Loading...

Pengertian Molalitas Dan Fraksi Mol Lengkap Dengan Rumusnya

Loading...
Molalitas dan fraksi mol adalah pembahasan materi pelajaran kimia tingkat SMA yang akan dijelaskan secara detail dan lengkap dengan rumus pada artikel dibawah ini. Adapun sub pembahasan molalitas dan fraksi mol yang akan diulas yakni pengertian molalitashubungan molalitas dengan persen massa, hubungan molalitas dengan molaritas, pengertian fraksi mol, rumus fraksi mol zat terlarut (Xt) dan rumus fraksi mol zat pelarut (Xp).

Pada waktu membuat sirup, kamu tentu melarutkan sirup ke dalam air, semakin banyak sirup yang dilarutkan semakin manis minuman yang terjadi. Sirup disebut zat terlarut dan air disebut zat pelarut. Dalam perhitungan kimia banyaknya zat terlarut dalam pelarut disebut dengan konsentrasi. Konsentrasi larutan perlu dihitung secara tepat dengan menentukan massa zat terlarut dan pelarut.

Konsentrasi larutan ini dapat berupa molalitas, molaritas, fraksi mol dan persen massa. Adapun hal-hal tersebut akan dijelaskan satu persatu dilengkapi dengan rumus masing-masing. Berikut penjelasannya.

1. Molalitas

Molalitas adalah konsentrasi larutan yang menyatakan jumlah mol (n) zat terlarut dalam 1 kg atau 1000 gram pelarut. Perumusan molalitas adalah sebagai berikut :

 Rumus : Molalitas = m = jumlah mol zat pelarut/1 kg zat pelarut.
Rumus molalitas

a. Hubungan Molalitas dengan Persen massa
Persen massa merupakan satuan konsentrasi yang juga biasa digunakan dalam larutan kimia. Contohnya adalah larutan yang bisa kita temukan sehari-hari yaitu larutan alkohol 75% dan larutan asam cuka 24%. Persen masa adalah jumlah gram zat terlarut dalam 100 gram massa larutan. Persamaan yang menunjukkan perhitungan persen massa adalah sebagai berikut :
Rumus hubungan molalitas dengan persen massa

b. Hubungan Molalitas dengan Molaritas
Molaritas menyatakan jumlah mol zat terlarut dalam satu liter larutan. Molaritas dapat dikonversikan menjadi molalitas, yaitu dengan merubah volume larutan menjadi massa larutan. Pengubahan volume menjadi massa memerlukan data massa jenis larutan (p), yang dapat dirumuskan sebagai berikut :
Rumus hubungan molalitas dengan molaritas

2. Fraksi mol

Fraksi mol adalah ukuran konsentrasi larutan yang menyatakan perbandingan jumlah mol sebagian zat terhadap jumlah mol total komponen larutan. Fraksi mol terbagi atas 2 bagian yakni sebagai berikut :

a. Fraksi mol zat terlarut (Xt)
Fraksi mol zat terlarut (Xt) yang dirumuskan dengan rumus seperti berikut ini :
Rumus fraksi mol zat terlarut (Xt)

b. Fraksi mol zat pelarut (Xp)
Fraksi mol zat pelarut (Xp) yang dirumuskan dengan rumus seperti berikut ini :
Rumus fraksi mol zat pelarut (Xp)

Jumlah fraksi mol zat terlarut dan zat palarut adalah 1.

Demikian pembahasan mengenai molalitas dan fraksi mol dalam ilmu kimia.
Loading...
Loading...