Loading...

#4 Faktor Yang Mempengaruhi Pembangunan Dan Pertumbuhan Ekonomi

Loading...
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi adalah pembahasan materi ekonomi pembangunan yang akan dijelaskan secara lengkap pada artikel dibawah ini. Adapun faktor yang menjadi pemicu pembangunan ekonomi (pertumbuhan ekonomi) terdapat beberapa hal yang diantaranya seperti tanah, alam, penduduk, tenaga kerja dan sebagainya. Dan semua faktor-faktor tersebut akan dijelaskan secara lengkap dibawah ini.

Mengapa pembangunan ekonomi pada suatu negara sangat cepat, sementara pada negara lain pembangunan ekonominya lambat ?

Untuk menjawab pertanyaan ini tidaklah mudah, hal tersebut disebabkan permasalahan pembangunan ekonomi ini sangatlah luas dan juga kompleks. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dipandang oleh para pakar/ahli ekonomi sebagai hal-hal yang mempengaruhi pembangunan ekonomi dan perkembangan ekonomi suatu negara.

Faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi

1. Tanah dan kekayaan alam
Tanah dan kekayaan suatu negara meliputi luas tanah, kesuburan tanah, kondisi iklim, dan cuaca, kekayaan hasil hutan,dan kekayaan awal pembangunan. Secara umum negara yang memiliki kekayaan alam berlimpah akan lebih mudah meningkatkan laju pembangunan ekonominya dibandingkan dengan negara yang kurang memiliki kekayaan alam.
Baca ini Teori Pembangunan Ekonomi
Namun, kekayaan alam yang berlimpah tidak akan berarti jika tidak memiliki modal, teknologi yang maju, sumber daya manusia yang memadai serta pasar yang potensial. Sehingga, tanah dan kekayaan alam tentunya akan membutuhkan juga peran dari modal sebagai penunjang, teknologi yang maju, sumber daya manusia yang memadai serta pasar yang potensial guna terciptanya pembangunan ekonomi yang laju.

2. Kuantitas dan kualitas penduduk serta tenaga kerja
Pertambahan penduduk dari waktu ke waktu dapat menjadi motor penggerak pembangunan ekonomi. Pertambahan penduduk akan meningkatkan jumlah angkatan kerja yang dapat di manfaatkan untuk mendukung kegiatan produksi. Dengan pendidikan dan pelatihan yang memadai, akan dihasilkan sumber daya manusia (SDM) yang terlatih dan terampil sehingga mampu menjadi pionir dalam pembangunan.
Baca ini Teori Tenaga Kerja Menurut Ahli
Jumlah penduduk yang besar juga akan meningkatkan permintaan barang yang diikuti dengan perluasan pasar. Disamping itu, banyaknya pengusaha disuatu negara akan mampu menciptakan banyak kegiatan ekonomi yang bermanfaat. Selain mencari keuntungan-keuntungan pribadi, pengusaha turut memberi kontribusi terhadap penduduk nasional.

Akan tetapi, hal tersebut banyak mendapat tantangan dari tingginya angka pengangguran, rendahnya produktivitas dan laju pertumbuhan penduduk yang lebih tinggi dari pada peningkatan pendapat per kapita.

3. Kepemilikan barang modal dan penguasaan teknologi
Pada masyarakat yang kurang maju, kepemilikan modal seperti cangkul, bajak dan parang sangat berperan penting untuk kegiatan berburu dan bertani. Pada masyarakat modern, peranan modal sangat menentukan dalam peningkatan produktivitas.

Akan tetapi, penggunaan modal harus disertai dengan penerapan teknologi maju. Adapun peningkatan yang dihasilkan oleh kemajuan teknologi antaralain yakni sebagai berikut.

a. Efisiensi
Meningkatnya efisiensi kegiatan produksi yang dapat menurunkan biaya produksi dan meningkatkan produktivitas.
b. Inovatif
Meningkatnya produksi barang atau jasa yang dihasilkan karena penemuan teknologi baru.
c. Efektif
Terciptanya barang dengan kualitas yang lebih baik tanpa meningkatkan biaya produksi.

4. Sistem sosial dan sikap masyarakat
Sistem sosial dan sikap masyarakat memegang peranan yang penting dalam menciptakan pembangunan ekonomi. Hasil identifikasi dinegara-negara berkembang menunjukkan bahwa sistem sosial dan sikap masyarakat menjadi penghambat dalam pembangunan ekonomi.

Adat istiadat yang kental pada masyarakat tradisional berupa upacara untuk berbagai kegiatan dan acara dianggap memperlambat pertumbuhan ekonomi. Sistem feodal pertanahan (sebagian besar tanah dimiliki oleh tuan tanah dan sebagian kecil dimiliki oleh masyarakat atau bahkan masyarakat hanya dapat menyewa tanah) dianggap juga memperlambat pembangunan ekonomi.

Selain itu, sikap masyarakat yang tidak mau bekerja keras, bekerja dengan jam kerja yang pendek, malas menabung, dan sikap negatif lainnya juga akan menghambat pembangunan ekonomi.

Demikian pembahasan mengenai #4 faktor yang mempengaruhi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.
Loading...
Loading...