Loading...

Pengertian Komputer Digital, Analog Dan Hibrit

Pengertian komputer digital, analog dan hibrit adalah pokok pembahasan materi pelajaran teknologi informasi komunikasi (TIK) yang akan diuraikan pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai apa itu komputer digital, apa itu komputer analog dan apa itu komputer hibrit didalam macam-macam dan jenis-jenis komputer jika dilihat, ditinjau dari segi teknologi elektroniknya adalah yang akan dijelaskan yakni :

1. Definisi komputer digital.
2. Definisi komputer analog.
3. Definisi komputer hibrit.

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas mengenai macam-macam komputer seperti super komputer, mainframe komputer, mini komputer dan mikro komputer menurut kemampuannya lengkap dengan penjelasan dan fungsinya. Macam-macam komputer tersebut dapat kalian temukan pada link halaman berikut.

Pengertian Komputer Digital, Analog Dan Hibrit
Pengertian Komputer Digital, Analog Dan Hibrit

Jenis-jenis komputer berdasarkan teknologi elektroniknya

Terdapat #3 macam jenis dan contoh komputer jika ditinjau berdasarkan dari segi teknologi elektroniknya yakni komputer digital, komputer analog dan komputer hibrit. Untuk penjelasan masing-masing komputer tersebut dapat dijelaskan dan diuraikan sebagai berikut.

Pengertian komputer digital

Komputer digital adalah sebuah jenis komputer yang mampu melakukan pengolahan data, dimana data yang diolah dinyatakan dalam bentuk angka duaan atau digit. Pada setiap karakter dinyatakan kedalam kombinasi digit 1 dan digit 0, atau yang lebih familiar (lazim) disebut sebagai bit atau binary digit.

Pengertian komputer analog

Komputer analog adalah sebuah jenis komputer yang dirancang khusus untuk menggambarkan bentuk-bentuk fungsi aritmatika dalam bentuk gambar atau grafis yang berkesinambungan (data sebagai input berkesinambungan). Jika jenis komputer analog ini dibandingkan dengan komputer digital, maka komputer analog kalah dalam hal ketelitian dan kalah dalam kecepatan pengoperasian.

Pengertian komputer hibrit

Komputer hibrit adalah sebuah jenis komputer yang menjadi gabungan (kombinasi) dari kedua jenis komputer diatas (komputer digital + komputer analog), yang mana didalam komputer hibrit ini memiliki peralatan untuk menjembatani antara fungsi analog dan fungsi digital yang disebut dengan converter.

Sebelumnya juga sudah dibahas mengenai jenis-jenis komputer berdasarkan dari segi penggunaannya, pemakaiannya, ukurannya, gambarnya, fungsinya, generasinya atau jenis-jenis komputer dilihat dari segi penerapannya berdasarkan data yang diolah. Untuk mengetahui hal tersebut, silahkan menuju kehalaman berikut dibawah ini.


Demikian pembahasan mengenai pengertian komputer digital, analog dan hibrit, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui arti komputer digital, analog dan hibrit, fungsi komputer digital, analog dan hibrit, contoh komputer digital, analog dan hibrit serta jenis-jenis komputer berdasarkan dari segi teknologi elektroniknya.