Loading...

Sejarah Kerajaan Tarumanegara (Kerajaan Tertua Di Indonesia)

Loading...
Kerajaan Tarumanegara adalah pokok pembahasan yang akan dijelaskan secara lengkap pada artikel dibawah ini. Dan yang harus anda ketahui tentang kerajaan ini bahwa kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan tertua di negara Republik Indonesia ini.

Ada salah satu universitas di Indonesia yang menggunakan nama kerajaan ini sebagai nama universitas tersebut yakni Universitas Tarumanagara (Tarumanagara University). Adapun sub pembahasan tentang sejarah kerajaan Tarumanegara yang dibahas didalam materi pelajaran Sejarah yakni sebagai berikut :

1. Sejarah Kerajaan Tarumanegara.
2. Benda Sejarah Peninggalan Kerajaan Tarumanegara
3. #7 Prasasti Kerajaan Tarumanegara.
4. Agama Yang Dianut Pada Masa Kerajaan Tarumanegara.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui sejarah kerajaan Tarumanegara, benda sejarah peninggalan kerajaan Tarumanegara, tujuh prasasti kerajaan Tarumanegara serta agama yang dianut pada masa kerajaan Tarumanegara dan menjadi portal referensi tugas, skripsi maupun makalah bagi para pelajar di seluruh wilayah tanah air Indonesia maupun mancanegara.
Sejarah Kerajaan Tarumanegara (Kerajaan Tertua Di Indonesia)

Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara didirikan sekitar abad ke 5 di Sungai Citarum, Bogor, Jawa Barat. Kerajaan ini merupakan kerajaan tertua di Indonesia. Mengenai Kerajaan Tarumanegara dapat diketahui dari sumber sejarah prasasti dan berita dari Tiongkok.
Baca juga Sejarah Kerajaan Kutai

Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

Ada 7 buah prasasti yang menerangkan Kerajaan Tarumanegara, adapun #7 Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang dimaksud yakni sebagai berikut :
1. Prasasti Ciaruteun
2. Prasasti Muara Cianten
3. Prasasti Kebun Kopi
4. Prasasti Jambu
5. Prasasti Cidanghiang atau Lebak
6. Prasasti Tugu
7. Prasasti Pasir Awi

Agama Yang Dianut Pada Masa Kerajaan Tarumanegara

Sumber berita lain tentang Kerajaan Tarumanegara diperoleh dari catatan seorang musafir Tiongkok yang bernama Fa-Hien. Fa-Hien dalam perjalanannya ke India singgah di Ye-Po-Ti (Pulau Jawa) karena perahu yang ditumpanginya dilanda topan. Fa-Hien mengatakan bahwa di To-lo-mo (Tarumanegara) pada 414 M ada 3 agama yakni :

1. Agama Hindu
Agama hindu merupakan agama yang paling banyak penganutnya. Untuk mengetahui sejarah perkembangan agama hindu dapat mengunjungi halaman berikut
Baca ini Sejarah Perkembangan Agama Hindu
2. Agama Buddha
Untuk mengetahui sejarah perkembangan agama buddha dapat mengunjungi halaman berikut
Baca ini Sejarah Perkembangan Agama Buddha
3. Agama Kotor
Para sejarawan menduga bahwa yang disebut agama kotor adalah animisme dan dinamisme.

Raja terbesar Kerajaan Tarumanegara adalah Purnawarman. Dia memerintah dengan sangat bijaksana dan adil. Pada masanya rakyat hidup dengan makmur. Hal tersebut dibuktikan dengan Prasasti Tugu yang menceritakan bahwa Purnawarman telah memerintahkan penggalian Sungai Gomati untuk mencegah terjadinya banjir dan pemberian sedekah berupa 1.000 ekor sapi kepada Brahmana. Tindakan itu menunjukkan sikap sosial Raja Purnawarman.

Dari beberapa prasasti yang telah diteliti oleh sejarawan yang disimpulkan bahwa Raja Purnawarman menganut agama Hindu aliran Wisnu. Demikian pembahasan mengenai sejarah kerajaan Tarumanegara, kerajaan tertua di Indonesia.
Loading...
Loading...