Loading...

Cara Dan Contoh Mengonversi Teks Cerpen

Loading...
Cara dan contoh mengonversi teks cerpen adalah pokok pembahasan materi pelajaran bahasa indonesia yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Mengkonversi Teks Cerpen didalam belajar bahasa indonesia yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian konversi.
2. Pengertian mengkonversi teks cerpen.
3. Contoh mengkonversi teks cerpen.
4. Mengkonversi teks cerpen ke teks puisi.
5. Mengkonversi teks cerpen ke teks drama.

Sebelum mempelajari lebih jauh mengenai bagaimana cara dan contoh mengonversi teks cerpen, akan di ulas kembali apa itu cerpen dan mengapa dikatakan cerita pendek. Cerpen atau disebut juga dengan cerita pendek adalah sebuah karangan prosa yang terbilang tidak panjang, singkat dan pendek.
Cara Dan Contoh Mengonversi Teks Cerpen
Mengapa cerpen disebut dengan cerita pendek ?
Cerpen di katakan pendek dikarenakan cerpen hanya berisi satu masalah (permasalahan yang ada didalam cerpen hanya terdapat satu dan tidak lebih). Satu masalah tersebut merupakan satu bagian kehidupan tokoh (tidak mengalami perubahan nasib) dan hanya menampilkan perwatakan tokoh secara sekilas.
Baca ini Memahami Dan Menginterpretasi Teks Cerpen
Jika di kelompokkan, karya sastra terdiri atas tiga macam. Adapun #3 macam karya sastra adalah seperti prosa, puisi dan drama.
1. Prosa di susun dalam bentuk paragraf atau alenia.
2. Puisi dalam bentuk bait.
3. Drama dalam bentuk dialog.

Teks cerpen digolongkan sebagai prosa karena disusun dalam bentuk paragraf. Dengan mengubah dari bentuk prosa ke drama, misalnya, atau sebaliknya, berarti kalian sudah mengonversi teks tersebut.

Pengertian konversi

Konversi adalah suatu perubahan dari sistem atau struktur suatu teks, benda maupun lain sebagainya menjadi ke sistem atau struktur yang lain dan tidak mengubah maksud dan tujuan dari sistem atau struktur tersebut. Dengan kata lain bahwa arti konversi yakni hanya merubah pola struktur dari suatu objek. Contoh misalnya konversi gambar dari format jpeg menjadi png, jpg ke ico dan lain-lain.
Baca juga Membandingkan Teks Cerpen Dengan Teks Novel, Legenda Dan Fabel
Sedangkan pengertian mengkonversi teks cerpen adalah mengubah secara keseluruhan struktur cerita dari sebuah cerita pendek tanpa mengubah maksud dari cerita yang diubah pada cerpen tersebut. Berikut ini contoh mengonversi teks cerpen agar mudah untuk dipahami, simak dan pelajari.

Contoh mengonversi teks cerpen

Berikut ini adalah contoh mengkonversi teks cerita pendek (cerpen) menjadi puisi dan mengkonversi dari teks cerita pendek (cerpen) menjadi drama, yang dapat di jelaskan sebagai berikut.
Baca juga Pengertian, Langkah-langkah, Unsur Dan Contoh Mengevaluasi Teks Cerpen

Konversi dari cerpen ke puisi

Teks cerpen
Ketika aku belibur ke jakarta bersama keluarga, aku melihat anak-anak berkeliaran di setiap sudut jalan. Dengan telanjang kaki mereka menunggu belas kasihan dari orang yang lalu lalang. Kadang senyum ia berikan, tapi hanya gumaman yag ia dapatkan. Dan akupun merasa iba kepadanya.

Teks puisi
Kaki mungil melangkah setapak demi setapak
Telusuri hiruk pikuk jalan
Ulurkan tangan tuk seuntai harapan
Sapa hari dengan senyum lekang

Konversi dari cerpen ke drama

Teks cerpen
Suatu hari di rumah kami yang tidak begitu besar, aku mengendap-endap menuju pintu kulkas ketika kulihat bella, saudara kembarku, tengah mengambil sesuatu di dalamnya. Niat jahilku mendadak hilang saat melihat wajah bella burung. Tumben, biasanya selalu ceria dan bersemangat. Sekarang, kok loyo, bain ku.

“Kamu sakit, bel ?” aku bertanya dengan hati-hati.
“Enggak!” jawab bella singkat, tanpa mengalihkan mukanya dari apel yang di kupasnya. Aku terdiam. Aku jadi lupa tujuanku untuk mengagetkan bella.
Malamnya bella mendekati aku dengan tetap memasang wajah murungnya.
“Ada masalah sama vino, ya?” tebak aku yang di ikuti angguan bella.
“Gimana aku bisa bantu kamu, kalau aku belum pernah ketemu dengan yang namanya vino itu,” kataku.

Teks drama
Vinka : kamu sakit, bel ? (dengan hati-hati)
Bella : enggak! (tanpa mengalihkan mukanya dari apel yang dikupasnya)
Vinka : (terdiam, jadi lupa untuk mengagetkan bella)
Vinka : ada masalah sama vino ya?
Bella : (mengangguk)
Vinka : gimana aku bisa bantu kamu, kalau aku belum pernah ketemu dengan yang namanya Vino itu.

Demikian pembahasan mengenai cara dan contoh mengonversi teks cerpen.
Loading...
Loading...