Loading...

Rangkuman Teks Cerpen "Juru Masak" Karya Damhuri Muhammad

Loading...
Rangkuman atau ringkasan teks cerpen dengan judul "Juru Masak" karya dari Damhuri Muhammad akan dijelaskan secara rinci dan lengkap pada pembahasan dibawah ini. Ringkasan teks cerpen dengan judul juru masak ini merupakan materi pelajaran bahasa Indonesia tingkat SMA kelas XI.

Cerpen dengan judul "juru masak" adalah sebuah hasil karya seni dari seorang yang bernama Damhuri Muhammad, dan teks cerpen tersebut akan diulas dan kemudian dirangkum sesingkat mungkin dengan menggunakan gaya bahasa admin.

Kembali admin ulas, apa sih pengertian cerpen itu dan apa saja unsur didalam sebuah teks cerpen. Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek yang berarti sebuah karangan prosa yang pendek. Mengapa dikatakan pendek ?
Rangkuman Teks Cerpen "Juru Masak" Karya Damhuri Muhammad
Dikatakan teks cerita yang tergolong pendek karena cerpen berisikan satu masalah saja dan tidak lebih. Dan dari satu masalah itu juga merupakan satu bagian dari kehidupan si tokoh, dimana si tokoh tersebut nasibnya tidak mengalami perubahan serta yang ditampilkan hanya perwatakan tokoh yang secara sekilas (tidak detail).
Baca ini Memahami dan Menginterpretasi Teks Cerpen
Umumnya, latar dari cerita pendek tidak berpindah-pindah serta alur yang digunakan juga alur yang cepat sekali (alur rapat) karena pada cerpen tidak adanya alur yang menyimpang atau alur yang bercabang (degresi). Oleh karena itulah, mengapa cerpen bisa kita baca dalam sekali baca.

Walaupun cerpen memiliki alur, latar, tema dan lain sebagainya seperti teks cerita lainnya, akan tetapi cerpen memiliki ciri khusus dan bisa dibandingkan apa saja letak perbedaannya.
Baca ini Membandingkan Teks Cerpen Dengan Teks Lainnya
Simak dan perhatikan pembahasan contoh teks cerpen berikut ini dengan judul Juru Masak karya oleh Damhuri Muhammad. Berikut cerpennya.

Rangkuman Teks Cerpen "Juru Masak" Karya Damhuri Muhammad

Makaji adalah seorang juru masak yang sangat terkenal dan patut diperhitungkan didesanya, yaitu desa Lareh Panjang. Tanpa kehadiran dari Makaji, maka sebuah perhelatan kenduri tidak akan meriah dan memuaskan para tamu undangan. walaupun demikian, Makaji tidak pernah pandang bulu dalam melayani pesanan masyarakat desa Lareh Panjang.

Ketika usia Makaji mulai senja, anak Makaji yakni Azrial mengajaknya untuk tinggal bersama di Jakarta. Akan tetapi, Makaji bimbang memikirkannya karena hanya terdapat satu juru masak didesanya. Sehingga Makaji meminta pada Azrial untuk diberikan satu kesempatan lagi untuk memasak pada kenduri milik anak Mangkudun. Disaat Azrial mengetahui tentang hal ini, pikiran Azrial kembali ke kisah masa lalunya yang kelam.

Masih segar di ingatan Azrial, bagaimana hubungannya dengan Renggogeni, anak Mangkudun yang tidak disetujui oleh Mangkudun. Azrial berusaha melupakan segalanya dan ia merantau hingga sukses dan memiliki enam buah rumah makan dan 24 orang anak buah. Tepat dua hari sebelum perhelatan kenduri Renggogeni diadakan, Azrial mengajak Makaji untuk ke Jakarta. Kabar ini pun terdengar hingga ketelinga Renggogeni. Renggogeni dapat membayangkan bagaiamana rasanya terpiuhnya hati Azrial disaat mengetahui bahwa dirinya telah dipinang oleh orang lain.

Bagaimana singkat, padat dan jelas kan teks cerpen dengan judul juru masak karya Damhuri Muhammad diatas, apabila dianalisis lagi pada teks cerpen tersebut pastinya didalam struktur cerpen tersebut terdapat tema, latar, alur dan sudut pandangnya. Oleh karena itu menganalisis dan menyunting teks cerpen wajib untuk anda ketahui.
Baca ini Menganalisis dan Menyunting Teks Cerpen
Setelah anda membaca bagaimana menganalisis serta menyunting teks cerpen, maka anda akan dengan mudah untuk menyunting sebuah teks cerpen. Demikian pembahasan mengenai rangkuman teks cerpen dengan judul Juru Masak karya Damhuri Muhammad.
Loading...
Loading...