Loading...

#3 Arti Dan Indikator Prestasi Belajar

#3 arti, indikator prestasi belajar adalah pokok pembahasan materi pelajaran psikologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun point pembahasan mengenai apa saja hal-hal yang dapat yang menjadi indikator dalam prestasi belajar didalam belajar pendidikan psikologi yakni antara lain :

1. Definisi prestasi belajar.
2. #3 indikator prestasi belajar.

Arti prestasi belajar

Kata prestasi belajar berasal dari bahasa Belanda yaitu Prestatic yang memiliki arti adalah hasil usaha. Didalam KBBI atau yang di sebut dengan kamus besar bahasa indonesia, makna prestasi belajar di definisikan sebagai suatu pencapaian atau hasil penilaian yang telah diperoleh berdasarkan proses kegiatan per-sekolahan yang sifatnya kognitif serta yang pada biasanya telah ditentukan dengan berdasarkan melalui proses pengukuran dan penilaian.
#3 Arti, Indikator Prestasi Belajar
Baca juga : Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
Adapun salah satu faktor yang sangat mempengaruhi prestasi belajar yang ada pada diri seseorang adalah konsep dirinya sendiri, yang mana konsep diri yang dimaksud dianggap sebagai suatu kunci yang sifatnya telah mengatur dan juga telah mengarahkan perilaku seorang manusia atau individu.

Prestasi belajar seseorang tergantung dengan bagaimana kebiasaan seorang tersebut dalam melaksanakan proses kegiatan belajar (kebiasaan belajarnya). Adapun pengertian, teori dan konsep kebiasaan belajar menurut Djaali (2007: 128) yang menyatakan bahwa kebiasaan belajar adalah cara atau teknik yang menetap pada diri siswa pada waktu menerima pelajaran, membaca buku, mengerjakan tugas, dan pengaturan waktu untuk menyelesaikan kegiatan.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa arti kebiasaan belajar seseorang adalah suatu cara yang telah dilakukan oleh seorang manusia atau individu yang secara berulang-ulang dan yang pada akhirnya kemudian menjadi suatu ketepatan dan juga bersifat otomatis.
Baca juga : Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

#3 indikator prestasi belajar

Berikut dibawah ini adalah beberapa indikator-indikator yang menjadi acuan dan dapat dilihat dalam mengukur prestasi belajar seorang manusia atau individu yang dapat dijelaskan dan diuraikan antara lain yakni sebagai berikut :

1. Hasil belajar kognitif yang mana diantaranya meliputi antara lain sebagai berikut :
a. Hafalan.
b. Pemahaman.
c. Analisis.
d. Penerapan.
e. Sintesis.
f. Evaluasi.

2. Hasil belajar efektif yang mana diantaranya meliputi antara lain sebagai berikut :
a. Receiving atau kepekaan dalam menerima rangsangan.
b. Responding atau jawaban.
c. Valuing.
d. Organisasi.
e. Karakteristik.

3. Hasil belajar psikomotor yang mana diantaranya meliputi antara lain sebagai berikut :
a. Gerakan reflek.
b. Kemampuan perceptual.
c. Keterampilan pada gerakan dasar.
d. Kemampuan bidang fisik.
e. Gerakan skill.
Baca juga : Pengertian Belajar Dan Pembelajaran
Demikian pembahasan mengenai #3 arti, indikator prestasi belajar.

Daftar pustaka

Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.