Loading...

Pengertian, Tujuan Pendidikan Nasional

Pengertian, tujuan pendidikan nasional adalah pokok pembahasan utama materi pelajaran psikologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Pengertian Pendidikan Dan Tujuan Pendidikan Nasional berdasarkan Undang-Undang didalam belajar pendidikan psikologi yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian pendidikan.
2. Tujuan pendidikan nasional berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003.

Suatu bangsa atau negara didalam proses perkembangannya, sangat erat sekali hubungannya dengan masalah-masalah pendidikan. Adapun cermin kesejahteraan kehidupan suatu bangsa atau negara dapat diketahui dengan berdasarkan pada indikator tingkat pendidikan masyarakatnya (tinggi rendahnya pendidikan masyarakat suatu negara).
Pengertian, Tujuan Pendidikan Nasional
Baca juga : Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
Semakin tinggi tingkat pendidikan yang dimiliki masyarakat suatu negara atau bangsa, maka hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat kelayakan kesejahteraan hidupnya baik, dimana pada masyarakat yang tergolong memiliki pendidikan yang baik (berpendidikan) akan mampu dalam mengatasi permasalahan- permasalahan yang dihadapi serta mampu dalam bereksperimen dan melakukan penemuan-penemuan yang baru.

Pengertian pendidikan

Pendidikan adalah suatu proses kegiatan yang berdasarkan dengan metode-metode tertentu yang telah ditentukan sehingga seseorang mendapatkan pengetahuan, pemahaman dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan dan juga pendidikan diharapkan mampu dalam menghasilkan output yang berkualitas.

Tujuan pendidikan nasional

Berikut dibawah ini adalah tujuan pendidikan nasional menurut Undang-Undang (UU) No. 20 Tahun 2003: 30 tentang sistem pendidikan nasional yang menyatakan bahwa seperti dibawah ini :

Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Adapun salah satu dari tujuan pendidikan adalah penanaman akan pengetahuan serta keterampilan yang mana merupakan sebagai bagian dari satu generasi ke generasi berikutnya. Kemudian, seperti pada tujuan pendidikan nasional yang sudah diuraikan berdasarkan pada Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945 Bab XIII pasal 31 telah disebutkan bahwa :

Dalam ayat 1
Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran.
Dalam ayat 2
Pemerintah mengusahakan menyelenggarakan suatu sistem pengajaran nasional yang diatur dengan undang-undang.
Baca juga : Pengertian Tujuan Belajar Menurut Pakar / Ahli
Dengan demikian, melalui dunia pendidikan maka seseorang akan mendapatkan ilmu pengetahuan dan juga keterampilan atau keahlian. Oleh sebab itu, dengan berdasarkan pada berbagai macam jenis karakteristik input yang masuk, maka diharapkan bagaimana pendidikan dapat mampu menghasilkan output (keluaran) yang baik dan juga berkualitas, sehingga hal tersebut menjadi tugas dari pendidikan yang tidak bisa diabaikan guna menciptakan output yang berkualitas, baik dan terampil.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, tujuan pendidikan nasional.