Loading...

Kalimat Fakta Dan Opini Dalam Iklan

Loading...
Kalimat fakta dan opini dalam iklan adalah pembahasan utama yang akan dibahas didalam materi pelajaran bahasa indonesia secara lengkap pada artikel dibawah ini. Adapun sub pembahasan mengenai fakta dan opini yang ada didalam teks iklan adalah sebagai berikut :
1. Pengertian fakta.
2. Pengertian opini.
3. Perbedaan fakta dan opini iklan.
4. Contoh fakta dan opini iklan.

Pada sebuah iklan, baik itu jenis iklan baris maupun jenis iklan yang lainnya pasti didalam iklan tersebut memuat kalimat opini dan fakta. Oleh karena itu, opini dan fakta yang ada didalam isi dari sebuah iklan tidak memandang jenis iklannya, karena hampir semua jenis iklan memuat dua hal tersebut. Simak dan fahami pengertian opini dan fakta berikut ini dan pelajari dimana letak perbedaannya.

Pengertian fakta

Fakta adalah sesuatu yang benar-benar ada (real) baik itu kondisi, keadaan dan atau peristiwa yang sebenarnya terjadi (sesuai dengan kenyataan dan dapat dibuktikan kebenarannya dalam kehidupan sehari-hari).

Pengertian opini

Opini adalah pernyataan atau pendapat dari suatu hasil pemikiran seseorang dan juga bisa mendapatkan pendapat-pendapat yang tidak sama (berbeda) dengan orang lain. Maksudnya adalah belum pasti pendapat ataupun pemikiran tersebut sama seperti pendapat yang orang lain fikirkan.

Perbedaan fakta dan opini

Fakta dan opini adalah sesuatu hal yang berbeda dan saling bertolak belakang. Perbedaanya adalah fakta yang terdapat didalam sebuah iklan biasanya digunakan agar para pembaca ataupun pendengar bisa mengetahui jenis apa yang ditawarkan, dan bagaimana keadaan dan kondisi barang yang ditawarkan pada iklan tersebut.

Sedangkan opini yang terdapat didalam sebuah iklan biasanya digunakan agar orang-orang (pembaca/pendengar) dapat tertarik dengan iklan yang tayang/ tampil. Opini yang dimuat didalam iklan sifatnya hanya pendukung untuk menarik rasa penasaran para pendengar ataupun pembaca. Dengan kedua penjelasan mengenai perbedaan fakta dan opini didalam iklan seperti yang dijelaskan diatas, sudah sangat jelas perbedaan antara fakta dan opini didalam iklan.

Contoh fakta dan opini pada iklan

Berikut ini adalah contoh iklan shampoo lengkap dengan isi iklannya, dan akan dibedakan yang mana merupakan kalimat fakta dan yang mana masuk kedalam kalimat opini. Simak dan perhatikan contoh iklan opini dan fakta berikut :
Kalimat Fakta Dan Opini Dalam Iklan
Perhatikan contoh iklan shampoo seperti yang tertera diatas, isi iklan tersebut mengandung kalimat fakta dan opini. Berikut penjabarannya :

1. Fakta
Mengandung urang aring, daun lidah buaya dan ekstrak ginseng yang membuat rambut anda bersih, kuat dan berkilau.
Kalimat tersebut tergolong kedalam isi kalimat fakta karena pada kenyataannya kandungan isi shampoo tersebut memang benar mengandung urang aring, daun lidah buaya dan ekstrak ginseng yang bisa membuat rambut sehat, lebih bersih serta tampak berkilau.

2. Opini
Membuat anda tampil lebih percaya diri dan membuat rambut anda berkilau seperti mutiara.
Kalimat tersebut tergolong kedalam isi kalimat opini karena tampil lebih percaya diri didalam setiap manusia adalah berbeda-beda, tergantung setiap orang yang menggunakannya dan persepsi masing-masing.
Baca juga Pengertian, Jenis, Syarat Dan Contoh Iklan
Dan membuat rambut anda berkilau seperti mutiara pun masuk kedalam kalimat opini karena hal tersebut hanya suatu pernyataan (pendapat) dari seseorang yang mengemukakan dan menemukan ide kreatif tersebut, dan itu bisa menjadi perbedaan pendapat dengan orang lain.

Demikian pembahasan mengenai kalimat fakta dan opini dalam iklan.
Loading...
Loading...