Loading...

Pengertian Dan Contoh Dialog Interaktif di TV

Loading...
Pengertian dan contoh dialog interaktif di televisi (TV) adalah pembahasan utama yang akan dijelaskan secara detail dan lengkap dengan contohnya pada artikel dibawah. Dialog interaktif termasuk kedalam materi pelajaran bahasa Indonesia tingkat smp kelas IX. Dialog interaktif sering sekali dijumpai pada media-media massa, salah satunya adalah televisi (tv).

Pada berbagai macam saluran acara tv yang ada di Indonesia, dialog interaktif sangat sering ditayangkan pada acara berita, baik itu berita pagi, berita siang maupun berita petang. Dan sering juga dialog interaktif ditemukan pada acara talk show yakni misalnya pada channel/saluran TV One dan Metro Tv yang diketahui dan dikenal sering menyajikan dan mengadakan acara dialog interaktif.

Mengapa dialog interaktif sering ditayangkan dikedua saluran Tv tersebut?
Dialog interaktif memang sangat sering sekali tayang pada kedua saluran tv tersebut karena, kedua saluran tv tersebut memang fokus menyajikan hal-hal yang berisikan informasi, berita dan lain sebagainya yang update dan sedang hangat serta sering diperbincangkan.
Pengertian dan Contoh Dialog Interaktif di TV
Oleh karena itu, dialog interaktif memang biasa sering terjadi pada saat terdapat suatu topik atau informasi yang lagi nge-trend, hangat diperbincangkan baik hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi, budaya, pendidikan dan bidang-bidang lainnya. Dan biasanya pada acara dialog interaktif di tv, acara tv yang mengadakan dialog tersebut juga akan mengundang beberapa para pakar/ahli yang sudah ahli dibidangnya masing-masing untuk ikut memperbincangkan mengenai suatu permasalahan yang akan dibahas dan pastinya ramai diperbincangkan sesuai dengan tema yang ditetapkan.
Baca juga Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Ulasan

Pengertian dialog interaktif

Dialog adalah sebuah kegiatan berbincang-bincang atau berbicara yang sifatnya terarah dengan tujuan dan maksud tertentu yang dilakukan oleh dua orang atau lebih pada satu tempat. Sedangkan interaktif adalah diartikan sebagai sebuah aksi saling melakukan, adanya antar-hubungan dan saling aktif. Sehingga definisi dialog interaktif adalah perbincangan (dialog) yang dilakukan oleh narasumber dengan para pemirsa dan pendengar mengenai hal-hal yang sedang diperbincangkan baik di televisi maupun radio dan media lainnya.

Hal-hal yang harus dan wajib diperhatikan saat menyimak dialog interaktif

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dan harus diperhatikan disaat akan menyimak sebuah dialog interaktif yang sedang berlangsung baik di televisi maupun diradio. Adapun beberapa hal tersebut yakni sebagai berikut :

1. Tema dialog
Tema dialog adalah pokok pembahasan atau permasalahan yang akan dibahas dan diperbincangkan pada dialog tersebut.
2. Narasumber
Narasumber adalah orang yang akan menjadi sumber informasi yang akan memberikan dan mengetahui secara jelas mengenai hal-hal yang akan diperbincangkan.
3. Pendapat narasumber
Pendapat narasumber adalah argumen atau pendapat yang dikemukakan oleh para narasumber dalam dialog.
4. Kesimpulan dialog
Kesimpulan dialog adalah inti pembahasan yang penting yang terdapat didalam dialog interaktif.
Baca juga Pengertian, Ciri Dan Struktur Teks Eksplanasi

Memberikan komentar dalam dialog interaktif

Disaat anda telah menyimak suatu dialog, maka memberikan komentar adalah hal yang perlu anda lakukan. Didalam memberikan komentar pada dialog interaktif harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut yakni antaralain :

1. Komentar yang netral dan tidak memihak
Didalam memberikan komentar pada dialog interaktif, sifatnya harus netral dan objektif serta tidak memihak pada salah satu narasumber maupun peserta.
2. Komentar dengan bukti dasar yang kuat
Saat berkomentar, maka komentar tersebut harus didukung dengan fakta-fakta yang akurat, meyakinkan dan realita.
3. Komentar yang logis
Komentar yang dilontarkan harus berisikan dengan alasan-alasan yang kuat dan juga dapat diterima dengan akal sehat (logis).

Dan berikut ini adalah beberapa hal yang perlu untuk dikomentari pada dialog interaktif yakni antaralain sebagai berikut :

1. Tema dialog
Apakah tema dialog yang sedang diperbincangkan sangat penting atau tidak.
2. Kemampuan dan penguasaan sumber informasi
Bagaimana kemampuan narasumber terhadap materi pembahasan yang sedang di perbincangkan dan bagaimana juga penguasaan narasumber terhadap materi tersebut.
3. Keterkaitan pertanyaan dengan tema dialog
Apakah pertanyaan yang ditanyakan oleh para peserta dialog relevan atau terkait dengan tema yang dibahas pada dialog.
4. Kebenaran tanggapan narasumber/peserta
Bagaimana tanggapan / jawaban dari narasumber maupun peserta dialog, apakah benar atau tidak.

Setelah memahami pengertian dialog interaktif, hal-hal yang wajib diperhatikan saat menyimak dialog dan cara memberikan komentar dalam dialog interaktif, maka bagaimana cara untuk mengetahui isi dari dialog tersebut yang dibicarakan pada sebuah dialog interaktif ?

Jawabannya adalah dengan cara memperhatikan dan menyimak pertanyaan-pertanyaan yang lontarkan wartawan, pembawa acara maupun moderator.

Contoh dialog interaktif

Dibawah ini, akan kami berikan sebuah contoh dialog interaktif secara singkat, padat dan lengkap. Dialog ini pernah dibahas dan ditayangkan pada saluran televisi Indonesia yakni Metro Tv tepatnya pada program acara Kick Andy. Berikut contoh dialognya :

Nama Acara     : Kick Andy.
Stasiun Tv        : Metro TV.
Waktu               : Pukul 20.05 WIB, Jum'at 20 Juli 2012.
Pembawa Acara  : Andy Flores Noya.
Narasumber         : Dahlan Iskan.
Tema             : Kesuksesan serta tindakan Dahlan Iskan sebagai Menteri yang kontroversial.
Pembahasan : Tanpa melibatkan pemirsa.
Dialog         :

Andy     : Selamat malam bapak menteri.
Dahlan  : Selamat malam.
Andy    : Apa yang anda pikirkan sebenarnya sehingga Anda tidak mau menerima fasilitas untuk anda sebagai menteri?
Dahlan  : Hidup kita harus sederhana, karena kita nanti pasti tidak jadi apa-apa. Supaya kalau kita sudah tidak jadi apa-apa, kita tidak merasa kehilangan. Pada akhirnya kita juga pasti kehilangan yang paling mahal, yaitu nyawa. Kalau kita sudah latihan tidak keberatan kehilangan apapun, pasti kita tidak keberatan bila harus dipanggil tuhan untuk kehilangan nyawa.
Andy     : Siapa orang yang paling berjasa untuk Anda dalam meraih kesuksesan Anda?
Dahlan : Pertama adalah orang tua saya, yang telah membesarkan saya. Kedua adalah kakak perempuan saya yang ada di Samarinda yang telah membiayai hidup saya dan adik saya setelah orang tua saya meninggal.
Andy    : Mengapa tanggal lahir Anda tidak bisa dipastikan?
Dahlan : Ketika saya lahir, kakak saya menuliskan tanggal lahir saya di balik pintu lemari. Suatu saat ibu saya sakit parah dan tidur dirumahnya dukun selama 1 bulan. Bapak saya tidak kerja karena menemani ibu saya. Karena tidak ada penghasilan dari Bapak, maka barang-barang di rumah dijual termasuk lemari yang bertuliskan tanggal lahir saya.
Andy    : Bagaimana cara Anda melalui masa-masa sulit dalam kemiskinan?
Dahlan : Saya merasa tidak menderita karena kemiskinan. Saya menerima apa adanya, karena bagaimanapun keadaannya, hidup harus dijalani.
Andy  : Sejak kapan Anda mengabaikan fasilitas-fasilitas negara yang diberikan untuk Anda ?
Dahlan : Sejak menjadi Direktur Utama PLN. Banyak orang yang mengatakan PLN itu sarang korupsi. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak menerima gaji, mobil dinas, dan rumah dinas dari PLN.
Andy   : Apa yang terjadi dengan hati Anda dan adakah pengaruh dari operasi ganti hati pada kegiatan Anda sehari-hari?
Dahlan  : Awalnya saya mengidap Hepatitis B, kemudian saya terkena kanker hati dan umur saya diperkirakan tinggal 6 bulan. Maka saya menjalani operasi ganti hati dan syukurlah sekarang saya tidak cepat lelah ketika bekerja.
Andy    : Apa yang mendasari Anda untuk melakukan tindakan-tindakan kontroversial seperti naik ojek, dan tidur dirumah petani didesa?
Dahlan  : Ketika saya naik ojek, saat itu benar-benar macet sehingga saya harus naik ojek agar tepat waktu. Ketika saya tidur dirumah petani, saya ingin mengetahui kenapa orang miskin sekarang begitu menderita. Saya juga ingin mencari cara untuk memecahkan kemiskinan sedikit demi sedikit.
Andy  : Apabila dicalonkan menjadi presiden atau wakil presiden, maukah anda menerimanya?
Dahlan  : Saya tidak mau jadi presiden atau wakil presiden, saya ingin terus bekerja sebagai Menteri BUMN semampu saya.
Andy    : Di mana sajakah Anda menerima pendidikan formal Anda?
Dahlan : Saya menerima pendidikan formal saya yaitu SD, SMP, dan SMA di kampung halaman saya. Kemudian saya ikut kakak saya ke Samarinda untuk kuliah di IAIN. Karena orang yang mau kuliah di Samarinda masih sedikit, saya mudah mencari kuliah di sana.

Kesimpulan dialog

Pokok permasalahan terletak pada tindakan seorang menteri BUMN yakni Dahlan Iskan yang terbilang kontroversial yang pada saat ini sedang hangat menjadi topik perbincangan di televisi. Adapun inti dari dialog interaktif diatas adalah bagaimana kisah seorang dari anak yang pada zaman dahulunya yang tidak memiliki sepatu dan ia berharap hanya ingin mempunyai sebuah sepeda serta sepatu tersebut dapat berhasil menjadi seseorang yang dikagumi oleh banyak masyarakat yakni menjadi seorang menteri (pejabat).

Pada sebuah acara dialog yang ditayangkan di salah satu saluran televisi pada tanggal 20 juli 2012, diperbincangkan bagaimana sosok seorang Dahlan Iskan dapat melalui masa sulit, didalam belenggu kemiskinan hingga perjalanan karier Dahlan Iskan sampai beliau berhasil hingga saat ini. Adapun pernyataan narasumber yang mengatakan bahwa kemiskinan bukan penderitaan dan tetap harus dijalani, dan juga terdapat argumen yang senada yakni dari Khrisna Pabhicara dimana inti argumen beliau menyatakan bahwa kemiskinan adalah bukan suatu halangan guna mencapai sebuah kesuksesan.

Demikian pembahasan mengenai pengertian dan contoh dialog interaktif di TV.
Loading...
Loading...