Loading...

Sektor-Sektor Produksi Dalam Ekonomi

Loading...
Sektor kegiatan produksi dalam ekonomi adalah pembahasan yang akan dijelaskan secara lengkap pada artikel berikut ini. Adapun sub pembahasan tentang teori sektor kegiatan produksi yang akan dibahas didalam materi pelajaran Ekonomi yakni sebagai berikut :

1. Sektor-sektor produksi.
2. Perluasan produksi dan peningkatan mutu.

Semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui sektor-sektor produksi, serta perluasan produksi dan peninggkatan mutu dan dapat menjadi portal referensi tugas, skripsi maupun makalah bagi para pelajar di seluruh wilayah tanah air Indonesia maupun mancanegara.
Sektor, Produksi, Bagian, Perusahaan, distribusi, pabrik,

Sektor-sektor produksi

Kegiatan produksi berlangsung pada sektor-sektor yang akan dijelaskan antara lain yakni sebagai berikut :
Baca juga Apa Saja Faktor-Faktor Dalam Kegiatan Produksi
1. Produksi sektor primer
Produksi sektor primer adalah mengolah eksplorasi sumber alam. Contoh produksi sektor primer adalah seperti kegiatan pertanian, pertambangan dan perikanan.

2. Produksi sektor sekunder
Produksi sektor sekunder adalah mengolah hasil sektor primer menjadi barang siap pakai. Contoh produksi sektor sekunder adalah seperti kegiatan pabrik susu dan penerbitan buku.

3. Produksi sektor tersier
Produksi sektor tersier adalah menyediakan jasa. Contoh produksi sektor tersier adalah seperti kegiatan perbankan, pendidikan yang dilakukan guru, kegiatan salon kecantikan dan kegiatan perancangan interior rumah.

4. Produksi sektor publik
Produksi sektor publik adalah kegiatan produksi yang dimiliki oleh negara atau pemerintah. Contoh produksi sektor publik adalah seperti kegiatan PT PLN Persero, kegiatan PT Pos Indonesia dan kegiatan PT Kereta Api Indonesia.

5. Produksi sektor swasta
Produksi sektor swasta adalah kegiatan produksi yang dimiliki oleh perseorangan atau kelompok tertentu (bukan pemerintah). Contoh produksi sektor swasta adalah seperti kegiatan yang dilakukan oleh Astra Grup, BCA Grup dan Media Indonesia.

6. Produksi sektor konsumsi
Produksi sektor konsumsi adalah kegiatan produksi yang menghasilkan barang atau jasa yang langsung dapat memenuhi kebutuhan manusia.

7. Produksi sektor investasi
Produksi sektor unvestasi adalah kegiatan produksi yang menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh produksi sektor konsumsi.
Baca juga Kegiatan Produksi Dalam Ekonomi

Perluasan produksi dan peningkatan mutu

Seorang produsen akan selalu berusaha meningkatkan jumlah dan mutu produksinya dengan cara antaralain yakni sebagai berikut :

1. Ekstensifikasi.
2. Intensifikasi.
3. Diversifikasi.
4. Rasionalisasi.
5. Meningkatkan kualitas bahan baku lewat pemilihan dan pengawasan bahan baku serta berbagai penelitian.
6. meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia).
7. Mekanisasi.
8. Rehabilitasi.

Demikian pembahasan mengenai sektor-sektor produksi dalam kegiatan ekonomi.
Loading...
Loading...