

Sitiatava, Rizema Putra. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.
Loading...
Loading...