Loading...

Seni Bela Diri Pencak Silat (Pengertian, Unsur Dan Teknik)

Seni bela diri pencak silat (pengertian, unsur dan teknik) adalah pembahasan utama materi pelajaran PJOK yang akan diuraikan dengan lengkap pada materi belajar berikut dibawah ini. Adapun fokus pembahasan mengenai pencak silat yang akan diuraikan didalam materi pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) yakni sebagai berikut :

1. Definisi pencak silat.
2. Unsur-unsur yang terkandung didalam pencak silat.
3. Teknik-teknik didalam pencak silat.

Pengertian pencak silat

Pencak silat adalah sebuah seni bela diri dengan usia berabad-abad tahun lamanya yang berasal dari Indonesia (asli dari tanah air nusantara) dan diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi berikutnya hingga saat ini.
Seni bela diri pencak silat (pengertian, unsur dan teknik)

Unsur-unsur didalam pencak silat

Himpunan pencak silat seluruh indonesia berada dibawah organisasi ikatan pencak silat indonesia (IPSI). Adapun unsur-unsur yang terkandung didalam pencak silat adalah antara lain dapat disebutkan sebagai berikut :

1. Seni tari.
2. Olahraga.
3. Seni bela diri.
4. Watak yang berkepribadian luhur.

Hal tersebut bisa diketahui pada suatu pertandingan pencak silat yang diselenggarakan, gerakan yang dilakukan oleh para peserta sangat indah namun dibalik keindahan tersebut penuh dengan kekuatan. Dan didalam pertandingan pencak silat, para atlet patuh serta ramah pada semua peraturan yang telah ditetapkan.

Teknik gerak pencak silat

Penguasaan gerak adalah sebuah dasar yang paling utama didalam pembelaan serta serangan pada seni bela diri pencak silat ini. Adapun penguasaan gerak yang dimaksud didalam pencak silat adalah berdasarkan dari beberapa unsur sebagai berikut :

1. Arah langkah
Teknik ini mencakup delapan penjuru mata angin, dimulai dari arah belakang dan selanjutnya secara berturut-turut mengikuti arah jarum jam.

2. Langkah dan posisi
Teknik ini mencakup langkah perpindahan dan tumpuan posisi dari satu tempat ke tempat yang lainnya hingga membentuk pada posisi yang baru baik dengan cara segaris, sejajar, tegak lurus dan serong agar posisi yang didapatkan kuat serta menguntungkan.

3. Bentuk langkah
Teknik ini mencakup pengembangan langkah berangkai dengan tujuan tertentu yakni berbagai pola langkah dan bentuk seperti pola langkah zig-zag (gergaji), pola langkah lurus, pola langkah huruf U (ladam), pola langkah huruf S, pola langkah segi empat serta pola langkah segi tiga.

4. Teknik melangkah
Teknik ini mencakup langkah perpindahan pijakan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya yang bisa dilakukan dengan cara antara lain seperti angkatan, geseran, putaran, lompatan, loncatan dan ingsutan.
Baca ini : Teknik Melangkah Dalam Pencak Silat
Demikian pembahasan mengenai seni bela diri pencak silat (pengertian, unsur dan teknik), semoga bermanfaat serta bisa menjadi referensi tugas sekolah, menambah wawasan dan pengetahuan didalam mempelajari seni bela diri serta unsur-unsur yang ada didalam pencak silat.